Cara Membuat Resep Kunafa
Makanan

Cara Membuat Resep Kunafa Khas Arab

Cara Membuat Resep Kunafa – Saat berbuka puasa memang paling enak menyantap berbagai hidangan. Mulai dari pembuka, makanan utama, hingga makanan penutup. Di Arab Saudi, ada hidangan wajib untuk pencuci mulut, yaitu kunafa. Hidangan manis ini menjadi favorit saat buka puasa. Kunafa sendiri dapat dibuat dengan beragam bahan yang disesuaikan dengan kesukaan masing-masing. Tiap keluarga bisa memiliki kunafa yang berbeda.

Kunafa sendiri kudapan yang bisa dimakan saat panas atau dingin. Kunafa merupakan makanan berbahan dasar tepung cair yang difermentasi. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang koki profesional, Huda Abdelkader. Bukan cuma tepung, beberapa bahan lain juga menjadi komponen pelengkap.

“Tambahkan tiga cangkir susu dalam mangkuk dengan api sedang, dan kemudian tambahkan tiga sendok teh biasa empat dan tiga sendok teh tepung jagung,” ungkap Huda seperti brilio.net kutip dari khaleejtimes.

Aduk aduk rata, lalu tambahkan empat sendok teh gula, tambahnya. “Aduk campuran lagi, dan tambahkan 1,5 bungkus segitiga keju bekatul jika mau. Campur dan pastikan tidak ada gumpalan keju, dan kemudian renggangkan dan buka 500 gram kunafa, tambahnya.

“Potong kunafa dengan gunting, lalu letakkan kunafa di food processor dan blitz sampai berubah menjadi potongan-potongan kecil,” terang Huda.

Setelah itu, Huda menambahkan kunafa juga dilengkapi dengan mentega sebanyak 250 gram mentega tawar dan buat mentega ke dalam kunafa. Sebelumnya, rendam tangan dalam air dingin dan tepuk-tepuk isinya dengan merata. Tak lupa, isi kunafa untuk menambah cita rasa.

Huda Abdelkader mengatakan seseorang harus menepuk Kunafa untuk mengamankan isinya. Kemudian panggang kunafa dengan suhu lebih dari 180 derajat sampai menjadi sedikit keemasan, selama sekitar 30 hingga 45 menit.”

Setelah keluar dari oven, segera tuangkan sirup gula dingin secara merata di atas Kunafa yang panas, biarkan dingin hingga suhu kamar, balikkan ke piring saji. Kemudian potong Kunafa menjadi kotak, katanya. “Jika menggunakan kismis dan kenari, taburkan lapisan rata di atas Kunafa dengan kayu manis dan gula, tutup dengan sisa setengah Kunafa, dan tekan dengan lembut.”

Kunafa kemudian dapat disajikan panas, hangat, atau dingin, katanya. “Keju dapat ditambahkan atau tidak ke Kunafa, dan juga orang dapat menambahkan lebih banyak atau lebih sedikit gula atau sirup.”

Cara Membuat Menu Sahur
Cara Membuat Kue Berbahan Kurma
Cara Membuat Sup Ayam Aneka 
Cara Membuat Sambal Goreng Ati
Cara Membuat Kue Basah

Cara Kedua Cara Membuat Resep Kunafa

Pertama makan dibelikan suami di Madinah. Sepertinya memang dijumpai di negri timur tengah. Renyah, bentuk luarnya seperti mi hun, tetapi dalamnya krim yang lembut. Kue yang manis dan enak! Sekali makan nggak mau berhenti rasanya..

Ternyata penyebutannya banyak juga.. Kunafah, konafa, kanafeh, apa lagi ya.. Yang jelas bahasa arabnya kunafah (كنافة). Kalau umroh, coba cicip deh…
Jadi kunafah ini juga termasuk pastry. Bahasa inggrisnya shredded phyllo pastry. Bahasa arabnya kunafah. (Cara membuat adonan kunafah mentahnya bisa dilihat di sini http://youtu.be/NV19r48LtwA ). Suami biasa membeli kunafah (yang sudah jadi ada krim di tengahnya) di math’am (restoran) Jabal Raidan (جبال ريدان) . Harganya 10 real ukuran lingkaran diameternya berapa ya.. Mungkin 20 cm. Dan ternyata Jabal Raidan menjual kunafah mentahannya. Harganya cuma 6 real dapet 1 kg! Lumayan juga untungnya kalau hasilnya dijual 10 real. Eits, jadi mikirin bisnis hehehe.. Ini dia kunafah yang kupakai..

Yaaa lebih untung buat sendiri memang.. Dari dulu awal di madinah suami memberitahu ada yang jual kunafah mentah. Tapi nggak tau cara buatnya. Setelah hampir 2 tahun, akhirnya aku membuatnya! Senang sekali rasanya. Dan ternyata tidak begitu susah dan tidak gampang-gampang juga. Ada aja salahnya setiap aku membuat kunafah. Dan akhirnya, 1 kg kunafahpun sudah habis dibuat semua alhamdulillah…

Sayangnya, sepertinya di indonesia jarang sekali dijual bahan kunafah ini.. Mungkin ada di toko-toko yang jual bahan makanan impor. Huhuhu bingung deh nanti kalau di indonesia gimana buat ini yaa.. Semoga nanti semakin banyak yang jual.. Aamiin..

