Cara Membuat Cupcake Ubi
Makanan

Cara Membuat Cupcake Ubi Ungu

Cara Membuat Cupcake Ubi – Musim hujan sudah tiba nih, kalau dingin-dingin gini memang bawaannya pengen ngunyah ya. Tapi kalau ngemilnya itu-itu aja pastinya bosan kan kayak mi rebus atau gorengan sudah sering banget. Apalagi nih bagi kamu yang tipenya bosanan, pasti pengen nyobain cemilan lain yang unik dan enak.

Nah, kalau kamu bingung coba bikin cupcake ubi ungu yuk. Selain bikinnya mudah, warnanya juga Instagrammable banget lho. Kalau kamu suka fotografi, cemilan satu ini bisa banget kamu jadiin objek dan diunggah ke medsos deh. Pengen tahu cara bikinnya? Yuk simak resepnya yang brilio.net sediakan buat kamu semua, Sabtu

Bahan yang dibutuhkan:

  • 3 Butir telur
  • 25 Gram gula pasir
  • 1 Sdt vanila essence
  • 400 Gram ubi ungu yang sudah dikukus
  • 1/3 Cup tepung terigu
  • 50 Gram margarin yang sudah dicairkan
  • Cup kertas
  • Keju parut

Cara membuat:

  1. Masukkan 3 butir telur dan gula pasir dalam wadah.
  2. Campur kedua bahan menggunakan mixer.
  3. Masukkan ubi ungu yang sudah dikukus ke dalam wadah lain dan hancurkan hingga halus.
  4. Setelah ubi ungu halus, masukkan adonan telur dan gula ke dalam wadah.
  5. Campurkan kembali kedua adonan menggunakan mixer.
  6. Masukkan margarin yang sudah dicairkan ke dalam adonan.
  7. Kalau sudah tercampur, masukkan adonan ke dalam cup kertas.
  8. Masukkan ke oven, panggang selama 15-20 menit.
  9. Tabur parutan keju di atasnya.
  10. Jadi deh cupcake ubi ungu yang enak ini.

Ubi ungu adalah salah satu umbi-umbian yang mempunyai banyak manfaat, antara lain antioksidan, pectin untuk memperlancar pencernaan, karbohidrat, protein, lemak serta serat. Belakangan banyak dijual tepung ubi ungu, yang juga merupakan salah satu tepung bebas gluten. Salah satu olahan dari tepung ubi ungu berupa cupcake. Cukup mudah karena hanya menggunakan panci pengukus. Kali ini saya mengkreasikan cupcake kukus ubi ungu tanpa menggunakan baking soda, jika ingin berkreasi dengan baking soda, boleh menambahkan di saat pencampuran tepungnya. Anda ingin mencoba? Berikut resepnya.

Cara Membuat Ayam Goreng Bonchon
Cara Membuat Saus Pedas
Cara Membuat Seblak Samyang
Cara Membuat Spaghetti Udang

Cara Membuat Cupcake Ubi Ungu

  • Bahan-bahan
  • 3 butir telur rendam dalam air suam suam kuku
  • 75 gram gula
  • 25 gram tepung ubi ungu
  • 50 gram tepung terigu
  • 20 gram tepung custard
  • 25 gram susu bubuk full cream
  • sejumput garam
  • 90 gr minyak goreng
  • 40 gr unsalted butter, dilelehkan bersama minyak
  • 1/4 sdt vanila susu
  • Topping
  • Whipcream/buttercream secukupnya


Cara membuat

  • Kocok telur, gula, sampai kental dengan kecepatan tinggi.
  • Panaskan panci pengukus dengan api sedang, lapisi tutup panci dengan menggunakan kain lap yang bersih.
  • Masukkan campuran tepung ubi ungu, tepung terigu, tepung custard, susu bubuk yang sudah diayak. Aduk balik hingga tercampur rata.
  • Masukkan lelehan mentega dan minyak goreng. Aduk balik hingga merata.
  • Tuang adonan kedalam loyang yang dialasi dengan cupcase. Kukus selama 25 menit dengan api sedang.
  • Angkat, dinginkan.
  • Lapis bagian atas dengan whipcream/buttercream

Diambil dari berbagai Sumber google

Related posts

Cara Membuat Menu Sahur Tidak Bikin Bosan

CaraBuat

Cara Membuat Masakan Okra Lezat Tidak Berlendir

CaraBuat

Cara Membuat Resep Jeroan Menggugah Selera

CaraBuat

Cara Membuat Soto Sapi Lezat Enak Mudah Buatnya

CaraBuat

Cara Membuat Resep Balado Paling Maknyus

CaraBuat

Cara Membuat Kue Cubit Beraneka Rasa

CaraBuat

Cara Membuat Seblak Bandung Praktis Ngaa Pake Ribet

CaraBuat

Cara Membuat Crepes Beraneka Rasa

CaraBuat

Cara Membuat Sushi Menggugah Selera Makan

CaraBuat

2 comments

Cara Membuat Junk Food Agar Tetap Sehat - Cara Membuat March 13, 2020 at 3:52 am

[…] Cara Membuat Cupcake Ubi  […]

Reply
Cara membuat Jus sehat Dari Berbagai Macam Buah - Cara Membuat March 13, 2020 at 3:53 am

[…] Cara Membuat Cupcake Ubi  […]

Reply

Leave a Comment