Manfaat Minyak Kutus-kutus untuk Kesehatan Bayi
KESEHATAN Minyak Kutus Kutus

Sudah Tahu Manfaat Minyak Kutus-kutus untuk Kesehatan Bayi?

Beberapa tahun belakangan ini, banyak orangtua yang beralih ke pengobatan herbal ketimbang meminum obat untuk mengobati penyakit dan menjaga kesehatan keluarga. Selain penggunaan essential oil, yang menjadi favorit pada orangtua di Indonesia sekitar 2-3 tahun terakhir adalah minyak kutus-kutus.

Saat ini sangat mudah ditemui para penjual minyak kutus-kutus, baik itu secara offline maupun online. Selain menguntungkan dari segi bisnis, kegunaan minyak ini juga diakui dapat meringankan berbagai keluhan kesehatan, baik orang dewasa maupun anak-anak dan bayi.

Lalu, seberapa amankah minyak kutus-kutus ini digunakan oleh bayi dan anak-anak?

Terbuat dari Apakah Minyak Kutus-kutus?
Terbuat dari Apakah Minyak Kutus-kutus
kutuskutus.id
minyak kutus kutus
Minyak kutus-kutus yang fenomenal ini merupakan jenis minyak balur yang terbuat dari berbagai macam rempah. Tidak tanggung-tanggung, dilansir dari kutuskutushealingoil.com, minyak bening berwarna hijau kekuningan ini dibuat dari 69 jenis jejamuan herbal organik yang digabungkan dengan 11 jenis minyak esensial yang menggunakan bahan dasar minyak kelapa. Jadi, bisa dibilang minyak temuan Servasius Bambang Pranoto ini terbuat dari bahan herbal alami.

Editors’ Picks
5 Rekomendasi Merek Bubur Organik Instan untuk Bayi 8 Bulan
Cek Segera! Bulu-Bulu Halus pada Kulit Bayi Wajar atau Tidak
5 Rekomendasi Gendongan untuk Bayi Baru Lahir yang Nyaman dan Aman
Manfaat Minyak Kutus-kutus untuk Bayi
Manfaat Minyak Kutus-kutus Bayi
Freepik
Penggunaan minyak kutus-kutus sangat populer di kalangan para ibu, terutama untuk menjaga kesehatan bayi. Seperti yang kita ketahui, bayi tidak dapat sembarangan mengonsumsi obat-obatan. Tetapi di sisi lain, daya tahan tubuh mereka masih rentan terhadap berbagai perubahan yang terjadi di sekitarnya.

Dikutip dari website kutuskutushealingoil.com, minyak balur ini dapat digunakan pada bayi karena bermanfaat untuk:

Menghangatkan badan bayi,
mengatasi ruam popok,
mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga,
mengobati alergi,
mempercepat penyembuhan flu pada bayi,
membuat tidur bayi lebih lelap, nyaman dan tidak rewel,
meningkatkan daya tahan tubuh bayi.
Dilansir dari fimela.com, minyak ini dapat meningkatkan sistem metabolisme anak, memperlancar percernaan, mengurangi kelelahan pada anak, menghangatkan tubuh. Bahkan, secara tidak langsung karena tubuh anak jadi nyaman, nafsu makannya pun akan meningkat.

Cara Pakai Minyak Kutus-kutus untuk Bayi
Cara Pakai Minyak Kutus-kutus Bayi
Freepik/a3pfamily
Minyak kutus-kutus ini tidak menimbulkan rasa panas pada kulit bayi, melainkan hanya rasa hangat yang nyaman. Karenanya, aman digunakan dalam jangka panjang seperti memakai minyak telon.

Karena terbuat dari 100 persen bahan herbal alami, maka minyak kutus-kutus tidak menimbulkan iritasi di kulit dan tidak menyebabkan alergi. Tetapi, agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan dengan cara yang tepat:

Untuk meredakan batuk pilek dan menjaga kesehatan bayi, balurkan atau oleskan di bagian telapak kaki, perut, dada, punggung yang dimulai dari tulang ekor sampai dengan tengkuk. Usap perlahan agar minyak terserap dengan baik ke kulit bayi.

Lakukan rutinitas ini setiap hari, setiap selesai mandi pagi dan sore serta sebelum tidur di malam hari.

Pencipta Minyak Kutus-kutus Tak Mau Dianggap Sebagai Obat
Pencipta Minyak Kutus-kutus Tak Mau Dianggap Sebagai Obat
expatliving.hk
Langkah memijat bayi
Meski keajaiban minyak kutus-kutus telah menyebar ke seantero Indonesia, sang penciptanya tak mau minyak temuannya ini dianggap sebagai obat. Diungkapkan oleh Servasius Bambang Pranoto, minyak ini bukan ditujukan untuk menyembuhkan penyakit, melainkan untuk melancarkan energi dari dalam tubuh.

Minyak kutus-kutus membantu melancarkan energi, membangkitkan kekuatas tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri sehingga tidak tepat jika dianggap sebagai obat. “Jadi kesembuhannya bukan dari Kutus-kutus,” ujar Bambang, dikutip dari Kompas.com (7/12)

Jika energi tidak lancar, maka akan muncul berbagai keluhan kesehatan. Misalnya, gangguan kolik pada bayi. Bambang yang menemukan racikan awal minyak kutus-kutus untuk memulihkan kondisinya yang lumpuh, mengakui karena energinya lancar, proses pemulihan pun menjadi lebih cepat.

Masyarakat Indonesia masih memegang kepercayaan dan tradisi menjaga kesehatan keluarga dengan obat-obatan tradisional. Meskipun begitu, Popmama.com menyarankan jika gejala sakit tidak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasikan masalah kesehatan bayi pada dokter ya, Ma!

Bagaimana, apakah Mama sudah menggunakan minyak kutus-kutus untuk keluarga? Bagikan pengalaman Mama di kolom komentar berikut ini yuk!

Related posts

9 Manfaat Minyak Kutus-Kutus (Dilihat dari Kandungannya)

CaraBuat

Cara Membuat Masker dari Kain Kasa

CaraBuat

8 Manfaat Minyak Kutus Kutus

CaraBuat

Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer dan Tisu Basah

CaraBuat

Servasius Bambang Pranoto

CaraBuat

10 Manfaat Minyak Kutus Kutus Bagi Ibu dan Keluarga

CaraBuat

Cara Membuat Agar Mata Bayi Tidak Juling

CaraBuat

7 Manfaat Minyak Kutus-Kutus bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

CaraBuat

Minyak Herbal Multi Khasiat Untuk Berbagai Pengobatan

CaraBuat

Leave a Comment