Cara Membuat Headlamp LED Maksimal Saat Hujan
Ide Kreatif Teknologi

Cara Membuat Headlamp LED Maksimal Saat Hujan

Headlamp kendaraan keluaran terbaru baik mobil atau sepeda motor umumnya telah menggunakan teknologi LED. Jenis lampu ini diklaim lebih hemat energi dan memberikan penerangan visual yang lebih baik. Dalam kondisi cerah, headlamp LED sangat membantu penerangan di malam hari.

Lampu LED umumnya menghasilkan cahaya warna putih dan memiliki kelebihan pancaran cahaya lebih terang dengan daya yang lebih rendah. Sebaliknya, lampu bohlam halogen biasa karakter cahayanya berwarna kekuningan dengan konsumsi listrik yang cukup besar.

Kelemahannya, menurut situs Carmudi.co.id karakter warna cahaya yang dihasilkan headlamp LED ternyata tidak sebaik dibandingkan lampu bohlam halogen kala cuaca mendung, hujan atau berkabut. Banyak pemilik kendaraan yang merasa perlu mengubah karakter warna lampu LED kendaraan mereka supaya lebih kuning atau intensitas cahayanya sanggup menembus pekatnya cuaca.

Karakter Cahaya Headlamp LED

Headlamp LED yang terdapat pada kendaraan umumnya memiliki skala 3.800-4.300 Kelvin. Cahaya di bawah 5.000 Kelvin lampu akan menghasilkan warna kuning pijar sampai mendekati clear. Intensitas di atas 6.000 Kelvin maka hasilnya lampu akan berwarna putih.

Semakin tinggi Kelvin maka lampu akan memiliki intesitas yang tajam. Di sisi lain, karakter cahaya warna putih tidak bisa menembus air dan akan memantul. Sementara itu, karakter cahaya warna kuning dianggap kurang terang saat cuaca cerah.

Modifikasi Headlamp LED Murah Meriah

Mengubah karakter warna yang dihasilkan headlamp LED itu tidak mahal kok. Anda bisa kok membuat pancaran cahaya LED bisa tembus kabut dan hujan dengan cara yang murah meriah. Anda tidak perlu sampai mengganti seperangkat lampu dengan LED berwarna kekuningan atau memasang lampu kabut tambahan.

Caranya hanya dengan menempelkan stiker transparan warna kuning. Stiker wrapping yang biasa disebut sebagai scotchlite ini banyak dijual di tukang stiker bodi yang membuka kios di pinggir jalan. Anda bisa memasang stiker ini untuk sementara saat musim hujan atau bahkan permanen.

Harga atau biaya pemasangannya hanya puluhan ribu rupiah. Bila Anda bosan, stiker bisa dikelupas dengan cukup mudah dan headlamp LED akan kembali memancarkan warna putih.
Cara ini sebenarnya sudah banyak digunakan dalam balap ketahanan di luar negeri. Stiker kuning transparan yang terpasang pada headlamp otomatis membuat pancaran cahaya lampu menjadi kuning. Ini membuat pancaran cahaya lampu mampu memembus kabut atau rintik hujan. Cukup mudah dan murah bukan?

Related posts

Cara Membuat Kerajinan Tangan Sangat Berguna

CaraBuat

Cara Membuat Pewangi Pakaian Berbahan Alami yang Tahan Lama

CaraBuat

Cara Membuat Masker Virus Corona

CaraBuat

Cara Membuat Dinding Tampil Lebih Menarik

CaraBuat

Cara Membuat Kamera Pengawas dari Ponsel Bekas

CaraBuat

Cara Mudah Membuat Masker dari Kain Flanel

CaraBuat

Cara Membuat Wax Mobil Sendiri

CaraBuat

Cara Membuat ATM BCA Mudah Sekali

CaraBuat

Cara Membuat Ruangan Kecil Tampak Lebih Besar

CaraBuat

Leave a Comment