Wisata

Wisata Bali Cara Membuat Rencananya

Wisata Bali Cara Membuat Rencananya – Pulau Bali adalah bagian dari Kepulauan Sunda Kecil sepanjang 153 km dan selebar 112 km sekitar 3,2 km dari Pulau Jawa. Secara geografis, Bali terletak di 8°25′23″ Lintang Selatan dan 115°14′55″ Bujur Timur yang membuatnya beriklim tropis seperti bagian Indonesia yang lain.

Gunung Agung adalah titik tertinggi di Bali setinggi 3.148 m. Gunung berapi ini terakhir meletus pada Maret 1963. Gunung Batur juga salah satu gunung yang ada di Bali. Sekitar 30.000 tahun yang lalu, Gunung Batur meletus dan menghasilkan bencana yang dahsyat di bumi. Berbeda dengan di bagian utara, bagian selatan Bali adalah dataran rendah yang dialiri sungai-sungai.

Berdasarkan relief dan topografi, di tengah-tengah Pulau Bali terbentang pegunungan yang memanjang dari barat ke timur dan di antara pegunungan tersebut terdapat gugusan gunung berapi yaitu Gunung Batur dan Gunung Agung serta gunung yang tidak berapi, yaitu Gunung Merbuk, Gunung Patas dan Gunung Seraya. Adanya pegunungan tersebut menyebabkan Daerah Bali secara Geografis terbagi menjadi 2 (dua) bagian yang tidak sama yaitu Bali Utara dengan dataran rendah yang sempit dan kurang landai dan Bali Selatan dengan dataran rendah yang luas dan landai. Kemiringan lahan Pulau Bali terdiri dari lahan datar (0-2%) seluas 122.652 ha, lahan bergelombang (2-15%) seluas 118.339 ha, lahan curam (15-40%) seluas 190.486 ha dan lahan sangat curam (>40%) seluas 132.189 ha. Provinsi Bali memiliki 4 (empat) buah danau yang berlokasi di daerah pegunungan, yaitu Danau Beratan atau Bedugul, Buyan, Tamblingan, dan Batur. Alam Bali yang indah menjadikan pulau Bali terkenal sebagai daerah wisata.

Ibu kota Bali adalah Denpasar. Tempat-tempat penting lainnya adalah Ubud sebagai pusat kesenian dan peristirahatan, terletak di Kabupaten Gianyar. Nusa Lembongan adalah sebagai salah satu tempat menyelam (diving), terletak di Kabupaten Klungkung. Sedangkan Kuta, Seminyak, Jimbaran dan Nusa Dua adalah beberapa tempat yang menjadi tujuan utama pariwisata, baik wisata pantai maupun tempat peristirahatan, spa, dan lain-lain, terletak di Kabupaten Badung.

Luas wilayah Provinsi Bali adalah 5.636,66 km2 atau 0,29% luas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Secara administratif Provinsi Bali terbagi atas 8 kabupaten, 1 kotamadya, 55 kecamatan, dan 701 desa/kelurahan.

Ekonomi
Tiga dekade lalu, perekonomian Bali sebagian besar mengandalkan dan berbasis pada pertanian baik dari segi output dan kesempatan kerja. Sekarang, industri pariwisata menjadi objek pendapatan terbesar bagi Bali. Hasilnya, Bali menjadi salah satu daerah terkaya di Indonesia. Pada tahun 2003, sekitar 80% perekonomian Bali bergantung pada industri pariwisata. Pada akhir Juni 2011, non-performing loan dari semua bank di Bali adalah 2,23%, lebih rendah dari rata-rata non-performing loan industri perbankan Indonesia (sekitar 5%). Ekonomi, bagaimanapun menderita secara signifikan sebagai akibat dari Bom Bali 2002 dan Bom Bali 2005. Industri pariwisata sendiri telah pulih dari akibat peristiwa ini.

Pariwisata
Bali adalah primadona pariwisata Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Selain terkenal dengan keindahan alam, terutama pantainya, Bali juga terkenal dengan kesenian dan budayanya yang unik dan menarik. Industri pariwisata berpusat di Bali Selatan dan di beberapa daerah lainnya. Lokasi wisata yang utama adalah Kuta dan sekitarnya seperti Legian dan Seminyak, daerah timur kota seperti Sanur, pusat kota seperti Ubud, dan di daerah selatan seperti Jimbaran, Nusa Dua dan Pecatu. Bali sebagai tempat tujuan wisata yang lengkap dan terpadu memiliki banyak sekali tempat wisata menarik, antara lain: Pantai Kuta, Pura Tanah Lot, Pantai Padang – Padang, Danau Beratan Bedugul, Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pantai Lovina dengan Lumba Lumbanya, Pura Besakih, Uluwatu, Ubud, Munduk, Kintamani, Amed, Tulamben, Pulau Menjangan dan masih banyak yang lainnya. Kini, Bali juga memiliki beberapa pusat wisata yang sarat edukasi untuk anak-anak seperti kebun binatang, museum tiga dimensi, taman bermain air, dan tempat penangkaran kura-kura.

