Cara Membuat Anak Berhenti Ngompol
KESEHATAN

Cara Membuat Anak Berhenti Ngompol

Cara Membuat Anak Berhenti Ngompol – Salah satu cara membuat anak berhenti ngompol adalah dengan memakan pisang.Ya, pisang jadi satu di antara beberapa cara untuk membuat anak berhenti ngompol.Lantas cara apalagi yang bisa membuat anak berhenti ngompol?

Seperti kita tahu, ngompol saat anak masih kecil adalah kondisi yang wajar ditemui ibu.Saat bayi, anak belum bisa memilih di mana ia akan pipis.Oleh karenanya, ibu akan memakaikan diaper ke bayi saat tidur agar tidak pipis di kasur.

Semakin besar, anak akan mulai paham kalau dirinya harus pergi ke kamar mandi saat pipis.Namun, ada juga loh anak yang masih terus ngompol bahkan sampai usia 7 tahun.Hampir setiap hari ibu harus mencuci sprei karena anak terus ngompol saat tidur.

Belum lagi kalau anak ngompol di luar rumah, pasti makin pusing bukan?Kondisi ini nih yang harus mulai diperhatikan dan segera diatasi.

Mengompol sendiri disebabkan oleh beberapa faktor.

Adanya infeksi di saluran kemih, produksi urin berlebihan, sampai ketidakseimbangan hormon pada anak bisa jadi pemicunya.Dilansir dari Boldsky, ibu tak perlu khawatir nih.

Ternyata ada beberapa pengobatan rumah yang bisa bantu anak berhenti mengompol loh.

Walnut dan Kismis

Camilan ini ternyata bisa membantu anak berhenti mengompol.Biarkan anak memakannya setiap hari sebelum mereka tidur.

Madu

Makanan satu ini memang punya segudang manfaat yang tidak diragukan lagi.Selain rasanya yang lezat, kombinasi madu dengan berbagai makanan membuatnya banyak disukai anak.Madu bersifat higroskopis, yakni menyerap serta menahan kelembapan dan cairan secara efektif.Madu bekerja dengan menahan urin ketika kandung kemih penuh saat malam hari.

Pisang

Hampir semua anak sepertinya akan menyukai buah satu ini.Selain mengobati masalah pencernaan, pisang juga bisa mengatasi masalah anak mengompol.Pisang bisa mengendalikan dorongan untuk buang air kecil pada anak.

Pijatan

Sebelum anak tidur lakukan pijatan ringan di perut bagian bawah anak.Lakukan pijatan dengan sedikit minyak zaitun supaya hangat.Pijat selama beberapa menit agar otot-otot saluran kemih kuat.

Bagaimana cara agar anak berhenti ngompol?

Beberapa cara dapat Anda lakukan untuk melatih anak Anda agar tidak ngompol lagi di malam hari.

  1. Atur asupan minum anak
    Tingkatkan asupan minum anak di siang hari dan batasi minum anak di malam hari. Sebaiknya, anak tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, termasuk juga minuman bersoda dan minuman yang mengandung cokelat, seperti susu cokelat, pada malam hari. Hal ini dapat membuat anak lebih sering ingin pipis.
  2. Biasakan anak melakukan rutinitas sebelum tidur
    Rutinitas yang dapat anak lakukan sebelum tidur, seperti menggosok gigi, buang air kecil, cuci kaki, cuci tangan, dan cuci muka. Pastikan anak Anda ke toilet terlebih dahulu sebelum ia naik ke tempat tidur. Hal ini juga akan membuat tidurnya lebih nyaman. Jika anak terbangun tengah malam, tawarkan ia apakah ingin ke toilet atau tidak.
  3. Jangan membangunkan tidur anak untuk pipis
    Mungkin Anda berpikir jika anak ketiduran, Anda bisa membangunkannya kemudian memintanya untuk ke toilet terlebih dahulu. Namun, penelitian membuktikan bahwa hal ini tidak dapat menolong menghentikan kebiasaan ngompol anak. Justru, membangunkan anak saat ia tertidur hanya akan mengganggu tidurnya, dapat membuat anak sulit tidur lagi dan kesal.
  4. Puji anak saat tidak mengompol, dan jangan marahi saat ia ngompol
    Anda dapat memberikan hadiah kecil jika anak berhasil tidak ngompol dalam semalam atau beberapa malam. Namun, lebih baik untuk tidak memberikan hadiah ke anak dalam bentuk barang atau semacamnya. Memberikan satu bintang setiap anak tidak ngompol di malam hari atau memberikan pujian untuk anak juga sudah cukup untuk membuat anak senang dan merasa kerja kerasnya diperhatikan oleh orangtua. Sebaliknya, jangan pernah memarahi atau menghukum anak karena ia mengompol. Marah pada anak tidak akan membantunya belajar, malah dapat membuat hubungan Anda dan anak lebih buruk.
  5. Bicara dengan anak
    Anda dapat berbicara kepada anak manfaat dari menggunakan toilet dan tidak lagi menggunakan popok. Anda bisa mengatakan bahwa anak sudah besar jadi tidak perlu lagi memakai popok dan harus sudah bisa menggunakan toilet sendiri, serta tidak ngompol di malam hari. Dengan begitu, anak akan tertantang dan berusaha membuktikan bahwa dirinya sudah besar. Jika anak takut ke toilet pada malam hari karena gelap, minta anak untuk membangunkan Anda agar Anda bisa menemani anak ke toilet. Atau, Anda bisa menempatkan lampu tidur di kamar anak atau menyalakan lampu di lorong menuju toilet agar anak tidak takut lagi.
  6. Hindari anak dari kehausan
    Anak suka lupa sudah minum atau belum, sehingga terkadang anak merasa kehausan. Ingatkan anak untuk selalu minum, tentu minum air putih. Anda juga bisa menyediakan sebotol air minum khusus untuk anak.
  7. Perhatikan berapa kali anak ke toilet dalam sehari
    Sebaiknya Anda mengetahui berapa kali biasanya anak ke toilet dalam sehari, normalnya anak ke toilet sebanyak 4-7 kali dalam sehari. Jika anak sudah sekolah, tanyakan kepada anak apakah ia nyaman dengan toilet di sekolahnya. Buatlah ia nyaman dengan toilet di sekolahnya agar anak tidak enggan untuk pipis di toilet sekolah.

Segera terapkan jika anak masih sering ngompol ya, semoga berhasil! Demikianlah Cara Membuat Anak Berhenti Ngompol di salin dari beberapa sumber google , semoga bermanfaat bagi para pembaca website caramembuat.net ini..terima kasih

Related posts

Cara Membuat Obat Batuk Herbal

CaraBuat

Cara Membuat Masker Oatmeal Untuk Kesehatan Wajah

CaraBuat

Cara Membuat Oralit Sendiri di Rumah

CaraBuat

Cara Membuat Jamu Beraneka Rasa

CaraBuat

Cara Membuat Teh Kulit Pisang Cegah Kanker

CaraBuat

Cara Membuat Wajah Tampak Glowing

CaraBuat

Cara Membuat Masker Kefir dari Bengkoang

CaraBuat

Leave a Comment