Cara Membuat Combro
Makanan

Cara Membuat Combro Gurih Renyah

Cara Membuat Combro – Mau membuat olahan yang nikmat dari singkong? Coba buat combro pedas, ayo! Berikut formula yang dapat langsung dicoba sendiri di rumah.

Bahan- Bahan

  • 1 kilogram singkong parut
  • 150 gram kelapa parut
  • 2 siung bawang putih, dihaluskan
  • 2 batang daun bawang, diiris halus
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt ketumbar bubuk

Bahan Isi

  • 250 gram oncom, dihancurkan
  • 1 genggam daun kemangi
  • Bumbu Isi
  • 4 buah cabai merah besar
  • 10 buah cabai rawit( dapat disesuaikan dengan selera)
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 ruas kencur
  • garam serta merica secukupnya

Metode Membuat

  1. Singkong parut diperas. Air perasan diendapkan sepanjang 10 menit, kemudian bagian endapan putihnya dicampurkan kembali ke sinkong parut.
  2. Haluskan seluruh bahan bumbu isi. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan oncom serta kemangi. Masak sampai bumbu menyerap serta matang.
  3. Gabungkan singkong parut dengan kelapa parut, daun bawang, bawang putih, ketumbar, serta garam. Aduk rata.
  4. Ambil 1 sdm adonan singkong, wujud bundar pipih, masukkan isian oncom, kemudian padatkan. Jalani hingga adonan habis.
  5. Panaskan minyak goreng, masukkan combro serta goreng hingga matang.

Combro pedas ini dapat dinikmati dengan cabai rawit serta teh manis. Selamat berupaya, ya.

Combro merupakan santapan khas Jawa Barat. Nama uniknya berasal dari bahan pembuatannya, ialah singkong parut yang bagian dalamnya diisi dengan oncom. Dalam bahasa Sunda, Combro ialah singkatan dari oncom di jero yang maksudnya oncom di dalam. Nah, kemilan tradisional yang identik dengan wujud bundar lonjong ini sangat terkenal. Rasa yang khas renyah pedas sangat menggoda lidah. Ibu saat ini dapat membuat Combro sendiri tanpa butuh jajanan di luar rumah. Formula oncom di jero yang satu ini dapat membuat kreasi singkong buatan Ibu lebih garing, renyah serta pedas loh! Jajanan tradisional dipastikan dapat buat Ibu ketagihan serta tidak dapat menyudahi ngemil.

  • Bahan Oncom
  • 1/ 2 kilogram singkong parut( diperas sedikit airnya)
  • 2 sendok makan kelapa parut
  • 1/ 4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 bungkus Kobe Bumbu Nasi Goreng Poll Pedas
  • 200gr oncom( ulek sampai halus)
  • 300 ml minyak goreng
  • 2 batang daun bawang( diiris)

Cara Membuat Combro

  1. Campur singkong parut, kelapa serta garam. Uleni hingga rata, sisihkan.
  2. Ulek gula merah, Kobe Bumbu Nasi Goreng Poll Pedas serta oncom, sisihkan.
  3. Panaskan 3 sendok makan minyak goreng. Tumis oncom sampai matang serta bumbu menyeluruh.
  4. Beri irisan daun bawang. Aduk rata, angkat serta sisihkan.
  5. Ambil 1 sendok makan adonan singkong serta isi dengan tumisan oncom. Wujud adonan jadi bulatan lonjong.
  6. Goreng dalam minyak panas dengan api lagi sampai matang kecoklatan.
  7. Angkat serta sediakan Combro selagi hangat.

Formula Combro Isi Oncom Lezat serta Metode buatnya. Kue combro misro merupakan salah satu kemilan tradisonal yang sangat populer sekali di Indonesia. Tidak cuma dengan mudah ditemui di wilayah dekat kota Bandung ataupun Jawa Barat yang ialah wilayah asal kue ini ditemui, namun nyaris di seluruh kota yang terdapat di Indoensia. Paling utama di wilayah jawa kue combro renyah dengan bahan baku utamanya merupakan singkong yang diparut ini dengan isi combro ini mudah ditemui. Namun apakah sahabat sahabat telah ketahui bagimana metode membuat combro lezat yang benar? Bisa jadi banyak sahabat sahabat yang belum ketahui, sementara itu sesungguhnya metode buat combro sangat mudah lho.