No.Kabupaten/kotaPusat pemerintahanBupati/wali kotaLuas wilayah (km2)[13]Jumlah penduduk (2017)[13]KecamatanKelurahan/desaLogoCiutkanPeta lokasi
1Kabupaten BadungMangupuraI Nyoman Giri Prasta418,62468.346616/46
2Kabupaten BangliBangliI Made Gianyar490,71264.94544/68
3Kabupaten BulelengSingarajaPutu Agus Suradnyana1.364,73814.356919/129
4Kabupaten GianyarGianyarI Made Agus Mahayastra368,00492.75776/64
5Kabupaten JembranaNegaraI Putu Artha841,80323.211510/41
6Kabupaten KarangasemAmlapuraI Gusti Ayu Mas Sumatri839,54545.38983/75
7Kabupaten KlungkungSemarapuraI Nyoman Suwirta315,00215.85246/53
8Kabupaten TabananTabananNi Putu Eka Wiryastuti1.013,88466.64710-/133
9Kota DenpasarIda Bagus Rai Dharmawijaya Mantra127,78638.548416/27

Transportasi
Bali tidak memiliki jaringan rel kereta api namun jaringan jalan yang ada di pulau ini tergolong sangat baik dibanding daerah-daerah lain di Indonesia, jaringan jalan tersedia dengan baik khususnya ke daerah-daerah tujuan wisatawan yakni Legian, Kuta, Sanur, Nusa Dua, Ubud, dll. Sebagian besar penduduk memiliki kendaraan pribadi dan memilih menggunakannya karena moda transportasi umum tidak tersedia dengan baik, kecuali taksi dan angkutan pariwisata. Moda transportasi massal saat ini disiapkan agar Bali mampu memberi kenyamanan lebih terhadap para wisatawan. Baru-baru ini untuk melayani kebutuhan transportasi massal yang layak di pulau Bali diluncurkan Trans Sarbagita (Trans Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan) menggunakan bus besar dengan fasilitas AC dengan tarif Rp 3.500.

Sampai sekarang, transportasi di Bali umumnya dibangun di Bali bagian selatan sekitar Denpasar, Kuta, Nusa Dua, dan Sanur sedangkan wilayah utara kurang memiliki akomodasi yang baik.

Jenis kendaraan umum di Bali atara lain:

  • Dokar, kendaraan dengan menggunakan kuda sebagai penarik dikenal sebagai delman di tempat lain.
  • Ojek, taksi sepeda motor (sebagian sudah berbasis di intenet).
  • Bemo/angkot, melayani dalam dan antarkota.
  • Bus Trans Sarbagita (Koridor 1 < Kota – Garuda Wisnu Kencana (GWK) >) dan (Koridor 2 < Nusa Dua – Batubulan>).
  • Taksi (sebagian sudah mempunyai aplikasi di smartphone).
  • Komotra, bus yang melayani perjalanan ke kawasan pantai Kuta dan sekitarnya.
  • Bus, melayani hubungan antarkota, pedesaan, dan antarprovinsi.

Bali terhubung dengan pulau Jawa dengan layanan kapal feri yang menghubungkan Pelabuhan Gilimanuk di kabupaten Jembrana dengan Pelabuhan Ketapang di Kabupaten Banyuwangi yang lama tempuhnya sekitar 30 hingga 45 menit saja. Penyeberangan ke Pulau Lombok melalui Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar yang memakan waktu sekitar empat sampai lima jam lamanya tergantung cuaca.

Transportasi udara dilayani oleh Bandara Internasional Ngurah Rai dengan destinasi ke sejumlah kota besar di Indonesia, Australia, Singapura, Malaysia, Thailand, Timor Leste, RRC serta Jepang. Landas pacu dan pesawat terbang yang datang dan pergi bisa terlihat dengan jelas dari pantai dan menjadi semacam hiburan tambahan bagi para wisatawan yang menikmati pantai Bali.

Untuk transportasi darat antar pulau di bali ada terminal Ubung-Denpasar dan terminal Mengwi yang menghubungkan pulau Bali dengan Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Terminal Ubung di pulau Bali ini melayani berbagai rute antar pulau tujuan Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Madura, Jember, dll. Angkutan antar pulau dilayani oleh armada bus besar dengan kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif. Terminal Ubung relatif ramai mulai pukul 15.00 – 18.00 WITA karena pada jam tersebut banyak bus yang mulai berangkat ke kota tujuan masing-masing. Bagi anda yang datang ke terminal ini harap waspada karena banyak calo yang agak memaksa penumpang.

Wisata Bali

Saat merencanakan liburan ke pulau Bali, hal pertama yang akan anda cari adalah informasi mengenai objek wisata yang ada di pulau Bali. Setelah anda mendapatkan informasi mengenai tempat wisata menarik di pulau Bali, maka anda akan diskusikan kepada keluarga, teman, pasangan yang akan anda ajak berlibur ke Bali. Bagi anda yang sudah pernah berlibur ke pulau Bali, merencanakan tempat wisata yang akan anda kunjungi jauh lebih mudah. Namun, bagi anda pertama kali liburan ke pulau Bali, kemungkinan besar, anda tidak akan mengetahui, objek wisata di Bali yang mana cocok untuk anda kunjungi. Maka itu, pada halaman ini, saya akan menuliskan panduan 20 tempat wisata untuk dikunjungi di Bali, bagi yang pertama kali liburan ke pulau Bali.

