Cara Membuat Planning yang Realistis
Lifestyle

Cara Membuat Planning yang Realistis

Sebagai seorang entepreneur kamu harus mengerti betul sobat, jika tanpa perencanaan yang baik maka kamu akan sangat susah menentukan kemana arah bisnis kamu sobat. Planning yang merupakan salah satu dari 4 fungsi manajemen adalah rancangan pengambilan keputusan terkait tindakan apa yang akan dilakukan pada beberapa jangka waktu ke depan atau masa depan dengan berbagai alternatif tertentu.

Dengan perencanaan yang matang kamu dapat memulai perjalanan bisnis kamu sobat untuk mencapai tujuan yang telah kamu tetapkan. Lalu seringkali timbul pertanyaan bagaimana cara membuat planning yang baik dan dapat dilakukan?

Gunakan SMART ketika membuat goals kamu!

Apa itu SMART? SMART adalah tools sederhana untuk membantu kamu membuat planning, singkatan dari SMART adalah :

Spesific : Buatlah perencanaan yang spesifik karena hal itu dapat membantu kamu menahkodai bahtera bisnis kamu dikarenakan kamu tahu betul kemana bisnis tersebut akan kamu bawa. Contoh “Saya ingin membuat penjualan meningkat 80% dalam waktu 6 bulan”

Measureable : Selain spesifik perencanaan yang kamu buat haruslah dapat diukur, karena dengan begitu kamu dapat mengerti sobat apakah rencana kamu berhasil atau tidak. Contoh rencana yang dapat diukur adalah seperti rencana sebelumnya dimana 80% adalah tolak ukur rencana peningkatan penjualan yang ingin dicapai

Attainable : Membuat rencana yang dapat dicapai adalah salah satu kuncinya, jangan membuat rencana yang berlebihan sehingga akhirnya hanya membuat kamu kecewa ketika kamu tidak dapat mencapainya sobat, dengan membuat rencana yang dapat dicapai dan sedikit menantang kamu, kamu akan menjadi lebih antusias dalam menggapai tujuan tersebut.

Relevant : Tujuan yang kamu buat harus sesuai dengan visi atau misi bisnis atau hidup kamu sobat, jika tidak semangat yang tertanam saat kamu menjalankan rencana tersebut akan sedikit berkurang.
Time : “Saya ingin membuat penjualan meningkat 80% dalam waktu 6 bulan”, dalam kalimat tujuan tersebut terdapat ukuran waktu yang dapat dicapai, yakni dalam waktu 6 bulan. Begitu pula dengan kamu sobat, ketika membuat rencana kamu harus menetapkan berapa lama rencana tersebut akan kamu gapai, karena dengan begitu kamu dapat terus memperbarui rencana kamu dan terus berkembang.

Nah, jadi itu tools SMART yang kamu bisa gunakan dalam perencanaan bisnis atau hidup kamu sobat!

Related posts

Cara Membuat SIM Internasional Bisa Untuk 188 Negara

CaraBuat

Cara Membuat Taman Sendiri

CaraBuat

Cara Membuat Penjualan Pertama

CaraBuat

Cara Membuat CV Agar Menarik Perhatian HRD

CaraBuat

Cara Membuat Face Scrub Untuk Merawat Wajah

CaraBuat

Cara Membuat Ruangan Kecil Tampak Lebih Besar

CaraBuat

Cara Membuat Bibir Merah Secara Alami

CaraBuat

Cara Membuat Jakarta Semakin Hijau

CaraBuat

Cara Membuat Lemari Pakaian Tetap Wangi

CaraBuat

Leave a Comment