Santapan combro ialah salah satu santapan tradisional yang sangat merakyat. Dengan harga yang murah serta rasa yang lezat, kue combro renyah isi oncom tidak cuma disukai oleh kalangan menengah ke dasar, namun pula golongan menengah ke atas juga sangat menyukainya. Apalagi dikala ini, terdapat sebagian berbagai alterasi Formula Combro Lezat yang telah masuk serta di jual di mal- mal besar, semacam combro pedas, combro granat serta yang yang lain. Namun meski namanya berbeda- beda, nyaris seluruh alterasi formula kue combro diatas memiliki bahan baku dasar yang sama serta metode membuat yang nyaris sama dengan yang dijual di penjual gorengan pinggir jalur.

Pasti saja, jika dibanding dengan kue tradisional yang dijual di penjual gorengan pinggir jalur, Combro Renyah ala restauran ataupun mal- mal di jual dengan harga yang lebih mahal. Namun jika permasalahan kebersihan, umumnya mereka mempunya standar yang lumayan bagus buat menjamin mutu serta kebersihan dari combro yang dijual. Tidak hanya itu, bahan bahan yang digunakannya juga dapat dipertanggung jawabkan kualitasnya serta tidak ditambah dengan bahan bahan lain yang beresiko buat kesehatan. Memanglah tidak seluruh penjual gorengan combro di pinggir jalur meningkatkan bahan bahan beresiko, namun dengan banyak laporan yang dapat kita amati di Tv, memanglah sepatutnya kita sedikit waspada terhadap santapan yang kita beli.

Bisa jadi nyaris sebagian besar sahabat sahabat telah sempat mencicipi serta merasakan kue satu ini, namun apakah sahabat sahabat ketahui metode membuat Combro yang benar serta bahan bahan apa saja yang diperlukan? Semacam pula Formula Misro, metode buat Formula Combro pula sangat simpel seekali serta pula memakai bahan baku utama parutan singkong. Buat adonannya nyaris sama, yang membuat perbandingan bisa jadi cuma di isian saja cocok nama nya( Oncom di Jero/ Combro) yang berati memakai oncom buat bahan isiannya. Sebab memakai bahan baku utama dari singkong, hingga pemilihan singkong ini sangat berarti sekali. Pakai singkong fresh yang masih baru dipetik biar hasilnya lebih lezat serta renyah dikala di goreng nantinya. Buat lebih jelasnya, silahkan memandang perinci formula dari Bandung ini di dasar ya.

Cara Membuat Cilor
Cara Membuat Cenil
Cara Membuat Cireng
Cara Membuat Cendol

Cara Membuat Combro Renyah

Bahan bahan Formula Combro Lezat Renyah serta Isinya

  • Bahan utama yang diperlukan merupakan singkong mutu bagus kurang lebih sebanyak satu kg. Mencuci dahulu hingga bersih kemudian parut singkong dengan parutan biasa sampai halus serta setelah itu peras dulu airnya serta diambil endapannya saja biar dikala digoreng nanti lebih renyah serta lezat.
  • Buah kelapa yang tidak sangat tua kurang lebih sebanyak 100 gr. Parut kelapa pula hingga halus saat sebelum di campur dengan bahan adonan lain.
  • Garam dapur seperlunya cocok selera ataupun kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja. Pakai garam yang memiliki isi yodium biar menyehatkan.
  • Tepung Kanji ataupun diucap pula tepung sagu kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  • Minyak goreng baru mutu bagus seperlunya buat menggoreng serta menumis combronya nanti.
  • Bahan Isian Kue Combro Lezat Pedas
  • Bawang merah dimensi lagi besar sebanyak kurang lebih 2 pcs saja. Kupas kulitnya saat sebelum digunakan.
  • Oncom merah yang dibuat dari fermentasi jamur kurang lebih sebanyak 250 gr saja. Potong kecil kecil kemudian tumbuk/ hancurkan oncom hingga halus saat sebelum dicampur dengan bahan lain.
  • Bawang putih lokal dimensi lagi besar kurang lebih sebanyak 2 pcs saja. Kupas kulitnya saat sebelum digunakan buat bumbu.
  • Merica halus ataupun bubuk kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja.
  • Daun bawang fresh sebanyak 1 pcs saja. Mencuci bersih kemudian potong potong kecil ataupun dirajang.
  • Garam dapur beryodium seperlunya cocok selera.
  • Gula pasir putih seperlunya cocok selera.
  • Buah cabai merah fresh seperlunya cocok selera ataupun kurang lebih sebanyak 4 pcs.

