Kucing Abisinia
JENIS KUCING

Kucing Abisinia

  Kucing abisinia adalah salah satu ras kucing berbulu pendek tertua yang pernah diketahui. Abisinia menyerupai lukisan dan patung yang berasal dari zaman Mesir Kuno. Perdagangan ras kucing ini dilarang oleh bangsa Mesir. Selain itu, bangsa Mesir juga mendirikan kuil khusus untuk memuja abisinia. Mumi abisinia banyak ditemukan pada makam-makam bangsa Mesir Kuno. Pada saat bangsa Romawi menguasai Mesir, abisinia pernah dibawa ke Inggris dengan tujuan melindungi ladang gandum dari tikus

Sejarah

Kucing Abisinia
Kucing Abisinia

 kucing turkish angora  kucing toybob  kucing turkish van  kucing toyger

Zula merupakan kucing abisinia yang pertama kali terdokumentasikan. Pada bulan Desember 1871, seekor kucing abisinia bernama Zula pertama kali mengikuti kontes kucing Crystal Palace di Inggris dan berhasil mendapatkan juara ke-3

Karakteristik

Abisinia memiliki telinga dan moncong yang runcing, sehingga kepalanya berbentuk seperti segitiga. Matanya berbentuk seperti kacang almond, bulu kepalanya memiliki warna cenderung lebih hitam, dan moncong berwarna putih. Abisinia memiliki badan yang berotot dan panjang dengan tangan dan kaki yang panjang serta ramping. Rata-rata, abisinia memiliki ekor yang panjang dan runcing.

Abisinia memiliki warna bulu yang unik dan menjadi ciri khususnya, yaitu warna kecoklatan. Abisinia memiliki bulu halus di atas dengan warna dasarnya kehitam-hitaman, sehingga mirip dengan warna kucing gurun. Bulunya akan terasa halus dan lembut pada saat di sentuh. Ciri khas pola warna bulu abisinia adalah agouti berbintik.

Kepribadian

Foto tiga anak kucing Abisinia, menunjukkan tiga warna bulu yang berbeda: kemerahan, cokelat kekuningan, dan biru
Anak kucing abisinia. Searah jarum jam dari kiri bawah: kemerahan, cokelat kekuningan, dan biru.
Abisinia merupakan kucing yang sangat cerdas, pendiam, senang berada disekitar manusia, dan selalu ingin tahu apa yang sedang dikerjakan oleh pemiliknya. Abisinia akan senang jika selalu diperhatikan oleh pemiliknya, sehingga terkadang abisinia akan mengeluarkan suara meongan yang manja. Abisinia juga sangat setia pada pemiliknya. Selain itu, abisinia juga termasuk kucing yang penurut, tidak senang merusak barang, mudah dilatih, dan tingkah lakunya selalu membuat pemiliknya terhibur dan tertawa.

Kesehatan

Abisinia memiliki sedikit masalah penyakit, seperti sakit pada gusi, dengan gejala mulutnya menjadi bau, kemudian akan terjadi infeksi pada gusi yang dapat membuat giginya rontok.

Hidup dengan Kucing Abyssinian

  • Aby tidak memiliki reputasi sebagai kucing pangkuan, tetapi banyak pemilik mengatakan bahwa kucing mereka adalah pengecualian — setidaknya untuk waktu yang singkat.
  • Abys sangat mudah dilatih dan dapat berjalan dengan tali. Harapkan mereka untuk mengatur kecepatan.
  • Abyssinian yang berambut pendek adalah penjaga yang mudah, hanya membutuhkan penyikatan mingguan untuk menjaga mantelnya yang ramping dalam kondisi prima. Dia menumpahkan, tapi tidak berat.
  • Kucing yang menghibur ini tidak malu untuk berbagi sisi konyolnya, yang mengarah ke julukan umum “Aby-konyol-an.” Pemilik Aby, Scott Peterson mengatakan, “Mereka seperti badut di sirkus Eropa. Mereka lucu, tetapi ada martabat untuk semua yang mereka lakukan yang tidak dapat Anda lewatkan.”

Sejarah Abyssinian

  • Seekor kucing bernama Zula, dibawa kembali dari Abyssinia (sekarang Ethiopia) pada tahun 1868, adalah kucing pertama yang disebut Abyssinia.
  • Berkat ilmu DNA, kita tahu bahwa nenek moyang Abys kemungkinan besar berasal dari pesisir Samudera Hindia dan di Asia Tenggara.
  • Peternak Inggris mengembangkan Abyssinian yang kita kenal dan cintai hari ini. Kucing tidak menyeberangi kolam ke Amerika sampai awal abad ke-20. Sebuah Aby pertama kali dipamerkan di AS di Boston pada tahun 1909.
  • Abyssinians adalah breed paling populer kesembilan yang didaftarkan oleh Cat Fanciers’ Association.

Apa yang harus Anda ketahui tentang Abyssinian

  1. Aby adalah kucing berukuran sedang dengan berat 6 hingga 12 pon. Abys biasanya mencapai kematangan fisik penuh pada saat mereka berusia satu tahun.
  2. Mantel Aby yang lembut dan halus memiliki tekstur yang halus dan digambarkan sebagai “ticked” atau “agouti”: kontras pita berwarna terang dan gelap pada setiap batang rambut. Bulu kutu disebabkan oleh gen tabby, dan beberapa Abys memiliki tanda berbentuk M tabby yang terkenal di dahi mereka.
  3. Abys datang dalam empat warna: kemerahan, merah (juga dikenal sebagai coklat kemerah-merahan), biru dan coklat kekuningan. Beberapa pendaftar juga mengenali warna perak. Mata hijau atau emas mereka, dengan tepi gelap, menawarkan kontras yang mencolok.
  4. Abyssinian umumnya sehat dan dapat hidup hingga 12 hingga 15 tahun atau lebih. Masalah kesehatan potensial termasuk luksasi patela dan radang gusi parah (penyakit gusi), yang dikenal sebagai “mulut Aby.” Perawatan gigi yang ketat adalah suatu keharusan untuk jenis ini.
  5. Marybeth Rymer, DVM, yang telah menderita Abys selama 25 tahun, mengatakan penyakit genetik yang dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka dan memperpendek usia mereka adalah penyakit sel darah merah yang disebut defisiensi eritrosit piruvat kinase; penyakit ginjal yang disebut amiloidosis; dan atrofi retina progresif, yang dapat menyebabkan kebutaan. “Saya menyarankan pemilik potensial untuk bertanya kepada peternak apakah kucing mereka diuji untuk penyakit ini dan apakah mereka mengetahui amiloidosis dalam garis keturunan mereka,” katanya.

Fakta Menarik Tentang Abyssinian

  • Abys cerdas dan licik.
  • Jika Anda tidak ingin kucing di meja atau di dalam lemari Anda, ini bukan kucing untuk Anda.
  • Mereka bahkan dikenal dapat mengalahkan kunci pengaman anak, kata Hardie.
  • Two Abyssinians berperan sebagai Jake, protagonis kucing dari film tahun 1978 The Cat From Outer Space .
  • Kucing pertama yang genomnya diurutkan adalah seekor Aby bernama Cinnamon.

SUMBER : Wikipedia, Google

Related posts

Kucing Colorpoint Shorthair

CaraBuat

Kucing Persia

CaraBuat

Kucing Toybob

CaraBuat

Kucing Himalaya

CaraBuat

Kucing American Ringtail

CaraBuat

Kucing Pixie Bob

CaraBuat

Kucing Cornish Rex

CaraBuat

Kucing Siberian

CaraBuat

Kucing Snowshoe

CaraBuat

Leave a Comment