Cara membuat popcorn yang renyah dan anti gosong
Makanan

Cara Buat Popcorn Bioskop Renyah Anti Gosong

Cara membuat popcorn yang renyah dan anti gosong memang susah-susah gampang. Apalagi untuk menghasilkan tekstur yang ringan dan kriuk layaknya popcorn buatan bioskop.

Terutama bila biji jagung tersebut dimasak menggunakan kompor. Seringkali, terdapat beberapa popcorn yang hangus, atau bahkan tak merekah sempurna sehingga masih berupa gelondongan biji jagung yang keras.
Tak usah khawatir, kamu juga bisa kok membuat popcorn renyah yang matang sempurna layaknya buatan bioskop. Simak ulasannya seperti dilansir Simply Recipes berikut ini:

  1. Panaskan minyak
    Sebelum memasukkan biji jagung, panaskan terlebih dahulu minyak yang akan digunakan dalam api sedang. Jangan lupa untuk menggunakan jenis panci berukuran 3 liter untuk memudahkan proses memasak popcorn.
  2. Letakkan beberapa biji jagung
    Saat minyak sudah cukup panas, letakkan 3 hingga 4 biji jagung ke dalam panci untuk mengetes apakah minyak tersebut sudah dapat digunakan untuk memasak. Tunggu hingga biji jagung tersebut ‘mekar’ menjadi popcorn. Masukkan sisa biji jagung
  3. Bila biji jagung yang dimasukkan di awal proses memasak tadi sudah meletup dan ‘mekar’, berarti minyak yang digunakan sudah berada di titik suhu yang tepat. Selanjutnya, masukkan sisa biji jagung ke dalam panci.
  4. Tutup panci dan matikan api kompor selama 30 detik
    Metode ini akan memanaskan minyak pada suhu yang paling pas. Selain itu, dengan menunggu selama 30 detik, akan membuat seluruh biji jagung berada dalam suhu ‘nyaris mekar’.
    Sehingga, saat api kompor kembali dinyalakan, mereka akan berubah menjadi popcorn dalam waktu yang bersamaan, tanpa ada yang terlalu matang, atau bahkan masih menjadi biji jagung.Nyalakan kembali api kompor
  5. Saat api kompor kembali dinyalakan, biji jagung akan meletup secara bersamaan dan berubah menjadi popcorn. Jangan lupa untuk menggoyang-goyangkan panci sedikit demi sedikit agar panasnya merata dan mencegah popcorn hangus atau gosong.Dalam membuat resep masakan popcorn ala bioskop, usahakan untuk membuka sedikit bagian tutup panci yang berfungsi melepaskan uap dari popcorn, sehingga menghasilkan tekstur yang lebih kering dan renyah.
  1. Sajikan setelah suara letupan mulai berkurang
    Saat letupan mulai melambat dan berkurang, tandanya sebagian besar popcorn sudah ‘mekar’ dengan sempurna. Matikan kompor dan sajikan ke dalam mangkuk besar sesegera mungkin.
  2. Taburi garam
    Biasanya, popcorn yang dijual di bioskop memiliki cita rasa gurih yang membuat ketagihan. Taburkan garam atau bumbu penyedap rasa ke dalam mangkuk dan aduk hingga semuanya tercampur rata. Jika ingin memiliki rasa yang lebih gurih, tambahkan satu sendok mentega atau margarin saat memasaknya.
    Sajikan popcorn buatanmu saat nonton bersama keluarga, selamat mencoba resep masakan di atas!

Related posts

Cara Membuat Jamur Tiram Yang Menguntungkan

CaraBuat

Cara Membuat Lempeng Pisang Asli Banjarmasin

CaraBuat

Cara Membuat Camilan Ubi Yang Menggiurkan

CaraBuat

Cara Membuat Soto Sulung Khas Surabaya

CaraBuat

Cara Membuat Olahan Tahu Dengan Mudah

CaraBuat

Cara Membuat Martabak Mini Enak dan Sederhana

CaraBuat

Cara Membuat Macaroni Cheese Ball Renyah

CaraBuat

Cara Membuat Kue Putri Salju Untuk Hidangan Lebaran

CaraBuat

Cara Membuat Cakwe Garing dan Renyah

CaraBuat

Leave a Comment