Cara Membuat Combro Oncom Renyah Sederhana

  1. Ambil satu wadah lumayan besar buat tempat adonan Combronya.
  2. Ambil singkong yang telah diparut halus serta diperas airnya kemudian campur dengan parutan buah kelapanya. Aduk aduk dengan memakai tangan ataupun diucap pula diuleni hingga kedua bahan benar benar tercampur rata.
  3. Masukkan tepung kanji ataupun tepung sagu serta garam yang telah dipersiapkan ke dalam wadah diatas. Aduk aduk biar bahan tercampur rata.
  4. Masukkan daun bawang yang telah diiris tadinya ke dalamnya serta aduk aduk lagi biar seluruh bahan tercampur rata.
  5. Tiriskan kembali adonanan diatas sebab serta buang tirisan airnya sebab umumnya masih terdapat sisa airnya.
  6. Ambil satu tempat lagi buat membuat bahan isian kue combro pedas nya.
  7. Haluskan bahan buat membuat isiannya semacam bawang merah, 2 siung bawang putih serta cabai merahnya hingga halus.
  8. Panaskan wajan penggorengan serta beri sedikit minyak buat menumis. Masukkan bumbu diatas serta tumis hingga tercium bau harum. Jangan kurang ingat sesekali diaduk biar tidak gosong.
  9. Masukkan oncom yang telah dihaluskan ke dalam penggorengan kemudian aduk aduk lagi biar tercampur rata.
  10. Masukkan merica halus, gula pasir putih, daun bawang yang telah diiris serta tambahkan garam dapur beryodium. Aduk aduk lagi biar tidak gosong serta tumis seluruh bahan tersebut hingga matang. Angkat isian oncomnya serta diamkan sebentar.
  11. Ambil adonan combro singkongnya seperlunya ataupun kurang lebih sekepalan tangan.
  12. Wujud serta pipihkan adonan tadi kemudian ambil isian combro diatas seperlunya.
  13. Masukkan ke dalam combro yang telah dipipihkan diatas kemudian tutup serta wujud adonan cocok yang di idamkan ataupun umumnya berupa agak lonjong.
  14. Siapkan penggorengan dengan api lagi serta beri minyak goreng baru seperlunya.
  15. Masukkan adonan combro ke dalamnya satu persatu serta goreng hingga matang serta bercorak kecoklatan. Ulangi hingga seluruh bahan habis.

Buat Formula Combro Singkong di atas memanglah terasa agak pedas. Buat sahabat sahabat yang tidak suka pedas ataupun ingin membuat kemilan buat smeua anggota keluarga tercantum anak anak, pemakaian cabai serta merica bia dikurangi cocok selera. Meski metode membuat combro isi oncom diatas lumayan simpel, namun jika permasalahan rasa tidak kalah lho dibanding dengan formula yang terdapat d mal mal. Buat ilham formula kemilan simpel yang lain, silahkan berupaya Formula Misro Manis serta Formula Cakwe Renyah. Demikianlah artikel Cara Membuat Combro Dari berbagai Sumber Google

Related posts

Cara Membuat Ampo, camilan asal Tuban dari tanah liat

CaraBuat

Cara Membuat Soto Ayam Rasa Nusantara

CaraBuat

Cara Membuat Onion Ring crispy dan mudah

CaraBuat

Cara Membuat Bakso Bakar Menggugah Selera Makan

CaraBuat

Cara Membuat Bingka Barandam

CaraBuat

Cara membuat Mendol Tempe Bikin Lidah Bergoyang

CaraBuat

Cara Membuat Keripik Pisang Gurih dan Garing

CaraBuat

Cara Membuat Soto Ayam Kuning Lezat dan Nikmat

CaraBuat

Cara Membuat Gelato Sendiri di Rumah

CaraBuat

1 comment

Cara Membuat Cimol Goreng Empuk - Cara Membuat February 21, 2020 at 3:12 am

[…] Cara Membuat Combro […]

Reply

Leave a Comment