Cara Membuat Disinfektan dengan Wipol
Ide Kreatif

Cara Membuat Disinfektan dengan Wipol

Cara Membuat Disinfektan dengan Wipol – Dikenal sebagai salah satu cairan yang dianggap bisa mencegah penyebaran virus corona, disinfektan pun menjadi sulit ditemukan. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang memburu cairan kimia tersebut.

Meski begitu, terdapat banyak cara untuk membuat cairan tersebut di rumah dengan mudah. Salah satu Peneliti Kimia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Joddy Arya Laksmono menyatakan bahwa cairan disinfektan bisa dibuat menggunakan pembersih lantai.

Dengan bahan tersebut, cairan disinfektan buatan rumah dapat disemprotkan dua kali dalam sehari ke tempat-tempat yang berpotensi dihinggapi bakteri dan virus. Penasaran seperti apa? Berikut cara mudah membuat disinfektan dengan cairan pembersih lantai Wipol.

Bahan

  • Wipol pembersih lantai varian Cemara
  • 1 lt air bersih
  • Wadah
  • Botol penyimpanan

Cara Membuat

  • Pertama siapkan terlebih dahulu wadah bersih
  • Tuang Wipol pembersih lantai varian Cemara sebanyak 10 tutup botol.
  • Setelah itu, campur dengan air bersih sebanyak 1 liter.
  • Jika keduanya sudah tercampur, masukkan ke dalam botol penyimpanan.
  • Jika sensitif dengan bau karbol, Anda bisa mengganti air bersih biasa dengan dengan bahan pewangi lainnya seperti air hasil rebusan sereh.

Cara Lain

Virus corona bersifat mudah menyebar dan mampu hidup cukup lama di permukaan benda. Untuk mencegah tertular virus covid 19 ini, Anda bisa disinfektan barang-barang di rumah secara mandiri.

Wabah virus corona belum usai. Jumlah penderita virus covid 19 semakin bertambah. Sampai hari ini, Selasa (24/3) jumlah orang yang terinfeksi virus corona mencapai 579 orang.

Virus corona bersifat mudah menyebar dan bisa hidup sekitar sembilan jam di permukaan benda dengan suhu hangat. ebagai langkah pencegahan, Anda bisa melakukan disinfeksi barang-barang yang berpotensi menjadi sarang virus.

Anda bisa mulai melakukan disinfeksi barang-barang di rumah Anda seperti gagang pintu, toilet, wastafel, perabot dapur, kursi, lemari, dan perabot rumah lainnya. Asal tahu saja, Anda bisa melakukan proses disinfektsi seluruh perabot tersebut secara mandiri. Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli cairan disinfeksi, sebab Anda bisa membuatnya sendiri.

Anda bisa membuat cairan disinfeksi menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah. Berikut bahan dan cara membuat cairan disinfeksi.

Bleaching atau cairan pemutih

Anda bisa menggunakan cairan pemutih ini untuk membuat disinfeksi. Anda campurkan dua sendok makan cairan pemutih ini di dalam satu liter air. Anda aduk sampai rata, cairan disifeksi siap digunakan.

Karbol

Bahan kedua, Anda bisa menggunakan cairan karbol. Anda campurkan dua sedok makan karbol ke dalam satu liter air lalu aduk hingga rata.

Pembersih lantai

Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih lantai. Anda ambil cairan pembersih lantai sebanyak satu tutup botol lalu campurkan ke dalam lima liter air.

Alkohol 70% dan Hydrogen Peroxide

Anda bisa menggunakan cairan alkohol dengan kadar 70%. Opsi lainnya Anda juga bisa menggunakan cairan hydrogen peroxide yang diencerkan sesuai dengan takaran. Sebelum Anda membuat cairan desinfeksi secara mandiri, sebaiknya pastikan bahan yang digunakan tidak melewati masa kadaluarsa.

Kemudian, Anda sebaiknya jangan mencampurkan cairan pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya. Bila cairan disinfeksi sudah siap, Anda bisa memasukkannya ke dalam botol hand spray, sprayer gendong, atau ember.

Pastikan Anda menggunakan sarung tangan dan masker sekali pakai saat melakukan proses disintektan perabot rumah. sumber google

Related posts

Cara Membuat Squishy Sendiri dari Spons, Slime

CaraBuat

CARA MEMBUAT PESTISIDA ORGANIK

CaraBuat

Cara Mudah Membuat Masker dari Kain Flanel

CaraBuat

Cara Membuat Kerajinan Tangan Sangat Berguna

CaraBuat

Cara Membuat Baterai Handphone Awet

CaraBuat

Cara Membuat AC Nga Pake Listrik

CaraBuat

Cara Membuat Masker Virus Corona

CaraBuat

Cara Membuat Masker Kain Sendiri

CaraBuat

Cara Membuat Sepatu Seperti Baru

CaraBuat

Leave a Comment