Bagi anda yang jeli dan kritis, saat membaca informasi di internet, kemungkinan anda akan bertanya, dari mana informasi mengenai 20 tempat wisata untuk dikunjungi di Bali di dapat?

Informasi mengenai 20 tempat wisata untuk dikunjungi di Bali saat wisatawan pertama kali liburan ke pulau Bali, kami dapat dari pengalaman menyediakan jasa paket tour di Bali dan jasa sewa mobil di Bali dengan supir. Selain jasa paket wisata di Bali, informasi tempat wisata favorit wisatawan juga kami dapat dari pengalaman menyediakan jasa Bali water sports. Baik untuk wisatawan mancanegara atau wisatawan Indonesia.

Daya Tarik Pariwisata Bali

Kenapa banyak wisatawan tertarik berlibur ke pulau Bali? Pertanyaan ini sering kami dapat terutama dari wisatawan asing yang belum pernah liburan ke pulau Bali.

Bali menjadi salah satu destinasi wisata paling poluler di Indonesia karena banyak hal. Berikut ini keunggulan pulau Bali sebagai destinasi wisata, yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi.

  • Tersedia banyak pilihan akomodasi, dari harga murah sampai resort mewah.
  • Tempat makan juga sangat mudah di temukan di pulau Bali, dan tersedia kuliner dari beranekaragam negara dan kuliner dari banyak wilayah di Indonesia.
  • Transportasi liburan di pulau Bali menggunakan kendaraan pribadi, jadi wisatawan tidak perlu banyak berjalan kaki.
  • Area pulau Bali sangat aman, membuat wisatawan yang liburan bersama anak-anak merasa nyaman.
  • Harga dan biaya wisata di pulau Bali lebih murah.
  • Menawarkan banyak pilihan tempat wisata, keunikan seni & budaya, serta aktivitas liburan yang dapat mengakomodir selera wisatawan yang berbeda.

Pura Tanah Lot
tempat wisata untuk dikunjungi Bali adalah pura Tanah Lot Bali. Tanah Lot jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya daratan di tengah laut. Tanah berarti daratan, Lot artinya laut.

Sesuai dengan namanya, saat anda liburan ke pura Tanah Lot, anda akan menemukan pura yang berada di atas batu karang besar dengan latar belakang laut selatan. Batu karang besar ini berada di tengah laut dan saat air pasang, batu karang terlihat terpisah dengan daratan.

Daya tarik utama dari Tanah Lot temple terdapat pada keindahan pemandangan matahari terbenam, dengan siluet pura Tanah Lot. Berpadu dengan ombak laut selatan yang menerjang batu karang. Saat momen ini, akan terlihat banyak wisatawan yang akan mengambil foto.

Peta Lokasi Buka Di Google Map.
Alamat, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.
Jam Buka, 07:00 – 19:00.
Waktu Terbaik Untuk Berkunjung, 17:00 – 19:00.
Lihat Halaman Ini, Harga Tiket Masuk Tanah Lot Temple.
Suasana: Ramai Turis, Suhu Panas, Instagrammable Spot, Pemandangan Spektakuler.
Contoh, Itinerary Liburan Ke Tanah Lot Temple Bali.
Cocok Untuk, Liburan Keluarga, Bulan Madu, Liburan Anak.
Jarak Pura Tanah Lot Ke Tempat Wisata Bali Menarik Lainnya.

  1. Pantai Kuta
    Pantai Kuta Sunset View – 20 tempat wisata untuk dikunjungi Bali
    Objek wisata pantai Kuta akan selalu masuk dalam daftar tempat wisata di kunjungi di pulau Bali bagi wisatawan yang pertama kali liburan ke Bali. Hal utama yang membuat pantai Kuta ramai mendapat kunjungan wisatawan karena menawarkan pantai pasir putih dengan bentangan panjang, serta pemandangan sunset.

Ombak di pantai Kuta lumayan besar dan cocok untuk aktivitas selancar pemula. Jika anda ingin berenang bersama anak-anak, maka anak anda harus selalu dalam pengawasan orang dewasa.

Aktivitas utama wisatawan saat liburan ke pantai Kuta adalah duduk santai di tepi pantai, berenang, dan melihat pemandangan sunset. Karena tingginya minat wisatawan liburan ke pantai Kuta, maka hampir setiap hari jalan raya sekitar pantai akan terjadi kemacetan.

Selain daya tarik pantai, fasilitas pariwisata di sekitar area tempat wisata Kuta sangat lengkap. Anda akan dengan mudah menemukan akomodasi, tempat makan, pusat perbelanjaan, dan klub malam.

