Cara Membuat Rumah Lebih Nyaman
Lifestyle

Cara Membuat Rumah Lebih Nyaman & Tenang

Cara Membuat Rumah Lebih Nyaman & Tenang – Apa yang Anda rasakan ketika masuk ke dalam rumah? Senang, tenang, atau justru membuat Anda stres?

Apapun yang Anda alami di luar sana, seharusnya rumah bisa menjadi tempat untuk mendapatkan ketenangan. Oleh karena itu, Anda harus mengatur dekorasi rumah sedemikian rupa agar tidak menambah beban dan energi negatif bagi tubuh dan pikiran.

“Rumah Anda harusnya bisa mendukung dan menenangkan Anda atau justru sebaliknya, bisa membuat Anda kehabisan energi dan stres,” ungkap Christa O’Leary, desainer interior, conscious living expert, sekaligus CEO dan pendiri dari Home and Harmony Lifestyle.
Ia berpendapat bahwa dalam dunia yang rumit, kita perlu memiliki tempat untuk menenangkan diri. Dan rumah kita harusnya bisa menjadi opsi pertama.
Untuk bisa mendapatkan rumah yang nyaman dan memberikan ketenangan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah memberikan dekorasi yang tepat pada setiap ruangan. Seperti apa caranya?

Berikan dekorasi pada setiap ruangan
Ingatlah bahwa setiap ruangan di rumah memiliki makna dan fungsi penting bagi Anda. Termasuk gudang dan kamar tamu yang mungkin jarang kita kunjungi jika sedang tidak ada keperluan.
Karena merasa ruangan tersebut tidak penting, seringnya kita tidak akan mempedulikan apapun yang ada di dalamnya. Barang dibiarkan menumpuk, debu tidak dibersihkan, hingga jendela yang tak pernah dibuka. Kondisi seperti ini bisa memberikan efek negatif pada si pemilik rumah. Sebab Anda tahu ada yang tidak beres, namun malas membersihkannya karena kondisinya sudah terlalu buruk.
Oleh karena itu, anggap semua ruangan di rumah Anda penting. Meski tidak ditempati atau tidak dibutuhkan, bersihkan secara berkala, berikan dekorasi pada ruangannya agar ruangan tersebut terasa ‘hidup’.

Pilih warna yang tepat

Tahukan Anda jika cat rumah bisa mempengaruhi kondisi psikologi Anda? Menurut Claire Bond, seorang terapis warna asal Afrika Selatan, warna memiliki kekuatan tersendiri yang memiliki pengaruh pada otak dan tubuh manusia. Misalnya saja seperti warna hijau muda yang memiliki efek menenangkan.
Karena itu, warna ini sangat cocok digunakan untuk mendesain kamar. “Setelah lelah bekerja seharian, pikiran Anda akan menjadi lebih rileks saat melihat warna hijau muda pada ruangan,” lanjut Claire.
Ia menyarankan agar tidak berlebihan, Anda tidak perlu mengecat semua bagian ruangan, cukup di salah satu sisi ruangan saja. Kemudian padukan dengan furnitur bernuansa putih agar ruang tidur Anda terlihat lebih modern.

Hindari memajang sesuatu yang mengingatkan akan hal buruk

Kenangan buruk kadang bisa muncul karena berbagai hal. Beberapa diantaranya adalah lewat foto atau pajangan yang memiliki histori tertentu.
Untuk menghindari suasana yang sedih dan galau di rumah, hindari untuk memajang foto atau barang lain yang bisa mengingatkan kembali pada masa-masa buruk. Misalnya memajang foto mantan kekasih atau tetap menyimpan barang dari orang lain yang pernah menyakiti Anda.

Dekor rumah dengan beberapa quotes menginspirasi
Dekorasi untuk Membuat Tampilan Interior Rumah Tampak Baru Foto: Instagram @freshome
Setiap orang membutuhkan inspirasi masing-masing yang kadang bisa kita dapatkan dari area tempat kita tinggal. Salah satunya adalah pemikiran-pemikiran positif.
Pemikiran positif ini bisa kita ciptakan dengan memajang papan bertuliskan quotes positif dalam berbagai model desain. Tak hanya untuk mempercantik ruangan, quotes ini juga akan memberikan energi baik bagi siapa saja yang membacanya saat sedang di rumah Anda.

Letakkan tanaman hijau atau bunga di dalam ruangan
Pemilihan tanaman sebagai salah satu dekorasi rumah ternyata bukan tanpa alasan. Sebuah studi baru menyatakan bahwa menambahkan tanaman di dalam rumah bisa meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bagi penghuninya.
Selain untuk mempercantik dekorasi ruangan, tanaman juga dapat meningkatkan kualitas udara, mendetoks racun, partikel-partikel kecil, dan debu di udara. Oleh karena itu, letakkan tanaman hijau di setiap sudut ruangan. Anda bisa memilih tanaman gantung atau bahkan bunga untuk memberikan variasi dekorasi yang beragam.

Perbanyak ruangan terbuka
Percaya atau tidak, banyaknya ruangan terbuka dalam rumah bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih sehat dan tenang. Karena udara yang terperangkap di dalam rumah bisa lebih berbahaya daripada udara di luar ruangan. Untuk itu, pastikan jendela berfungsi dengan baik agar Anda bisa membukanya setiap hari dan membuat sirkulasi udara di dalam rumah berjalan dengan baik.
Apabila Anda membangun rumah sendiri, usahakan untuk membuat ruangan terbuka yang bisa membiarkan cahaya dan udara alami masuk ke dalam rumah.

Letakkan barang sesuai dengan tempatnya
Jika Anda sering kebingungan mencari kunci kendaraan atau gunting kuku di rumah karena suka meletakkannya secara sembarangan, maka mulai investasikan waktu untuk mengatur benda-benda kecil seperti itu dengan memberikan mereka tempat sendiri. Manfaatkan toples kecil atau mangkuk khusus untuk meletakkan barang-barang kecil yang mudah hilang di rumah.
Hal yang satu ini juga diperlukan disiplin yang tinggi. Sebab kadang tempatnya sudah ada, namun kita sebagai pemilik rumah yang masih suka sembarangan meletakkan barang. Biasakan diri untuk meletakkan segala sesuatu pada tempatnya agar kita tidak panik, kebingungan, dan stres mencari barang di rumah. Ladies, siap menata ulang dekorasi rumah agar lebih nyaman?

Related posts

Cara Mengatasi Pertengkaran Buat Pasangan

CaraBuat

Cara Membuat Kesan Pertama yang Baik pada Relasi Kerja

CaraBuat

Cara Membuat Nyaman Berlibur Agar Tidak Bete

CaraBuat

Cara Membuat Bisnis Plan Sesuai Perencanaan

CaraBuat

Cara Membuat Lemari Pakaian Tetap Wangi

CaraBuat

Cara Membuat Mobil Kinclong

CaraBuat

Cara Membuat Masker Tomat Untuk Kesehatan Wajah

CaraBuat

Cara Membuat Tampilan Makeup Watercolor

CaraBuat

Cara Membuat SIM Internasional Bisa Untuk 188 Negara

CaraBuat

Leave a Comment