Cara Membuat Antiseptik Sebagai Pembersih Tangan
KESEHATAN

Cara Membuat Antiseptik Sebagai Pembersih Tangan

Cara Membuat Antiseptik Sebagai Pembersih Tangan – Sejak merebaknya virus corona, pembersih tangan antiseptik mulai sulit didapat. Cairan tersebut memang dinilai dapat mencegah penularan Covid-19 lewat tangan. Karena permintaan yang semakin besar, antiseptik pun menjadi barang langka.

Untuk mengatasinya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membagikan cara mudah membuat pembersih tangan antiseptik. Bahan yang digunakan pun cukup sederhana sehingga mudah didapat masyarakat. Nah, untuk membuatnya kamu bisa menggunakan bahan dan cara berikut.

Bahan Awal

  • 50 Mililiter air untuk pelarut
  • 200 Mililiter Ethanol berkadar alkohol 95% sebagai antiseptik
  • Sdt Carbomer sebagai pengental
  • 33 Mililiter Propylene Glycol sebagai pelembab
  • 3 Tetes Triethanolamine sebagai pengikat pH

Langkah Pembuatan

  • Campurkan air dan Propylene Glycol ke dalam wadah bersih. Sebaiknya, gunakan panci alumunium atau pinggan pyrex.
  • Panaskan dan aduk cairan.
  • Tambahkan Carbomer sedikit demi sedikit hingga temperatur mencapai 80-90 derajat dan semua bahan tercampur serta larut sempurna.
  • Tambahkan Triethanolamine agar larutan menjadi gel.
  • Matikan kompor, kemudian tambahkan Ethanol sedikit demi sedikit ke dalam campuran gel. Tahap ini dilakukan tanpa proses pemanasan agar tidak terjadi penguapan.
  • Aduk gel selama 15 menit.
  • Gel pembersih tangan antiseptik siap digunakan.
  • Formula di atas dapat menghasilkan 250 mililiter pembersih tangan antiseptik berkadar alkohol 63%. Kemudian, bahan-bahannya bisa didapat di toko kimia terdekat.

Benarkah Hand Sanitizer Bisa Dibuat Sendiri dan Bagaimana Keamanannya?

Merebaknya penularan virus Corona di Indonesia membuat masker, suplemen, sabun antibakteri, hingga hand sanitizer menjadi mahal dan langka di pasaran. Oleh sebab itu, sebagian orang mulai membuat hand sanitizer sendiri di rumah. Lantas, apakah homemade hand sanitizer ini aman untuk digunakan?

Hand sanitizer adalah produk pembersih tangan berbasis alkohol yang bisa berbentuk gel atau cairan. Produk ini digunakan untuk membersihkan tangan agar bersih dari virus dan bakteri. Walaupun tidak seefektif air dan sabun, hand sanitizer dapat dimanfaatkan ketika kamu kesulitan menemukan air bersih dan sabun untuk mencuci tangan.

Benarkah Hand Sanitizer Bisa Dibuat Sendiri dan Bagaimana Keamanannya? – Alodokter

Kini hand sanitizer menjadi incaran banyak orang karena cara pakainya yang praktis dan bisa digunakan di mana saja. Akan tetapi, harga hand sanitizer saat ini sedang meroket akibat tingginya permintaan.

Agar lebih berhemat, sebagian orang memilih untuk membuat hand sanitizer sendiri. Bahkan, dikabarkan ada yang memanfaatkan vodka sebagai pengganti hand sanitizer. Padahal, kandungan alkohol pada minuman tersebut hanya 40%, yang artinya tidak efektif untuk mengusir kuman.

Bisakah Hand Sanitizer Dibuat Sendiri?
Jawabannya adalah bisa, namun dengan syarat. Hand sanitizer yang efektif membunuh kuman penyakit dan aman untuk kulit adalah yang mengandung setidaknya 60% alkohol dan pelembab kulit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memiliki panduan mengenai proses pembuatan homemade hand sanitizer ini.

Meski begitu, proses pembuatannya membutuhkan cara pengukuran yang tidak mudah serta alat dan bahan kimia yang tidak mudah ditemukan, bahkan cenderung asing di telinga orang awam. Sebagai contoh, kamu harus menyiapkan etanol 96% atau isopropil alkohol 99,8%.

Walau kamu bisa membelinya di toko bahan kimia, menyimpan alkohol di rumah bisa berbahaya. Selain karena mudah terbakar, alkohol dikhawatirkan dapat terminum oleh anak kecil karena bentuk dan warnanya yang mirip air putih.

Untuk memastikan kebersihan larutan hand sanitizer, kamu juga harus menyiapkan hidrogen peroksida 3%. Bahan ini berfungsi untuk membunuh kuman penyakit yang mungkin ada di dalam larutan. Sama seperti alkohol, hidrogen peroksida juga tidak dianjurkan ada di dalam rumah, karena cairan ini bisa merusak kulit bila mengenai kulit secara langsung.

Proses pembuatan hand sanitizer juga tidak semudah yang kamu bayangkan, lho. Dibutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi ketika mencampurkan bahan-bahan untuk menghasilkan hand sanitizer dengan kandungan alkohol yang tepat dan bebas dari kuman.

Selain itu, uang yang kamu butuhkan untuk membeli alat dan bahan pembuat hand sanitizer ini juga tidak sedikit. Jadi, sebenarnya masih lebih baik membeli hand sanitizer yang kandungannya sudah jelas disetujui pemerintah.

Jika harganya memang terlalu mahal, tidak masalah. Kamu tidak diharuskan untuk memiliki hand sanitizer, kok. Mencuci tangan dengan air dan sabun justru terbukti lebih efektif untuk membunuh kuman penyakit, lho. Jika belum bisa menemukan tempat untuk mencuci tangan, cukup jaga agar tanganmu tidak menyentuh wajah sampai kamu mencuci tangan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai virus Corona, kamu bisa bertanya kepada dokter, baik secara langsung maupun melalui chat di aplikasi Alodokter. Di aplikasi ini, kamu juga bisa membuat janji konsultasi dengan dokter di rumah sakit.

Related posts

Cara Membuat Agar Mata Bayi Tidak Juling

CaraBuat

Cara Membuat si Kecil Bersendawa

CaraBuat

Cara Membuat Hand Sanitizer dari Daun Kersen

CaraBuat

7 Fakta dan Manfaat Minyak Kutus-kutus, Jadi Andalan

CaraBuat

Cara Membuat Jamu Beraneka Rasa

CaraBuat

Apa Saja Sih Manfaat Minyak Kutus Kutus untuk Kesehatan?

CaraBuat

Benarkah Minyak Kutus Kutus Baik untuk Kesehatan? Cek Faktanya di Sini!

CaraBuat

Seperti Apakah Manfaat Minyak Kutus Kutus

CaraBuat

Cara Membuat Hand Sanitizer dari Pelepah Pisang

CaraBuat

Leave a Comment