Cari, ”Panduan Wisata Ke Kuta Bali Bagi Yang Pertama Kali Mengunjungi” >>>

Peta Lokasi Buka Di Google Map.
Alamat, Jl. Pantai Kuta, Kuta, Kabupaten Badung.
Foto Populer di Instagram.
Jam Buka, Selalu Buka.
Waktu Terbaik Untuk Berkunjung, 17:00 – 19:00.
Tidak Ada Biaya Tiket Masuk Ke Pantai Kuta.
Suasana: Ramai Turis, Suhu Panas, Instagrammable Spot, Pemandangan Sunset.
Cocok Untuk, Liburan Keluarga, Bulan Madu, Liburan Anak.

  1. Pura Uluwatu
    Pura Luhur Uluwatu Bali
    Pura Luhur Uluwatu Bali – Photo By Omer Rana
    Uluwatu temple atau Pura Luhur Uluwatu selalu menjadi tempat wisata populer untuk wisatawan yang pertama kali liburan ke pulau Bali. Hal menarik yang wisatawan dapat lihat di pura Uluwatu seperti;

Pura yang berada di ujung atas tebing tinggi, dengan ketinggian tebing sekitar 70 meter.
Keunikan arsitektur pura.
Terdapat banyak kera ekor panjang sekitar area pura.
Dari atas tebing wisatawan dapat melihat pemandangan samudra Hindia.
Menjelang sunset, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan sunset Samudera Hindia dari atas tebing tanpa halangan.
Lokasi menonton tari Kecak Api yang paling terkenal di pulau Bali.
Peta Lokasi Buka Di Google Map.
Alamat, Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.
Foto Populer di Instagram.
Jam Buka, 07:00 – 19:00.
Waktu Terbaik Untuk Berkunjung, 17:00 – 19:00.
Lihat, Harga Tiket Masuk Pura Uluwatu Bali.
Suasana: Ramai Turis, Suhu Panas, Instagrammable Spot, Pemandangan Spektakuler, tari Kecak Api.
Cocok Untuk, Liburan Keluarga, Bulan Madu, Liburan Anak.
10 Aktivitas Wisata Populer Di Uluwatu Bali.

  1. Pura Ulun Danu Beratan Bedugul
    Pura Ulun Danu Di Tengah Danau Beratan Bedugul
    Pura Ulun Danu Di Tengah Danau Beratan Bedugul
    Sebelum anda liburan ke Bali, anda akan melihat banyak foto pura yang sangat indah di Instagram, dan anda tidak tahu dimana lokasinya serta nama puranya. Jika anda pernah melihat foto sebuah pura yang terlihat berada di tengah danau, nama tempat wisata ini adalah Pura Ulun Danu Beratan Bedugul.

Pura Ulun Danu, lokasinya berada di tepi danau Beratan berada di kawasan wisata Bedugul. Menurut Wikipedia, lokasi danau Beratan Bedugul berada di ketinggian 1200 meter dari permukaan air laut. Maka itu, udara di sekitar area pura Ulun Danu Beratan sangat sejuk.

Hal menarik yang membuat pura Ulun Danu Beratan populer dikunjungi wisatawan;

Pemandangan unik pura Ulun Danu yang terlihat terapung tengah danau Beratan, sehingga terlihat unik di foto.
Udara sejuk daerah pegunungan.
Tata kebun sekitar area pura.
Lokasi pura Ulun Danu Beratan berdekatan dengan lokasi Kebun Raya Bali.
Peta Lokasi Buka Di Google Map.
Alamat, Tepi Danau Beratan, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.
Foto Populer di Instagram.
Jam Buka, 07:00 – 19:00.
Waktu Terbaik Untuk Berkunjung, 08:00 – 11:00.
Lihat, Harga Tiket Masuk Pura Ulun Danu Beratan Bedugul Bali.
Suasana: Ramai Turis, Suhu Sejuk, Instagrammable Spot, Pemandangan Spektakuler Saat Sunrise.
Cocok Untuk, Liburan Keluarga, Bulan Madu, Liburan Anak.

  1. Pemandangan Danau & Gunung Batur Kintamani
    Pemandangan Gunung Batur Dari Restoran Di Kintamani
    Pemandangan Gunung Batur Dari Restoran Di Kintamani
    Selain area Bedugul, area wisata di pulau Bali yang juga berada di pegunungan adalah tempat wisata Kintamani. Ketinggian area Kintamani berada sekitar 1,500 meter dari permukaan air laut, sehingga udara di daerah Kintamani sangat sejuk.

Daya tarik utama wisatawan liburan ke Kintamani adalah melihat pemandangan danau Batur dan pemandangan Gunung Batur. Ada banyak lokasi untuk melihat pemandangan pemandangan danau Batur dan pemandangan Gunung Batur. Lokasi favorit melihat pemandangan gunung dan danau Batur berada di desa Penelokan.

Sebagian besar wisatawan saat melihat pemandangan gunung dan danau Batur di desa Penelokan, sambil menikmati makan siang prasmanan di restoran Grand Puncak Sari Kintamani.

