8 Manfaat Minyak Kutus Kutus -
KESEHATAN Minyak Kutus Kutus

8 Manfaat Minyak Kutus Kutus

Apa itu Minyak Kutus-kutus?
8 Manfaat Minyak Kutus Kutus
Minyak kutus-kutus pertama kali diracik oleh Servasius Bambang Pranoto pada tahun 2012 di Kabupaten Gianyar, Bali. Awalnya Bambang meracik minyak ini untuk mengobati kelumpuhan di kakinya akibat kecelakaan yang ia alami pada tahun 2011 silam.

Selama kurang lebih tiga bulan, Bambang menggunakan minyak ini hingga kelumpuhannya berangsur membaik. Berbagai eksperimen dilakukan oleh Bambang guna meningkatkan kualitas minyak ini sampai akhirnya minyak ini berhasil diproduksi dan dipasarkan ke konsumen.

Minyak kutus-kutus adalah minyak herbal yang terbuat dari 69 jenis tanaman obat yang di ekstrak dengan minyak kelapa yang kemudian di blender dengan minyak essential hingga terjadi perpaduan serasi antara jamu dan aromaterapi. Semua bahan yang digunakan bersifat alami, tidak menggunakan bahan kimia dan tidak ada unsur hewani serta bawang.

Bahan-bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan minyak kutus-kutus antara lain, minyak kelapa, daun neem, daun ashitaba, purwaceng, bunga lawang, temulawak, pule, dan gaharu. Pembuatannya diambil dari unsur pohon kehidupan yang meliputi daun, bunga, buah, batang, dan akar.

Khasiat Minyak Kutus-kutus Berdasarkan Bahan Kandungan
8 Manfaat Minyak Kutus Kutus
Minyak kutus-kutus dipercaya mampu menyembuhkan segala jenis penyakit, mulai penyakit yang ringan hingga penyakit kronis. Selain itu, minyak kutus-kutus juga mengklaim mempunyai khasiat self healing bagi tubuh. Berikut 8 khasiat minyak kutus-kutus berdasarkan bahan dasar yang digunakan:

Minyak Kelapa
Minyak kelapa mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan karena memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, minyak kelapa juga lebih mudah diserap kulit daripada minyak jenis lainnya sehingga sering digunakan untuk melembapkan kulit terutama pada kulit kering atau bersisik.

Bagi kesehatan tubuh, minyak kelapa mempunyai manfaat antara lain, mencegah osteoporosis, mengurangi peradangan, mencegah karies gigi, menstabilkan gula darah, membakar lemak perut, meningkatkan kesehatan jantung, dan lainnya.

Daun Neem
Tanaman ini berasal dari India dengan nama latin Azadirachta indica. Sudah lama tanaman herbal ini dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, mulai akar, kulit, daun, bunga, buah, dan biji mempunyai khasiat bagi kesehatan tubuh. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa tanaman ini mempunyai khasiat sebagai antioksidan.

8 Manfaat Minyak Kutus Kutus Khasiat daun neem yang lainnya yaitu mengatasi gangguan pencernaan, gangguan penglihatan, mimisan, penyakit kardiovaskuler, mengurangi peradangan, menyembuhkan infeksi saluran, menstabilkan gula darah, meningkatkan daya imun tubuh dan lainnya.

Daun Ashitaba
Tanaman ashitaba banyak dtemukan di Jepang dan akar, batang hingga daunnya bisa dimanfaatkan sebagai obat. Kandungan dalam daun ashitaba ini diyakini sebagai antiipertensif, antidiabetik, antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba

Purwaceng
Salah satu bahan dasar minyak kutus-kutus adalah purwaceng. Tanaman ini sering disebut sebagai obat viagra alami. Khasiat yang dimiliki tanaman ini antara lain, meningkatkan vitalitas pria maupun wanita, melancarkan sirkulasi darah, mengatasi infeksi saluran pernapasan atas, infeksi saluran kencing, edema, dan batu ginjal. Saat ini sedang diteliti khasiat purwaceng sebagai antibakteria dan antioksidan (sebagai free radical scavenger).

Bunga Lawang (Pekak)
Bunga lawang berasal dari Tiongkok Selatan dan Vietnam. Beberapa studi membuktikan rempah ini mempunyai khasiat untuk mengatasi infeksi bakteri dan jamur. Selain itu, bunga lawang juga berkhasiat dalam mencegah penuaan dini (pada kulit) hingga mampu mengurangi perkembangan sel kanker.

Temulawak
Pasti Anda sudah mengetahui banyak manfaat temulawak bagi kesehatan. Temulawak juga sering dimanfaatkan dalam penyembuhan osteroarthritis, gangguan pencernaan, hingga penyembuhan kanker (kanker payudara, kanker usus, dan kanker prostat)

Pule
Alstonia scholaris adalah nama latin pule. Tanaman ini dii Indonesia lebih dikenal dengan nama pulai, kayu gabus, jeletung, lame, dan lamo. Pule dipercaya mempunyai khasiat untuk mengobati malaria, arthritis, anemia dan hipertensi.

