Cara Membuat Tahu Sutra
Makanan

Cara Membuat Tahu Sutra Lezat dan Bergizi

Cara Membuat Tahu Sutra – Gampang banget cara mengkreasikan keahlianmu membuat tahu sutra lumer di mulut dan bikin sekeliling kamu ketagihan. Buat kamu yang suka banget sama olahan tahu, terlebih tahu sutra dengan tekstur yang lembut bisa kamu sulap jadi kudapan lezat.

Kamu cukup sediakan bahan sederhana ini.

Bahan:

  • 2 buah tahu sutera, potong 6
  • 1 sdm soy sauce
  • ½ sdm saus tiram
  • ¼ sdt garam
  • ½ sdt gula pasir
  • 1 sdt minyak wijen
  • 50 g jamur kuping, rendam hingga lunak, potong-potong
  • 2 btg daun bawang kecil, potong 1 cm

Cara Membuat:

  1. Campur rata soy sauce, saus tiram, garam, gula pasir, dan minyak wijen, aduk rata.
  2. Susun tahu sutera di pinggan tahan panas. Tuang campuran bumbu di atas tahu sutera.
  3. Taburi dengan jamur kuping dan daun bawang. Kukus di dandang panas selama 10 menit atau sampai matang.
  4. Angkat dan segera sajikan selagi hangat.

Mencoba membuat tahu dari resep teman di dapurmasak.com. Cara membuat tahu lebih mudah dibandingkan resep tahu yang pernah dicoba sebelumnya http://catatanbelajarmasak.blogspot.de/2012/05/tahu-homemade.html. Tapi barangkali sama-sama kedua resep tahu tsb memerlukan kesabaran, hanya saja resep tahu sutera ini dibuat dalam jumlah sedikit ( 250 g kedelai basah) jadi tidak terasa menguras tenaga.

Sudah mencoba membuat tahu dengan 3 macam cara:

  1. Resep dari buku, Nabben A. 2001. Kochen und Backen mit Tofu. Pala Verlag: Berlin. Cara membuat tahu, kedelai direndam satu malam kemudian diblender. Tambahkan air kemudian rebus hingga mendidih lalu kecilkan api, teruskan merebus 20 menit. Air rebusan kedelai disaring. Susu kedelai direbus kembali tetapi tidak sampai mendidih. Susu kedelai ditambah dengan cuka, saring, tindih dengan sesuatu yang berat. Tahu yang dimaksudkan sudah jadi
  2. Resep tahu dari upload youtube pak Dono Widiatmoko. Kedelai di rendam satu malam, blender, saring. Air kedelai direbus hingga mendidih. Biarkan susu kedelai agak dingin, tambah cuka, saring, tindih dengan sesuatu yang berat. Tahu siap di goreng.
  3. Tahu sutera. Kedelai direndam satu malam. Timbang sebanyak 250 g. Tambah air, blender hingga lembut. Saring. Tambah air kedelai dengan 4 buah telur, garam, merica bubuk, bawang putih bubuk, blender sebentar. Kukus air kedelai dalam wadah yang dialasi plastik hingga tahu kental. Tahu sutera siap digoreng untuk disajikan
 Cara Membuat Donat Goreng
 Cara Membuat SIM Internasional
 Cara Membuat Blog Kompasiana
 Cara Membuat Liburan Akhir Tahun
 Cara Membuat Ramuan Bleaching

Catatan

#
Saat mencoba membuat tahu sutera, agak sedikit pertanyaan. Kok telur yang digunakan banyak amat, 4 buah? Air kedelai saring yang didapat sekitar 700 ml. Akhirnya memutuskan untuk percobaan pertama ini hanya menggunakan 3 butir telur untuk 700 ml air kedelai.

#
Saat mengukus air kedelai, wadah tidak dialasi dengan plastik, tapi langsung di wadah steinless stel dan silikon.

#
Setelah air kedelai di kukus, terbentuk tahu sutera lembut. Saking lembutnya, tahu agak rawan rusak, terutama saat digoreng. Ataukah karena hanya menggunakan 3 buah telur jadi tahu yang dihasilkan sangat lembut? Jawaban tahu setelah percobaan kedua nanti..

#
Untuk soal rasa, metode Neben (2001) dan pak Dono mempunyai rasa sama. Hanya saja cara pak Dono lebih mudah dikerjakan karena penyaringan air kedelai dilakukan di awal sebelum direbus.

Ampas tahu masih bisa dipakai untuk SULE (susu kedelai)

Setelah diblender dan disaring, ampas kedelai diberi air lagi. Ampas ini kemudian diblender sebentar dan disaring. Ampas dibuang. Air kedelai kemudian direbus, diberi gula pasir, gula merah, sedikit garam. Susu kedelai siap diminum.

Demikianlah di salin dari beberapa sumber google , semoga bermanfaat bagi para pembaca website caramembuat.net ini..terima kasih

Related posts

Cara Membuat Menu Sahur Tidak Bikin Bosan

CaraBuat

Cara Membuat cheesecake Tanpa Oven dan Kukusan

CaraBuat

Cara Membuat Dorayaki Coklat Keju

CaraBuat

Cara Membuat Gulai Kambing Empuk

CaraBuat

Cara Membuat Buko Pandan Minuman Khas Filipina

CaraBuat

Cara Membuat Resep Donat Aneka Rasa

CaraBuat

Cara Membuat Kaldu Ayam Bikin Nafsu Makan

CaraBuat

Cara Membuat Sushi Menggugah Selera Makan

CaraBuat

Cara Membuat Pisang Goreng Manis dan Tidak Gatal

CaraBuat

Leave a Comment