Peta Lokasi Buka Di Google Map.
Alamat, Jalan Raya Penelokan, Batur Tengah, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.
Foto Populer di Instagram.
Jam Buka, 24 Jam.
Waktu Terbaik Untuk Berkunjung, 08:00 – 11:00.
Lihat, Harga Tiket Masuk Kintamani Bali.
Suasana: Ramai Turis, Suhu Sejuk, Instagrammable Spot, Pemandangan Spektakuler Pada Pagi Hari.
Cocok Untuk, Liburan Keluarga, Bulan Madu, Liburan Anak.

  1. Bali Safari Marine Park
    Bali Safari Marine Park
    Jika anda liburan keluarga ke pulau Bali dengan anak, maka tempat wisata Bali Safari & Marine Park wajib anda kunjungi. Bali Safari & Marine Park adalah sebuah kebun binatang yang memiliki luas area sangat luas, sekitar 400,000 meter persegi.

Keunikan Bali Safari & Marine Park, setiap jenis satwa berkeliaran bebas dalam sebuah area besar. Karena area sangat luas, agar pengunjung dapat melihat satwa secara langsung, pengunjung akan menaiki kendaraan safari. Aktivitas ini terkenal dengan nama Safari Journey.

Hal menarik yang membuat banyak wisatawan tertarik liburan ke Bali Safari & Marine Park seperti;

Terdapat lebih dari 400 spesies binatang.
Pengunjung dapat melihat satwa langka harimau putih India dan Komodo.
Tersedia pertunjukan Theater, bernama Bali Agung Show.
Peta Lokasi Buka Di Google Map.
Alamat, Jalan Raya Prof. Dr. Ida Bagus Mantra No. kilometer 19,8, Kabupaten Gianyar.
Foto Populer di Instagram.
Jam Buka, Senin – Jumat 09:00 – 17:00 & Sabtu-Minggu 08:30 – 17:00.
Waktu Terbaik Untuk Berkunjung, 08:30 – 12:00.
Suasana: Instagrammable Spot.
Cocok Untuk, Liburan Keluarga, Bulan Madu, Liburan Anak.

  1. Pantai Tanjung Benoa
    Terbang Menggunakan Parasailing di Pantai Tanjung Benoa Bali
    Terbang Menggunakan Parasailing di Pantai Tanjung Benoa Bali
    Sebagian besar wisatawan yang liburan ke pantai Tanjung Benoa karena tertarik untuk mengikuti aktivitas Tanjung Benoa water sports. Aktivitas Bali water sports yang tersedia di pantai Tanjung Benoa ada banyak pilihan. Seperti, parasailing, jet ski, banana boat, rolling donut, snorkeling dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

Hal yang membuat pantai Tanjung Benoa menjadi lokasi favorit aktivitas water sports di Bali karena;

Gelombang ombak di pantai Tanjung Benoa sangat tenang.
Bentangan garis pantai Tanjung Benoa sangat panjang, dengan tekstur pantai halus berwarna puitih kekuningan.
Tersedia banyak pilihan wahana wisata bahari dengan harga murah.
Semua pilihan wahana permainan water sports di rancang untuk pemula atau peserta yang tidak punya pengalaman dalam water sports.
Lokasi pantai Tanjung Benoa berdekatan dengan kawasan wisata Nusa Dua.
Peta Lokasi Buka Di Google Map.
Alamat, Jl. Pratama Tanjung Benoa, Kabupaten Badung.
Waktu Terbaik Untuk Berkunjung, 09:00 – 12:00.
Tidak Ada Tiket Masuk Memasuki Area Tanjung Benoa.
Suasana: Fun, Adrenalin.
Cocok Untuk, Liburan Keluarga, Bulan Madu, Liburan Anak.

  1. Ubud Monkey Forest
    Ubud Monkey Forest
    Tempat wisata Ubud memiliki banyak pilihan objek liburan. Dari sekian banyak pilihan objek wisata yang ada di Ubud, Ubud Monkey Forest selalu menjadi tempat wisata favorit wisatawan yang pertama kali liburan ke pulau Bali.

Hal menarik yang wisatawan dapat lihat saat liburan ke Monkey Forest Ubud seperti;

Area hutan lindung dengan pepohonan yang sangat tinggi.
Wisatawan dapat melihat kera ekor panjang.
Pura yang berada di dalam area hutan.
Peta Lokasi Buka Di Google Map.
Alamat, Jalan Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.
Foto Populer di Instagram.
Jam Buka, 08:30 – 18:00.
Waktu Terbaik Untuk Berkunjung, 15:00 – 18:00.
Lihat, Harga Tiket Masuk Monkey Forest Ubud.
Suasana: Ramai Turis, Suhu Sejuk, Instagrammable Spot, Suasana Tenang.
Cocok Untuk, Liburan Keluarga, Bulan Madu, Liburan Anak.

  1. Seminyak
    Daftar 6 Tempat Nongkrong Keren Di Seminyak Bali
    Kawasan pariwisata Seminyak terkenal sebagai kawasan pariwisata mewah dan pusat shopping barang mewah di pulau Bali. Di area Seminyak, anda akan dengan mudah menemukan restoran mewah, resort mewah, butik dan Spa. Kelengkapan fasiltas tersebut membuat area tempat wisata Seminyak menjadi salah satu destinasi wisata populer di pulau Bali.