Kayu Gaharu
Biasanya gaharu sering dimanfaatkan sebagai aromatik dalam pembuatan dupa, namun tanaman ini ternyata juga mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Dalam minyak kutus-kutus, kayu gaharu mempunyai khasiat dalam membantu mengobati asma, gangguan pencernaan, kebotakan, dan menenangkan pikiran. Selain itu, kayu gaharu diklaim mampu mengatasi penyakit ginjal kronis seperti batu ginjal dan gagal ginjal.

Amankah Penggunaan Minyak Kutus-kutus?
Khasiat Minyak kutus-kutus semakin tersebar semenjak banyaknya konsumen yang mengaku sembuh setelah menggunakannya secara rutin. Hingga pada tahun 2018 produksi minyak kutus-kutus mencapai 1 juta botol tiap bulannya. Minyak ini bisa digunakan oleh semua kalangan umur mulai dari balita sampai lansia, karena kandungan dalam minyak kutus-kutus terbuat dari tanaman herbal.

8 Manfaat Minyak Kutus Kutus Minyak kutus-kutus diproduksi oleh Pabrik Tamba Waras dan sudah terdaftar di Badan POM (BOPM) Indonesia, serta sudah mempunyai sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Tetapi Anda harus tetap berhati-hati dalam menggunakan obat herbal dalam proses penyembuhan penyakit yang Anda alami, karena bahan herbal belum tentu aman dan masih memerlukan penelitian medis terkait keamanan dan khasiat minyak kutus-kutus dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Beberapa orang mungkin cocok dengan minyak kutus-kutus dalam mengobati penyakitnya, tetapi tak jarang ada juga yang mengalami alergi. Seseorang yang mempunyai alergi terhadap salah satu bahan pembuatan minyak ini mungkin akan mengalami reaksi alergi sehingga Anda harus waspada dan hati-hati jika mempunyai alergi terhadap bahan herbal.

Sebaiknya, jika Anda mempunyai penyakit yang cukup serius tidak ada salahnya untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mendapatkan penanganan dan obat yang tepat. Jangan lupa juga selalu teliti dalam membeli produk-produk kesehatan herbal, karena ada penjual yang memalsukan produk. Pastikan Anda membeli minyak kutus-kutus pada distributor resmi.

Cara Menggunakan Minyak Kutus-kutus
Penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan petunjuk dan aturan penggunaan obat sebelum menggunakannya. Supaya khasiat minyak kutus-kutus bisa bekerja maksimal, simak panduan penggunaan minyak kutus-kutus berikut ini:

Pastikan tangan Anda steril atau bersih
Sebelum menggunakan minyak, sebaiknya cuci tangan Anda dengan sabun hingga bersih lalu keringkan kedua tangan Anda menggunakan lap yang bersih.

Balurkan minyak secukupnya pada area yang sakit
Ada beberapa titik yang disarankan untuk dibalurkan minyak ini adalah telapak, jari kaki, punggung, tengkuk, dan tulang ekor. Sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter jika kulit Anda terdapat luka karena tidak semua luka boleh diberi minyak kutus-kutus.

Pijat perlahan
Ketika Anda memijat area yang sakit dengan perlahan, maka aliran darah Anda akan mengalir lebih lancar. Hati-hati ketika memijat di area leher.

Perhatikan waktu penggunaan
Supaya khasiat minyak ini maksimal, gunakanlah sebelum Anda tidur saat tubuh sudah berhenti beraktivitas. Minyak kutus-kutus bisa digunakan setiap hari pada tubuh secara menyeluruh. Back to Cara Membuat

Related posts

Cara Aman Gunakan Minyak Kutus-kutus Supaya Hasilnya Maksimal

CaraBuat

Cara Membuat Masker Oatmeal Untuk Kesehatan Wajah

CaraBuat

Cara Membuat Hand Sanitizer dari Daun Kersen

CaraBuat

Cara Membuat Antiseptik Sebagai Pembersih Tangan

CaraBuat

Baik untuk Kesehatan, Ini 7 Manfaat Minyak Kutus-kutus

CaraBuat

Cara Membuat Disinfektan dengan So Klin Pemutih

CaraBuat

Pembuat Minyak Kutus-Kutus Ungkap Filosofi yang Terkandung Dalam Ciptaannya

CaraBuat

7 Manfaat Minyak Kutus-Kutus bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

CaraBuat

Minyak Kutus-kutus Ampuh Atasi 30 Penyakit

CaraBuat

Leave a Comment