Cara Membuat Kulit Ayam Goreng Krispi
Makanan

Cara Membuat Kulit Ayam Goreng Krispi

Cara Membuat Kulit Ayam Goreng Krispi – Ayam adalah bahan masakan yang paling mudah dikreasikan, tak heran jika ayam kerap hadir di meja makan sebagai hidangan sehari-hari. Digoreng, digulai, dibakar, ataupun dipanggang menjadi beberapa cara pengolahan yang membuat sajian ayam semakin terasa sedap; dari daging terdalam hingga kulit terluar.

Selain dagingnya, kulit ayam menjadi bagian yang juga banyak disukai orang. Coba saja, pernahkan kamu bertengkar atau sekadar ngambek karena temanmu mengambil kulit ayam goreng? Ya, enggak heran sih, soalnya cita rasa kulit ayam goreng yang gurih, kaya bumbu dan krispi dengan sensasi ‘kriuk’ memang bisa bikin ketagihan.

Dalam menyajikan kulit ayam goreng yang krispi dan tahan lama memang tidak mudah, lho. Mulai dari pemilihan ayam, bumbu, jenis tepung hingga proses menggorengnya adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan. Namun tak perlu khawatir, berikut kumparanFOOD berikan tipsnya khusus buat kamu seperti dilansir dari The Kitchn, simak yuk!

  1. Ayam segar
    Hal yang harus benar-benar kamu perhatikan dari semuanya adalah kesegaran ayam. Pemilihan bahan ayam yang masih segar sangat mempengaruhi cita rasa dari ayam gorengmu, begitupun jika kamu hanya ingin menggoreng kulitnya maka pilihlah yang segar.Rendam dengan aneka rempah
  2. Rendam dengan aneka rempah
    Langkah selanjutnya, setelah kulit ayam yang segar tadi sudah dibersihkan jangan lupa untuk memberikan bumbu. Agar cita rasanya gurih alami tanpa MSG, kamu bisa mencampurkan rempah seperti; garam, lada putih, lada hitam, daun basil kering, seledri, mustard kering, garam atau bubuk bawang putih, bubuk jahe, oregano, bubuk paprika, dan thyme sebagai bumbu marinasinya. Kesebelas rempah tersebut juga menjadi rahasia kenikmatan dari ayam goreng KFC, lho.
  3. Gunakan putih telur atau tepung jagung untuk lapisan yang lebih renyah
    Untuk membuat ayam goreng yang krispi tentunya membutuhkan tepung sebagai pelapisnya. Namun, selain tepung ayam goreng serba guna yang mudah ditemukan di pasaran, putih telur atau tepung jagung juga bisa menjadi pelapis kulit goreng agar terasa semakin renyah.
    Tekstur putih telur yang lengket dapat menjadi lem alami agar tepung menempel sempurna dengan kulit ayam, sementara tepung jagungnya mampu menambah tekstur ayam semakin krispi ketika dimakan.
  1. Goreng dengan teknik deep fry
    Setelah kulit ayam dimarinasi dengan bumbu dan dilapisi tepung, tahap selanjutnya adalah menggoreng. Nah, ketika menggoreng pastikan wajan milikmu cukup dalam karena untuk membuat kulit ayam goreng yang renyah membutuhkan teknik deep frying dengan jumlah minyak yang banyak.
  2. Tiriskan minyak
    Ketika semua kulit ayam telah digoreng sebaiknya jangan langsung disantap, karena menggunakan teknik memasak deep fry maka banyak minyak yang terserap, dan tentu ini kurang baik untuk kesehatan. Jadi, ada baiknya tiriskan terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit hingga minyak turun, barulah kulit ayam goreng krispi buatanmu siap disajikan. Selamat mencoba!

Related posts

Cara Membuat Resep Agar Agar Sehat dan Lezat

CaraBuat

Cara Membuat Butter Cream Lezat Aneka Rasa

CaraBuat

Cara Membuat Menu Sahur Tidak Bikin Bosan

CaraBuat

Cara Membuat Sushi Menggugah Selera Makan

CaraBuat

Cara Membuat Brokoli Goreng Sendiri di Rumah

CaraBuat

Cara Membuat Olahan Jambu Biji

CaraBuat

Cara Membuat Nasi Goreng Pedas

CaraBuat

Cara Membuat Abon Ikan Berasa Ikannya

CaraBuat

Cara Membuat Serundeng Gurih dan Tahan Lama

CaraBuat

Leave a Comment