Lokasi area pariwisata Seminyak sangat strategis, karena berdekatan dengan kawasan tempat wisata Kuta serta area wisata Canggu.

Peta Lokasi Buka Di Google Map.
Suasana: Ramai Turis, Suhu Panas, Banyak Instagrammable Spot.
Foto Populer di Instagram.
Cocok Untuk, Bulan Madu.

  1. Sawah Terasering Tegalalang
    Sawah Terasering Tegalalang Ubud Bali
    Sawah Terasering Tegalalang Ubud Bali, Image Copyright Jason Cooper @salty_sandals Jason Cooper @salty_sandals
    Selain objek wisata pantai pasir putih, pariwisata Bali juga terkenal memiliki banyak objek wisata sawah terasering. Ada dua objek wisata sawah terasering yang terkenal di Bali, yaitu, sawah terasering Jatiluwih, serta sawah terasering Tegalalang.

Karena lokasi dari sawah terasering Tegalalang berdekatan dengan pusat area Ubud Bali, membuat sawah terasering Tegalalang lebih banyak dikunjungi wisatawan.

Hal menarik yang wisatawan dapat lihat atau lakukan di area sawah terasering Tegalalang seperti,

Foto dengan latar belakang sawah terasering.
Nongkrong di salah satu cafe dengan view sawah terasering.
Saat ini tersedia aktivitas Bali swing di area sawah terasering Tegalalang.
Trekking di sekitar area persawahaan.
Peta Lokasi Buka Di Google Map.
Alamat, Jalan Raya Tegallalang, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar.
Foto Populer di Instagram.
Jam Buka, 08:00 – 18:00.
Waktu Terbaik Untuk Berkunjung, 08:00 – 10:00 atau 16:00 – 18:00.
Lihat Disini, Harga Tiket Masuk Sawah Terasering Tegalalang.
Suasana: Ramai Turis, Suhu Sejuk, Instagrammable Spot, Suasana Tenang.
Cocok Untuk, Liburan Bersama Teman, Bulan Madu.

Lihat Disini, ”Daftar 8 Objek Liburan Gratis Di Ubud Bali” >>>

  1. Pura Besakih
    Pura Besakih Bali
    Pulau Bali dikenal memiliki banyak objek wisata pura, namun tahukah anda pura Hindu terbesar dan terluas di pulau Bali? Nama puranya adalah Pura Besakih.

Lokasi area pura Besakih berada di kaki Gunung Agung, gunung berapi aktif tertinggi di pulau Bali. Karena berada di area kaki gunung Agung, maka udara sejuk terlalu terasa saat liburan ke pura Besakih.

Pengunjung yang liburan ke Pura Besakih akan melihat area pura yang sangat luas, arsitektur megah dan area yang asri. Dari area pura Besakih pengunjung juga dapat melihat pemandangan area sawah, dan bukit. Waktu terbaik berkunjung di pagi hari, karena kabut belum turun sehingga anda akan dapat melihat pemandangan Gunung Agung.

Peta Lokasi Buka Di Google Map.
Alamat, Jalan.Gunung Mas Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.
Foto Populer di Instagram.
Jam Buka, 08:00 – 18:00.
Waktu Terbaik Untuk Berkunjung, 08:00 – 11:00.
Lihat Disini, Harga Tiket Masuk Pura Besakih Rp 30,000/Orang.
Suasana: Tidak Terlalu Ramai Turis, Suhu Sejuk, Instagrammable Spot, Suasana Tenang.
Cocok Untuk, Liburan Bersama Teman, Bulan Madu.

  1. Pantai Pandawa
    Keindahan Pantai Pandawa Bali
    Keindahan Pantai Pandawa Bali
    Jika anda liburan keluarga bersama anak-anak, maka pantai Pandawa di desa Kutuh wajib anda kunjungi. Di beri nama pantai Pandawa karena pada tebing karang menuju akses masuk ke area pantai terdapat patung dari panca Pandawa.

Saat ini, pantai Pandawa menjadi destinasi populer di pulau Bali terutama untuk wisatawan Indonesia. Daya tarik utama dari pantai Pandawa terdapat pada bentangan pasir putih sekitar 1 kilometer. Ombak di pantai Pandawa sangat tenang, sehingga sangat aman untuk anak-anak berenang. Selain itu, di area tepi pantai tersedia jasa penyewaan kano.

Kelebihan lain dari pantai Pandawa, terdapat pada area parkir kendaraan yang sangat luas serta lokasi parkir berdekatan dengan garis pantai. Di sepanjang tepi pantai terdapat warung yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Peta Lokasi Buka Di Google Map.
Alamat, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.
Foto Populer di Instagram.
Jam Buka, 24 jam.
Waktu Terbaik Untuk Berkunjung, 15:00 – 18:00.
Lihat Disini, Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa Bali.
Suasana: Ramai Turis, Suhu Panas, Instagrammable Spot, Suasana Santai.
Cocok Untuk, Liburan Bersama Teman, Keluarga & Anak.

