Cara Membuat Jakarta Semakin Hijau
Lifestyle

Cara Membuat Jakarta Semakin Hijau

Sebagai ibu kota yang padat, Jakarta membutuhkan ruang terbuka hijau yang memadai. Selain untuk menyegarkan kota dengan menyuplai udara segar dan mengurangi polusi, ruang terbuka hijau juga bisa dijadikan tempat interaksi masyarakat, khususnya yang tinggal di hunian padat.
Anies Baswedan dalam kurun waktu dua tahun kepemimpinannya gencar membangun infrastruktur publik, salah satunya Taman Kota. Taman Kota dapat berupa Taman Maju Bersama atau Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Jadi di Jakarta memang harus memperbanyak RTH dan RTB. Ruang terbuka hijau dan ruang terbuka biru, karena keduanya dibutuhkan di Jakarta. Dan kita akan terus (percantik) bukan saja di danaunya, tapi juga pembersihan di sungai-sungainya,” ujar Anies di Sekolah Exiss ABATA, Srengseng, Jakarta Barat, Selasa (27/2).

Pemprov DKI Jakarta telah menargetkan pembangunan 261 Taman Maju Bersama, sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta 2018-2022.
Anies menegaskan bahwa pembangunan Taman Maju Bersama (TMB) memiliki paradigma yang berbeda dalam pembangunan taman-taman sebelumnya, yaitu Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Meskipun keduanya sama-sama tergolong Ruang Terbuka Hijau (RTH), Taman Maju Bersama lebih variatif, tematik, disesuaikan dengan karakteristik dan luas lahannya, serta dibangun secara kolaboratif bersama masyarakat.

Selain pembangunan Taman Maju Bersama, pada tahun 2019 ini pula, Pemprov DKI Jakarta merevitalisasi Taman Mataram dan Taman Puring, yang merupakan taman berskala besar dengan tetap menjadi lahan untuk retensi air. Nantinya, di sana masyarakat bisa mengakses taman dengan mudah karena integrasi transportasi, serta tentunya ramah bagi alam dan semua kalangan pengunjung dari anak-anak, lansia, hingga difabel.

Anies juga menandatangani Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara pada pada 1 Agustus 2019. Dalam Ingub tersebut, Anies menggalakkan penanaman tanaman berdaya serap polutan tinggi mulai pada tahun 2019, hingga menekankan para pengelola gedung untuk untuk menerapkan prinsip green building. Beberapa tanaman yang ditekankan untuk massif ditanam tersebut misalnya adalah Bougenville, Tabebuya, Sansivera (lidah mertua), dan Sirih Kuning.
Untuk mengajak partisipasi masyarakat dalam menghijaukan Jakarta, Anies juga telah meluncurkan gerakan #200Taman2JutaTanaman untuk melibatkan beragam instansi dan komunitas warga di bidang lingkungan hidup. Dua Juta Tanaman tersebut berupa 500.000 pohon dan 1.500.000 tanaman hias.

Progress penanaman tanaman hias tersebut hingga September 2019 telah mencapai 339.590 tanaman, dan penanaman pohon mencapai 6.787 pohon.
“Ini prinsipnya kolaborasi. Kewenangan membangunnya ada pada Pemprov. Kemampuan anggaran juga ada pada Pemprov. Tapi idenya, solusi-solusi yang dibuat di situ sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan bisa dari masyarakat,” kata Anies.
Harapannya, dengan berbagai upaya yang telah dilakukan tersebut, Jakarta akan semakin hijau dan ramah lingkungan.

Related posts

Cara Membuat Anak Mandiri Sejak Dini

CaraBuat

Cara Membuat Anak Bicara Jujur

CaraBuat

Cara Membuat Pede Para Lansia Nyetir Mobil

CaraBuat

Cara Membuat Anak Tidak Rewel Jika Potong Rambut

CaraBuat

Cara Membuat Pewangi Pakaian Berbahan Alami yang Tahan Lama

CaraBuat

Cara Membuat E-Paspor Mudah Cepat

CaraBuat

Cara Membuat e-KTP Tanpa Surat Pengantar RT/RW

CaraBuat

Cara Membuat Face Scrub Untuk Merawat Wajah

CaraBuat

Cara Berpikir Positif yang Buat Kamu Sukses

CaraBuat

Leave a Comment