Cara Membuat Kue Lumpur
Makanan

Cara Membuat Kue Lumpur Lembut Enaknya Bikin Ngiler

Cara Membuat Kue Lumpur – Keberadaan takjil di bulan Ramadan ini rasanya bagaikan seorang gitaris dengan gitarnya yang tidak bisa dipisahkan. Rasanya bakal kayak ada yang kurang kalau belum mengonsumsi takjil selepas berbuka puasa.

Kebanyakan para penjual takjil hanya menghidangkan menu-menu makanan dan minuman yang itu-itu saja. Nah kalau kamu bosen dengan menu-menu takjil yang ada, kue lumpur surga ini bisa menjadi alternatif pilihan buat takjil saat berbuka puasa.

Hidangan penutup yang berasal dari kota Banjarmasin ini cocok banget buat dijadiin takjil berbuka puasa. Gimana nggak? Cita rasanya yang legit dan gurih dengan tekstur lembut yang bakal lumer di mulut, tentunya akan memanjakan lidah kamu. Sesuai dengan namanya, kue lumpur surga emang punya rasa yang surga banget alias enak banget!

Biar kamu nggak cuma bisa ngebayangin aja, berikut resep dan cara mudah membuat kue lumpur surga

Bahan lapisan hijau:

  1. 3 butir telur
  2. 10 sdm penuh gula pasir
  3. 2 sdm penuh tepung terigu
  4. 125 ml santan
  5. 125 ml air pandan dari 6 lembar daun pandan yang diblender dan disaring
Cara Membuat Buko Pandan
Cara Membuat Kolak Biji Salak
Cara Membuat Bingka Barandam
Cara Membuat Es Kuwut

Bahan lapisan putih:

  1. 400 ml santan
  2. 1 sdm tepung maizena
  3. 1 sdm tepung terigu
  4. 2 sdm penuh gula
  5. Sejumput garam

Cara membuat :

  1. Untuk membuat lapisan hijau pertama kocok telur dan gula hingga larut.
  2. Masukkan santan lalu aduk rata.
  3. Masukkan air pandan dan aduk lagi hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan tepung terigu. Aduk kembali setelah tercampur.
  5. Lalu saring adonan lapisan hijau hingga tidak ada gumpalan yang tersisa.
  6. Panaskan kukusan. Tuang adonan lapisan hijau ke dalam alumunium foil. Kukus selama kurang lebih 15-20 menit.
  7. Angkat dan dinginkan setelah adonan matang.
  8. Untuk membuat lapisan putih pertama, campur semua bahan dalam panci kecil, masak dengan api kecil dan aduk-aduk hingga adonan mengental dan meletup-letup. Matikan api.
  9. Tuang adonan lapisan putih ke dalam alumunium foil yang berisi lapisan hijau yang sudha matang tadi. Lalu kukus kembali selama kurang lebih 10 menit.
  10. Kue lumpu surga pun siap disajikan. Kue ini juga nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin lho. Selamat mencoba!

Diambil dari beberapa sumber google

Related posts

Cara Membuat Kreasi Tempe Beraneka Rasa bro

CaraBuat

Cara Membuat Kerang Lada Hitam

CaraBuat

Cara Membuat Brokoli Goreng Sendiri di Rumah

CaraBuat

Cara Membuat Sate Kambing Empuk dan Nikmat

CaraBuat

Cara Membuat Camilan Ubi Yang Menggiurkan

CaraBuat

Cara Membuat Kue Lapis Legit Buat Teman Ngopi

CaraBuat

Cara Membuat Pasta Ala Luar Negri

CaraBuat

Cara Buat Popcorn Bioskop Renyah Anti Gosong

CaraBuat

Cara Membuat Kue Kacang Pas Buat Lebaran

CaraBuat

1 comment

Cara Membuat Kembang Goyang - Cara Membuat March 13, 2020 at 6:25 am

[…] Cara Membuat Kue Lumpur  […]

Reply

Leave a Comment