  1. Air Terjun Sekumpul
    Air Terjun Sekumpul – 20 tempat wisata untuk dikunjungi Bali
    Photo by Alexandra K
    Salah satu objek wisata yang saat ini sedang trend di Instagram adalah tempat wisata air terjun. Pulau Bali memiliki banyak pilihan objek wisata air terjun terutama di area bagian utara pulau Bali. Dari sekian banyak pilihan tempat wisata air terjun yang ada di pulau Bali, air terjun Sekumpul yang paling terkenal.

Lokasi obejk wisata Air Terjun Sekumpul berada di kawasan Bali utara dan lumayan jauh dari area Bali selatan seperti Kuta, Seminyak, Legian, Canggu, Jimbaran, Tanjung Benoa, Ungasan. Untuk menuju ke lokasi air terjun Sekumpul dari Bali selatan, anda akan memerlukan waktu sekitar 2,5 jam.

Daya tarik utama dari objek wisata Air Terjun Sekumpul terdapat pada pemandangan alam sekitar air terjun. Di lokasi air terjun Sekumpul, pengunjung akan melihat dua air terjun kembar saling berdampingan dengan ketinggian sekitar 50 meter.

Peta Lokasi Buka Di Google Map.
Alamat, Desa Sekumpul, Sawan, Kabupaten Buleleng.
Foto Populer di Instagram.
Jam Buka, 24 jam.
Waktu Terbaik Untuk Berkunjung, 08:00 – 11:00.
Lihat Disini, Harga Tiket Masuk Air Terjun Sekumpul Bali.
Suasana: Rindang, Hijau, Alam, Instagrammable Spot, Suasana Santai.
Cocok Untuk, Liburan Bersama Teman & Pasangan.

  1. Garuda Wisnu Kencana
    Garuda Wisnu Kencana – 20 tempat wisata untuk dikunjungi Bali
    Photo by Marvin Meyer
    Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau yang dikenal dengan nama GWK Bali, salah satu tempat wisata keluarga populer di pulau Bali. Hampir setiap hari objek wisata Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana ramai dikunjungi wisatawan.

Daya tarik utama yang membuat wisatawan tertarik liburan ke GWK Bali karena di GWK Bali terdapat patung tertinggi di Indonesia. Patung Garuda Wisnu Kencana memiliki tinggi 75 meter, dengan lebar patung 65 meter.

Peta Lokasi Buka Di Google Map.
Alamat, Jalan Raya Uluwatu, desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.
Foto Populer di Instagram.
Jam Buka, 08:00 – 22:00.
Waktu Terbaik Untuk Berkunjung, 16:00 – 19:00.
Lihat Disini, Harga Tiket Masuk Garuda Wisnu Kencana Bali.
Suasana: Taman Megah, Instagrammable Spot, Suasana Santai.
Cocok Untuk, Liburan Keluarga & Anak.

  1. Pantai Jimbaran
    Pemandangan Sunset Pantai Jimbaran – 20 tempat wisata untuk dikunjungi Bali
    Apakah anda pernah melihat foto wisatawan sedang menikmati wisata kuliner tepi pantai pasir putih, view sunset, dengan menu seafood bakar? Jika iya, kemungkinan besar anda akan bertanya, dimanakah lokasinya di pulau Bali. Nama tempatnya adalah pantai Jimbaran Bali.

Daya tarik utama yang membuat wisatawan tertarik liburan ke pantai Jimbaran karena keindahan pantai pasir putih, dengan bentangan garis pantai yang sangat panjang. Karena posisis pantai menghadap ke sisi barat, maka di sore hari pantai Jimbaran menjadi salah satu spot terbaik melihat pemandangan sunset di pulau Bali.

Keunikan dari pantai Jimbaran, karena di bibir pantai Jimbaran terdapat banyak cafe seafood bakar, dengan view pemandangan pantai. Suasana makan malam, dengan cahaya lilin, lokasi di tepi pantai, sambil melihat sunset inilah yang menjadi daya tarik utama pantai Jimbaran sebagai tempat wisata.

Peta Lokasi Buka Di Google Map.
Jam Buka, 24 jam.
Foto Populer di Instagram.
Waktu Terbaik Untuk Berkunjung, 17:00 – 21:00.
Tidak Ada Biaya Tiket Masuk, Hanya Biaya Parkir Kendaraan.
Suasana: Romantis, Instagrammable Spot, Santai.
Cocok Untuk, Liburan Keluarga, Anak & Bulan Madu.

  1. Pura Tirta Empul Tampak Siring
    Pura Tirta Empul Tampak Siring – 20 tempat wisata untuk dikunjungi Bali
    Photo by Florian GIORGIO
    Wisatawan Indonesia yang pertama kali liburan ke Bali selalu tertarik liburan ke pura Tirta Empul Tampak Siring. Daya tarik objek wisata pura Tirta Empul karena lokasinya berdekatan dengan Istana Kepresidenan Tampaksiring.