Baiklaah,, Ini dia resep yang kupakai..
Aku menemukan resepnya di blog cleobuttera.com. Ini kunafah yang dioven. Kalau kita ke restoran yang menjual kunafah, biasanya mereka membuatnya di atas kompor. Kalau buat di kompor sepertinya ada loyang khususnya. (Yang penasaran bagaimana cara membuatnya di atas kompor, bisa tonton di sini (klik) )

  • Pertama.. Kita buat air gula dulu.. Hanya masak 1 cup air dengan 2 cup gula. Bisa juga ditambah essense vanila. Empunya resep bilang, air gula ini bisa bertahan 7 hari di kulkas.
  • Lalu kita buat krim dalamnya.. Kita siapkan :
  • Susu cair 2 cup
    Gula 2 sdm (sesuai selera. Kalau kurang manis bisa tambah)
    Tepung maizena 4 sdm

Cara buatnya :

  • Panaskan susu dan gula di panci, sisakan sedikit susu untuk melarutkan tepung maizena.
  • Setelah mendidih, kecilkan api dan tuang larutan maizena. Aduk” sampai mengental. Kemudian besarkan lagi apinya dan aduk terus sekitar 1 menit. Gelembung yang dihasilkan akan besar-besar. Kalau masih kecil-kecil gelembungnya bisa ditambah larutan maizena lagi.
  • Matikan api. Krim masih agak cair setelah api dimatikan dan akan lebih kental lagi setelah dingin.

Biasanya sebelum tidur malam aku membuat krimnya. Jadi besok tinggal buat kunafahnya dengan air gula dan krim yang sudah dingin dan kental. Tapi pernah juga lagi buru-buru buat, krim masih panas. Mau tuang ke kunafahnya takut rembes ke loyang. Akhirnya dituang dikit-dikit pakai sendok alhamdulillah bisa dan langsung mengental krimnya. Jadi nggak perlu buat dan nunggu lama agar mengental krimnya.

⛔️ Kesalahan yang pernah kulakukan:
🔺 Aku membuat larutan maizena dengan susu yang sudah mendidih.. Jadilah maizenanya mengental duluan hehehe.. Untuk kalian yang pemula sepertiku dalam masak memasak, larutkan maizena dengan air biasa ya!

🔵 Untuk kunafahnya, aku tidak terlalu mengikuti resep banyak kunafahnya.. Di resep 450 gram. Tapi karena suami suka yang tidak terlalu tebal kunafahnya jadi cuma 200 gram saja. Namun tetap dengan krim yang mengikuti resep asli.

🔹Masukan 200 gram kunafah ke dalam mangkuk, beri minyak sedikit-sedikit dan aduk dengan tangan sampai semua adonan kunafah terkena minyak (tambah lagi minyaknya jika masih ada yg kering). Sekarang terlihat kunafahnya mengkilat *cling cling

🔹Oh iya, panaskan oven ya! 200 derajat celcius.

🔹Olesi loyang dengan mentega, tuang 2/3 adonan ke loyang dan ratakan dan tekan-tekan ke seluruh permukaan loyang. Buat juga di pinggir loyang ya! Sehingga krimnya nanti tidak mengenai loyang. Menekan kunafah bisa dengan tangan atau bantuan sendok dan gelas takaran. *ups maaf yaaa ini lagi nggak rapi kunafah di bagian pinggirnya hehe.. Jangan ditiru yaa…

🔹Tuang krimnya di atas kunafah.. Dan ratakan dengan sendok. Hati-hati ya ketika meratakannya. Karena krimnya bisa menyeret kunafah ke mana-mana.

🔹Setelah rata semua, tuang sisa kunafah di atas krim tadi. Disini butuh kehati-hatian juga karena kita tidak bisa menekan-nekan kunafah seperti di dasar loyang. Ratakan kunafah hingga tertutup semua krimnya.

🔹Oven deh.. Aku biasa oven sampai 30 menit. Setelah 30 menit, bisa buka oven dan lihat jika pinggiran kunafah warnanya kurang kuning keemasan, oven lagi.. Biasanya bagian atas lebih muda warnanya dari pinggirannya. Jad diakhir biasanya aku nyalakan oven api atas beberapa menit agar warna kunafah bagian atas juga cantik.

🔹Keluarkan dari oven, daan,, tuang air gula di atasnya (aku dengan sendok dikit-dikit).

🔹 Setelah dingin, siap disantap deh.. Jangan lupa baca bismillah sebelum makan yaaa.. Selamat menikmati renyah-lembutnya kunafah 😊

Oh iya, untuk isi kunafah, ternyata banyak variasinya juga lho.. Bisa pakai cream kalengan, atau isi nutella, kasi keju atau mozarella, hmmm jadi pengen nyoba variasi lainnya..

Semoga bermanfaat yaa.. Kalau ada yang berhasil, kabarin yaaa ^^
Selamat mencoba..

Demikianlah Cara Membuat Resep Kunafa di salin dari beberapa sumber google

Related posts

Cara Membuat Tahu Isi Ayam, Camilan untuk WFH

CaraBuat

Cara Membuat Waffle Mie Dari Mie Instan

CaraBuat

Cara membuat Memasak Dada Ayam

CaraBuat

Cara Membuat Makanan Khas Jawa Barat

CaraBuat

Cara Membuat Kentang Kukus Enak dan Mudah Buatnya

CaraBuat

Cara Membuat Masakan Ayam Empuk dan Enak Tenan

CaraBuat

Cara Membuat Masakan Kacang Panjang

CaraBuat

Cara Membuat Bolu Panggang Beraroma

CaraBuat

Cara Membuat Masakan Manado

CaraBuat

Leave a Comment