Cara Membuat Telur Asin di Rumah
Makanan

Cara Membuat Telur Asin di Rumah

Cara Membuat Telur Asin di Rumah – Di berbagai buku resep masakan yang menghadirkan olahan makanan tradisional, pasti kamu sering menemukan modifikasi olahan telur asin, bukan?

Ya, telur asin memang merupakan salah satu olahan telur yang cukup populer dan banyak dijumpai di berbagai tempat makan. Sesuai namanya, makanan khas Brebes, Jawa Tengah, yang terbuat dari telur bebek ini memiliki rasa asin gurih yang cukup mendominasi.

Rasa asin gurih inilah yang membuat olahan telur khas Brebes, Jawa Tengah ini digemari banyak orang. Ditambah kuning telurnya yang masir dan berminyak gurih, telur asin sangat nikmat disantap bersama sepiring nasi hangat yang masih mengepul.

Selain nikmat disantap sebagai lauk, beberapa tahun belakangan telur asin juga sangat populer diolah menjadi saus pelengkap nan kekinian. Bahkan, sajian berpadu saus telur asin yang lembut selalu masuk ke dalam jajaran menu andalan di banyak restoran dan kafe modern.

Resep masakan berbahan dasar telur asin yang diolah secara kekinian pun mulai bermunculan. Tekstur saus telur asin atau populer disebut dengan salted egg yang creamy dan gurih sangat cocok dikombinasikan bersama aneka sajian. Mulai dari chicken popcorn nan renyah, seafood, hingga aneka camilan dan keripik renyah.

Di balik cita rasanya yang menggugah, ternyata proses pembuatan telur asin terbilang cukup rumit dan menyita banyak waktu. Untuk membuat telur asin yang enak, dibutuhkan setidaknya beberapa bahan seperti telur bebek, garam kasar, batu bata halus, dan abu gosok. Tak cukup disitu, telur harus didiamkan selama beberapa minggu agar rasa asinnya dapat menyerap lebih maksimal.
Namun bukan berarti kamu tak dapat membuat telur asin sendiri, lho. Ada satu teknik mudah yang dapat dilakukan untuk membuat telur asin ala rumahan yang tak kalah nikmatnya. Yuk, intip resepnya di bawah ini!

Bahan-bahan:

  • 1 kg atau 15 butir telur bebek segar
  • 500 gram garam
  • 1 1/2 liter air

Cara membuat:

  1. Campur air dan garam lalu rebus hingga mendidih. Usahakan untuk menggunakan garam kasar agar rasa asin dan gurihnya lebih menyerap.
  2. Pindahkan air garam yang telah dingin ke dalam wadah kedap udara. Masukkan telur bebek lalu tutup wadah hingga benar-benar rapat.
  3. Diamkan selama 12-15 hari agar garamnya terserap sempurna ke bagian dalam telur bebek.
  4. Rebus telur asin hingga matang dan sajikan sebagai lauk pelengkap makan. Kamu juga dapat mengolahnya kembali menjadi berbagai resep masakan yang tak kalah lezat.
    Semoga bermanfaat!

Related posts

Cara Membuat Steak Selat Solo Menggugah Selera

CaraBuat

Cara Membuat Tempe Bacem Legit Tanpa Air Kelapa

CaraBuat

Cara Membuat Soto Ayam Bening

CaraBuat

Cara Membuat Selai Nanas Tahan Lama dan Legit

CaraBuat

Cara membuat Kue Nastar Hidangan Saat Idul Fitri

CaraBuat

Cara Membuat Saus Asam Sederhana dan Praktis

CaraBuat

Cara Membuat Roti Tawar, ala Resto

CaraBuat

Cara Membuat Soto Sapi Lezat Enak Mudah Buatnya

CaraBuat

Cara membuat Bakpao Isi Beraneka Rasa

CaraBuat

Leave a Comment