Cara Membuat si Kecil Lebih Kreatif
Lifestyle

Cara Membuat si Kecil Lebih Kreatif

Cara Membuat si Kecil Lebih Kreatif – Di era sekarang ini, seringkali kita mendengar istilah generasi kreatif ya, Moms? Karena memang di era milenial ini, anak di arahkan untuk menjadi kreatif. Kenapa sih anak harus kreatif? Anak yang kreatif biasanya akan mengalami perkembangan yang lebih baik dalam hal emosional mental dan sosialnya. Dengan melatih anak menjadi kreatif, anak menjadi lebih solutif dalam menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi dan tentunya dapat lebih unggul di saat mereka dewasa nanti.

Nah, ada nggak sih cara untuk melatih anak menjadi lebih kreatif? Tentunya ada yah. Alih-alih menyuguhkan tontonan di gadget kepada anak, ada banyak kegiatan dan aktivitas yang dapat kita lakukan bersama anak untuk melatih mereka menjadi lebih kreatif. Dan semua di mulai di rumah oleh kita, para orang tua mereka. Sehingga selain melatih mereka menjadi kreatif, juga dapat meningkatkan bonding antara orang tua dan anak, lho.

Lihat Minat dan bakatnya
Biasanya setelah anak berusia 2 tahu, maka kita dapat mulai melihat minat dan bakat anak kita. Ada yang suka mewarnai, ada yang suka bernyanyi atau ada yang suka bermain dokter-dokteran. Dari sinilah, kita dapat menentukan minat dan bakat anak lalu mengembangkannya. Jangan lupa, bahwa belajar ala anak adalah bermain. Sehingga biarkan mereka bermain sambil belajar tanpa merasa terpaksa atau tertekan. Tugas kita para orang tua adalah mendampingi si anak agar dapat menangkap konsep permainan yang sedang ia mainkan dan menunjukkan pada anak bagaimana hal itu dapat dikembagkan lebih lagi.

Berikan asupan nutrisi yang cukup dan tepat
Asupan anak tentu memegang peran yang penting dalam perkembangan anak. Karena anak sendiri sedang berada di masa pertumbuhan, sehingga mereka perlu asupan bernutrisi untuk menunjang pertumbuhan otak dan tubuh mereka. Menjadi kreatif membutuhkan otak yang sehat dan cerdas, nah pada anak-anak, kita dapat memberikan asupan omega 3 yang mengandung DHA dan EPA untuk menunjang pertumbuhan otak mereka.
Biasakan membaca buku
Buku merupakan jendela dunia. Dengan membaca buku, anak di ajak untuk berimajinasi. Beda dengan tontonan yang sudah menyuguhkan imajinasi tersebut dalam layar sehingga anak tidak terlatih untuk berimajinasi. Sementara imajinasi merupakan titik awal sebuah kreatifitas.

Apresiasi apa yang ia buat
Mengapresiasi kegagalan ataupun keberhasilan anak akan menumbuhkan rasa kepercayaan diri dan perasaan dihargai. Sehingga hal ini dapat memotivasi anak untuk berani mencoba, tidak takut gagal dan merasa dihargai.

Diskusi dengan si kecil
Mulailah dengan berdiskusi mengenai masalah yang ditemui sehari-hari, seperti berdiskusi mau liburan kemana. Mau makan apa. Dan lakukan metode Brainstorming yaitu dimana kita mencurahkan ide-ide mengenai topik diskusi tersebut di depan anak. Metode ini akan membuka wawasan mereka untuk menemukan ide baru yang bisa melatih mereka untuk lebih kreatif.

Demikianlah sebagian kecil Cara Membuat si Kecil Lebih Kreatif

Related posts

Cara Membuat SIM Internasional Bisa Untuk 188 Negara

CaraBuat

Cara Membuat Masker Telur untuk merawat wajah

CaraBuat

Cara Membuat e-KTP Tanpa Surat Pengantar RT/RW

CaraBuat

Cara Membuat Bisnis Plan Sesuai Perencanaan

CaraBuat

Cara Membuat Paspor Anak Biaya dan Persyaratannya

CaraBuat

Cara Membuat Plat Nomor Cantik

CaraBuat

Cara Membuat Sepatu Seperti Baru

CaraBuat

Cara Membuat CV Agar Menarik Perhatian HRD

CaraBuat

Cara Membuat Highlighter Sendiri di Rumah

CaraBuat

Leave a Comment