Selain itu, pengunjung akan melihat banyak kolam air di pura Tirta Empul dengan keunikan arsitektur pura.

Hal paling menarik yang akan pengunjung lihat saat memasuki area dalam pura. Di dalam area pura akan terdapat sebuah kolam, dan ditengah kolam terdapat sumber mata air. Karena air dari kolam berasal dari mata air, maka air terlihat sangat jernih.

Air dari kolam utama kemudian di aliarkan ke kolam kedua tempat umat hindu melakukan ritual penyucian. Di lokasi kolam kedua, pengunjung akan melihat umat hindu Bali menyucikan diri menggunakan air pancuran dari kolam utama.

Peta Lokasi Buka Di Google Map.
Alamat, Jalan.Tirta Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar.
Foto Populer di Instagram.
Jam Buka, 08:00 – 18:00.
Waktu Terbaik Untuk Berkunjung, 16:00 – 18:00.
Lihat Disini, Harga Tiket Masuk Pura Tirta Empul Tampak Siring.
Suasana: Taman Megah, Religius, Instagrammable Spot.
Cocok Untuk, Liburan Keluarga, Dengan Teman & Bulan Madu.

  1. Desa Penglipuran
    Desa Penglipuran Bangli
    Jika anda ingin melihat suasana desa tradisional di pulau Bali yang masih asli dan sangat bersih, maka desa Penglipuran Bangli wajib anda kunjungi.

Daya tarik utama yang pengunjung lihat saat memasuki desa Pengelipuran, desain rumah penduduk terlihat sama. Desain seperti gerbang masuk rumah, desain atap serta tata letak rumah. Diluar dan di dalam rumah di tanami banyak pohon bunga dengan tatanam rapi. Hal utama yang saya lihat paling menonjol dari desa Pengelipuran adalah kebersihan area desa.

Peta Lokasi Buka Di Google Map.
Alamat, Jalan Penglipuran, Desa Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli.
Foto Populer di Instagram.
Jam Buka, 08:00 – 17:00.
Waktu Terbaik Untuk Berkunjung, 15:00 – 17:00.
Lihat Disini, Harga Tiket Masuk Desa Penglipuran Bali.
Suasana: Tradisional, Instagrammable Spot, Suasana Santai.
Cocok Untuk, Liburan Bersama Teman & Bulan Madu.

  1. Pulau Nusa Lembongan
    Daya Tarik Tempat Wisata Nusa Lembongan
    Bagi wisatawan yang pertama kali liburan ke pulau Bali dan memiliki rentang waktu liburan di Bali lumayan panjang sekitar 8 – 10 hari, pasti akan liburan ke pulau Nusa Lembongan. Walaupun pulau Nusa Lembongan masuk dalam wilayah pulau Bali, namun pulau Nusa Lembongan dipisahkan oleh lautan dengan pulau Bali.

Ada banyak hal menarik yang wisatawan dapat lakukan atau lihat saat berada di pulau Nusa Lembongan. Jika anda ingin tahu lebih detail mengenai daya tarik pulau Nusa Lembongan, mohon klik link dibawah ini!

Lihat Disini, ”Semua Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Liburan Ke Pulau Nusa Lembongan Bali” >>>

  1. Pulau Nusa Penida
    Rumah Pohon Nusa Penida
    Photo By Darren Lawrence
    Berdekatan dengan pulau Nusa Lembongan, terdapat pulau Nusa Penida yang juga masuk dalam wilayah pemerintahan provinsi Bali walaupun dipiasahkan oleh laut. Pulau Nusa Penida semenjak 4 tahun terakhir, menjadi sangat populer dan mendapatkan banyak kunjungan wisatawan. Sebagian besar wisatawan yang liburan ke pulau Nusa Penida adalah wisatawan yang mencari suasana alam dan ingin mendapatkan foto bagus serta unik.

Ada beberapa tempat wisata di Nusa Penida yang saat ini sangat terkenal dan sering terlihat di Instagram, seperti pantai Kelingking, Broken Beach, Angel’s Billabong, pantai Atuh Nusa Penida. Jika anda memiliki waktu liburan lebih saat di Bali, ada baiknya anda juga mengunjungi pulau Nusa Penida.

Lihat Disini, ”Panduan Liburan Ke Pulau Nusa Penida Bali” >>>

  1. Pulau Gili Trawangan
    Sunset Gili Trawangan Island
    Pulau Gili Trawangan berada dalam wilayah provinsi NTB. Sebagian besar wisatawan mancanegara yang memiliki waktu liburan rentang panjang akan liburan ke pulau Gili Trawangan. Daya tarik utama dari pulau Gili Trawangan sebagai tempat liburan, terdapat pada pemandangan pantai pasir putih, tidak ada kendaraan bermotor dan kehidupan malam.

Related posts

Wisata Bukittinggi Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Padang Sidempuan Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Pekanbaru Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Maluku Utara Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Madiun Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Tanjungpinang Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Surakarta Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Sorong Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Jakarta Utara Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Leave a Comment