Cara Membuat Anak Termotivasi
Lifestyle

Cara Membuat Anak Termotivasi

Cara Membuat Anak Termotivasi – Kemampuan memotivasi diri sendiri dalam melakukan sesuatu, sangat bergantung pada diri setiap orang. Ada anak yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi, sehingga dia mampu memotivasi dirinya. Ada pula anak yang merasa rendah diri, sehingga ia mudah sedih dan sulit memotivasi dirinya.

Nah, bila anak Anda termasuk dalam kategori anak yang sulit memotivasi dirinya sendiri, ini menjadi PR bagi Anda, Moms, untuk membantunya. Coba bantu anak dengan tips dari kumparaMOM berikut.
Merasa Dicintai

Anak akan merasa berharga dengan dirinya sendiri, apabila ia merasa dicintai. Jadi, tunjukkan dan nyatakan cinta Anda padanya ya, Moms. Misalnya Anda bisa memberikan perlakuan-perlakuan kecil, namun sarat makna. Misalnya, mengatakan ‘Ibu sayang kamu’ setiap malam, saat mengantarnya tidur.

Jangan Suka Membandingkan
Setiap anak unik. Jadi jangan banding-bandingkan anak Anda dengan anak orang lain. Membandingkan secara negatif dengan anak lain hanya akan meruntuhkan rasa percaya dirinya. Anda bisa membantunya melihat apa yang menjadi kekuatan serta kelemahannya. Tapi, saat dihadapkan dengan kelemahan, bantu ia mengatasinya.

Contohnya, saat si kecil kesulitan dengan mata pelajaran matematika, Anda bisa memberikannya jalan keluar seperti mengikutkan anak pada les tambahan. Dengan begitu, si kecil akan selalu merasa optimis saat menghadapi kendala, sebab akan selalu ada jalan keluar.

Berikan Perhatian
Tak hanya orang dewasa saja, anak pun bisa merasa sakit hati apabila terus diabaikan. Oleh karena itu, berikan perhatian secara teratur agar ia yakin dengan dirinya sendiri. Ajak ia juga sering berbicara dan bercerita, supaya Anda tahu apa yang sedang ia rasakan.

Gunakan Bahasa yang Baik
Moms, coba cek kembali bahasa yang Anda gunakan sehari-hari. Jangan selalu memberi cap dengan mengatakan “Kamu ini selalu….”, atau “Kamu memang tak pernah bisa….” Hal ini bisa menumbuhkan konsep diri yang negatif pada anak. Sebaliknya, gunakanlah kata-kata positif dan yang membangkitkan semangat.

Jadilah Contoh yang Baik
Bagaimana mungkin anak menjadi orang yang matang emosi, dan sanggup mengatasi segala persoalan sosial, bila Anda sendiri suka tak percaya diri? Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah memiliki kemampuan memotivasi diri yang baik.

Demikianlah Cara Membuat Anak Termotivasi di ambil dari beberapa sumber

Related posts

Cara Mengatasi Pertengkaran Buat Pasangan

CaraBuat

Cara Membuat Masker Bengkoang

CaraBuat

Cara Membuat Sepatu Seperti Baru

CaraBuat

Cara Membuat Anak Tidak Rewel Jika Potong Rambut

CaraBuat

Cara Membuat Kamar Tetap Sejuk

CaraBuat

Cara Membuat Visa Umrah dan Peraturannya

CaraBuat

Cara Membuat Desain Kamar Tidur

CaraBuat

Cara Membuat SIM Dan Biayanya Agar Murah

CaraBuat

Cara Membuat Tampilan Makeup Watercolor

CaraBuat

Leave a Comment