Cara Mengatasi Pertengkaran Buat Pasangan
Lifestyle

Cara Mengatasi Pertengkaran Buat Pasangan

Cara Mengatasi Pertengkaran Buat Pasangan – Banyak cara yang kita lakukan untuk “melepaskan” diri dari tegangnya pertengkaran dengan pasangan. Ada yang mencari ketenangan dengan mendengarkan musik, ada juga yang menyendiri di tempat favorit, atau menelepon seorang teman. Dan, ada juga yang “mendinginkan” panasnya pertengkaran dengan bercinta.

Tapi apakah Anda pernah berpikir bagaimana cara Anda menyelesaikan konflik yang benar-benar sehat bagi hubungan Anda? Berikut adalah bagaimana menangani pertengkaran dengan cara yang benar, menurut Rachel Sussman, seorang ahli hubungan, psikoterapis berlisensi dan penulis The Breakup Bible.

Hindari Pertengkaran Tidak Sehat

Ketika bertengkar, seringkali kata-kata keluar dari mulut tanpa dipikirkan terlebih dulu. Bahkan ketika Anda sangat marah, Anda tidak boleh mengeluarkan kata-kata kotor. Yang termasuk pertengkaran tidak sehat atau kotor adalah menghujat, mengutuk atau menyakiti baik secara fisik maupun mental.

Bersikap Berada di Pihaknya

Ketika Anda melawan, pasangan Anda akan mengikuti cara Anda bertindak. Jadi jika Anda tidak ingin dia bertambah marah, Anda harus mengatur nada bicara. Memang sulit, namun sebaiknya Anda menjaga bahasa tubuh agar tetap tenang. Cobalah untuk tidak melipat tangan Anda, atau menaikkan suara.

Gunakan Pernyataan “Saya”

Salah satu konsep yang paling penting dalam komunikasi interpersonal adalah penggunaan pernyataan “Saya”. Selama berargumen, pernyataan “Saya” merupakan bahasa yang menyatakan bahwa tanggung jawab berada pada Anda, dan ini dapat meyakinkan pasangan bahwa bukan dia atau Anda yang telah yang membuat kesal. Daripada menggunakan kalimat, “Kamu sudah membuat kesal…” sebaiknya Anda gunakan kalimat seperti, “yang membuat Saya kesal adalah…”

Fokus Pada Solusi

Ketika berdebat, Anda harus selalu tetap fokus pada solusi permasalahan. Identifikasikan apa tujuan dari perdebatan tersebut, dan bukan membuat masalah menjadi melebar kemana-mana.

Minta Maaf

Anda harus meminta maaf setiap kali menyakiti perasaan orang lain. Bahkan jika Anda melakukannya secara tidak sengaja. Mengakui bahwa Anda menyesal karena telah menyakiti pasangan itu sangat berarti dan menunjukkan rasa hormat.

Demikian cara-cara menangani pertengkaran menurut Rachel Sussman, seorang ahli hubungan, psikoterapis berlisensi dan juga seorang penulis. Saran terakhir, tambahkan humor dengan balutan kasih sayang ketika Anda dan pasangan mencapai solusi seperti, “Kamu membuatku kesal, tapi aku tetap mencintamu.”

Sumber Cara Mengatasi Pertengkaran

Related posts

Cara Membuat Tidur Nyenyak Dengan Tanaman

CaraBuat

Cara Membuat Masker Kefir dari Bengkoang

CaraBuat

Cara Membuat Paspor Anak Biaya dan Persyaratannya

CaraBuat

Cara Membuat Bisnis Plan Sesuai Perencanaan

CaraBuat

Cara Membuat Face Scrub Untuk Merawat Wajah

CaraBuat

Cara Membuat CV Agar Menarik Perhatian HRD

CaraBuat

Cara Membuat Highlighter Sendiri di Rumah

CaraBuat

Cara Membuat Masker Telur untuk merawat wajah

CaraBuat

Cara Membuat si Kecil Lebih Kreatif

CaraBuat

Leave a Comment