Cara Membuat si Kecil Bersendawa
KESEHATAN

Cara Membuat si Kecil Bersendawa

Sendawa merupakan hal penting pada bayi. Bersendawa membantu menyingkirkan udara yang cenderung ditelan si Kecil saat menyusu. Dia bisa muntah atau rewel karena tidak sering bersendawa dan menelan terlalu banyak udara.

Tepukan lembut berulang-ulang di punggung si Kecil dapat memudahkan dia bersendawa. Genggam tangan Moms saat menepuk karena tepukan yang dilakukan dengan tangan menggenggam lebih lembut pada bayi daripada tepukan dengan telapak tangan yang rata. Letakkan handuk di bawah dagu si Kecil atau di bahu Moms untuk mengantisipasi jika ada makanan keluar saat si Kecil bersendawa.

Cobalah posisi bersendawa yang berbeda untuk Moms dan si Kecil. Pilihlah yang menurut Moms paling baik dari tiga metode ini:

Duduk tegak dan pegang si Kecil di dada Moms. Dagunya harus bersandar pada bahu Moms saat Moms menopang si Kecil dengan satu tangan. Dengan tangan yang lain, tepuk punggung si Kecil dengan lembut. Duduklah di kursi goyang dan goyang lembut dengan si Kecil saat Moms melakukan hal ini juga dapat membantu.

Pegang si Kecil dalam keadaan duduk di pangkuan Moms atau di atas lutut. Dukung dada dan kepalanya dengan satu tangan dengan memegang dagu si Kecil di telapak tangan Moms. Letakkan tumit tangan Moms di dada si Kecil. Akan tetapi, berhati-hatilah untuk memegang dagu si Kecil, bukan tenggorokannya. Gunakan tangan yang lain untuk menepuk punggung si Kecil.
Baringkan si Kecil di pangkuan Moms di atas perutnya. Dukung kepala si Kecil dan pastikan itu lebih tinggi dari dadanya. Tepuk punggung si Kecil dengan lembut.

Jika si Kecil tampak rewel saat menyusu, hentikan sesi menyusui tersebut dan biarkan dia bersendawa sebelum mulai menyusu lagi. Cobalah membuat si Kecil bersendawa setiap dia minum 2 hingga 3 ons (60-90 ml) susu botol dan setiap kali Moms mengganti payudara jika Moms menyusui.
Cobalah membuat si Kecil bersendawa setiap dia meminum satu ons susu botol atau setiap lima menit selama menyusui jika si Kecil:

  • Cenderung memiliki banyak gas di perutnya
  • Sering meludah
  • Memiliki penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD)
  • Tampaknya rewel saat menyusu

Jika si Kecil tidak bersendawa setelah beberapa menit, ubah posisinya dan coba sendawa beberapa menit sebelum menyusu lagi. Selalu buat dia sendawa ketika waktu menyusui berakhir.
Untuk mencegah agar susu tidak naik lagi, jaga si Kecil tetap tegak setelah menyusui selama 10 hingga 15 menit, atau lebih lama jika si Kecil muntah atau mengalami GERD. Akan tetapi, jangan khawatir jika si Kecil sering muntah. Mungkin hal tersebut akan lebih tidak menyenangkan bagi Moms daripada bagi si Kecil.

Terkadang, si Kecil terbangun karena memiliki banyak gas dalam tubuhnya. Membuat si Kecil bersendawa mungkin akan membuatnya tidur kembali. Saat si Kecil bertambah besar, jangan khawatir jika dia tidak bersendawa selama atau setelah setiap menyusui. Biasanya, itu berarti si Kecil telah belajar makan tanpa menelan udara berlebih.
Bayi dengan kolik (3 jam atau lebih sehari terus menangis) mungkin memiliki gas dari menelan terlalu banyak udara selama menangis keras, yang dapat membuatnya semakin tidak nyaman. Menggunakan tetes anti-gas belum terbukti efektif untuk mengobati kolik atau gas. Tambahan pula, beberapa obat-obatan ini bisa berbahaya bagi si Kecil.

Related posts

Minyak Kutus Kutus, Produk Healing Oil yang Manjur Menyembuhkan Beragam Penyakit Kronis

CaraBuat

Cara Membuat Disinfektan yang Ampuh Usir Corona

CaraBuat

Khasiat Minyak Kutus-Kutus untuk Bayi, Atasi Berbagai Gangguan Kesehatan

CaraBuat

Sudah Tahu Manfaat Minyak Kutus-kutus untuk Kesehatan Bayi?

CaraBuat

Cara Membuat Disinfektan dari Bahan Dasar Alkohol

CaraBuat

Minyak Kutus Kutus, Satu Minyak dengan Sejuta Manfaat untuk Sekeluarga

CaraBuat

JATUH CINTA SAMA MINYAK KUTUS KUTUS

CaraBuat

Cara Membuat Hand Sanitizer dari Daun Kersen

CaraBuat

Jadi Andalan Para Ibu, Ini 14 Manfaat Minyak Kutus Kutus

CaraBuat

Leave a Comment