Cara Membuat Anak Bicara Jujur
Lifestyle

Cara Membuat Anak Bicara Jujur

Cara Membuat Anak Bicara Jujur – Siapa sih, yang tidak ingin punya anak yang jujur? Tapi alih-alih bicara jujur, orangtua justru seringkali harus menghadapi anak yang suka berbohong. Demi mendidik agar anak mau bersikap atau bicara jujur, tidak sedikit pula orang tua yang menghukum anaknya setiap kali anak didapati berbohong. Apakah Anda termasuk di antaranya?

Bila ya, sebaiknya Anda hentikan kebiasaan memberi anak hukuman bila berbohong, Moms. Menurut sebuah penelitian baru yang dilakukan di McGill University, Quebec, Kanada, menghukum anak-anak karena berbohong justru tidak efektif untuk menanamkan kejujuran pada anak.

Sebagaimana dilansir Kiwi Magazine, para peneliti di universitas tersebut menemukan bahwa anak-anak usia 4 hingga 8 lebih cenderung berbohong jika mereka takut dihukum daripada jika mereka diminta untuk mengatakan kebenaran karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan.

Menghukum anak bila berbohong tidak efektif untuk ajarkan kejujuran
Lantas, apa yang sebaiknya dilakukan orangtua? Victoria Talwar, Ph.D., peneliti utama dalam studi tersebut, yang juga seorang profesor psikologi pendidikan menyarankan Anda sering-sering berbicara dengan anak tentang kejujuran dalam percakapan sehari-hari. Artinya, bicarakanlah tentang pentingnya kejujuran tidak hanya ketika konflik muncul. Dengan begitu, Anda dapat mendiskusikan topik ini tanpa keterikatan emosional.

Menurut Victoria, hal yang juga perlu dilakukan orangtua adalah memuji kejujuran. Ya, Moms, pujilah setiap kali anak mengatakan hal dengan jujur bahkan ketika Anda tidak senang dengan apa yang telah diungkapkan oleh anak Anda.

Katakanlah misalnya, “Ibu benar-benar kesal karena kamu melanggar peraturan, tetapi Ibu senang karena kamu mau mengatakan yang sebenarnya.” Ini akan menunjukkan bahwa kejujuran adalah sifat yang Anda hargai sehingga anak cenderung mengatakan yang sebenarnya di masa depan.
Nah, bagaimana? Sudah siap mencoba tips parenting dari ahli untuk membuat anak bicara jujur ini?

Related posts

Cara Membuat Ramuan Pemanjang Rambut

CaraBuat

Cara Membuat Anak Tidak Rewel Jika Potong Rambut

CaraBuat

Cara Membuat Kamar Tetap Sejuk

CaraBuat

Cara Berpikir Positif yang Buat Kamu Sukses

CaraBuat

Cara Membuat Ruang Keluarga Semakin Nyaman

CaraBuat

Cara Membuat CV Agar Menarik Perhatian HRD

CaraBuat

Cara Membuat Tidur Nyenyak Dengan Tanaman

CaraBuat

Cara Membuat Masker Tomat Untuk Kesehatan Wajah

CaraBuat

Cara Membuat Sepatu Seperti Baru

CaraBuat

Leave a Comment