Cara membuat Kue Untuk Menghilangkan Stres
Makanan

Cara membuat Kue Untuk Menghilangkan Stres

Ada banyak cara yang biasa dilakukan untuk mengurangi stres; mendengarkan musik, meditasi, atau makan makanan favorit. Menariknya, beberapa orang juga kerap memanggang kue untuk meredakan stres.

Pada tahun 2015, sebuah survei yang dilakukan oleh perusahaan Cake Angels menemukan, 80 persen dari dari orang-orang yang stres menjadikan kegiatan membuat kue sebagai pelepas stres.

Ternyata, memanggang kue memang memberikan dampak positif terhadap psikologi kita. Menurut Professor Donna Pincus, associate profesor ilmu psikologis dan otak di Boston University, memanggang kue menjadi sarana orang untuk mengekspresikan sisi kreatif mereka.

“Banyak literatur yang menunjukkan adanya hubungan antara ekspresi kreatif dan perilaku keseluruhan. Ada penghilang stres yang didapat orang dari kegiatan-kegiatan yang jadi cara untuk mengekspresikan diri tersebut,” jelasnya seperti dikutip dari Huffington Post.

Memanggang kue juga sangat bagus untuk memfokuskan pikiran, sebab kita membutuhkan takaran yang pas saat membuat kue. Kita juga harus menambahkan tiap-tiap bahan dengan urutan yang tepat supaya adonan kue bisa mengembang dengan baik.

Memiliki fokus penuh pada resep dan mencoba tak terdistraksi akan memberikan efek terapeutik pada pikiran. Konsentrasi saat membuat kue ini akan menciptakan mindfulness.
Momen mindfulness ini akan membuat stres berkurang, dan membantu menghilangkan pikiran-pikiran sedih.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dr. Mary McNaughton-Cassill, psikolog klinis dan profesor psikologi di University of Texas, San Antonio. Tahap-tahap menambahkan rasa, mengubah warna, membentuk adonan kue, akan memicu sensor kita.

Selain itu, aroma dari bahan-bahan yang dipakai –seperti vanila, atau rempah-rempah– cenderung mengingatkan kita akan momen-momen bahagia. Aroma yang familiar berhubungan khusus dengan bagian otak yang mencakup emosi serta memori.

“Mencampurkan berbagai bahan dan melihat adonan mengembang saat dipanggang akan menciptakan kepuasan tersendiri,” ungkap Dr. Mary McNaughton-Cassill seperti dilansir Delish.

Nah, ketika kita membuat kue untuk orang lain, kegiatan tersebut juga bisa jadi cara terbaik untuk mengekspresikan perasaan. Menurut penjelasan Susan Whitbourne, profesor ilmu psikologi dan otak di University of Massachusetts, makanan bisa mengkomunikasikan apa yang ingin kita katakan.
Hal ini akan sangat membantu untuk orang-orang yang kesulitan mengekspresikan rasa terimakasih, apresiasi, atau simpatinya ke orang lain.

Membuat kue untuk orang lain juga akan meningkatkan perasaan bahagia, dan membuat kita seperti telah melakukan sesuatu yang baik. Bisa jadi, setelah memanggang kue, makna hidup dan koneksi kita dengan orang lain jadi lebih meningkat.

Related posts

Cara Membuat Mie Ayam Ala emak Emak

CaraBuat

Cara Membuat Nasi Goreng Pedas

CaraBuat

Cara Membuat Oreo Strawberry Kue Bolu Rasa Kekinian

CaraBuat

Cara Membuat Donat JCO Rasa Asli

CaraBuat

Cara Membuat Daging Teriyaki Rasa Jepang

CaraBuat

Cara Membuat Manisan Salak Seger Nga Asem

CaraBuat

Cara Membuat Puding Roti Enak made in Emak Emak

CaraBuat

Cara Membuat Steak Selat Solo Menggugah Selera

CaraBuat

Cara Membuat Kebab Berbagai Rasa dan Isi

CaraBuat

Leave a Comment