Wisata

Wisata Bandar Lampung Cara Membuat Rencananya

Wisata Bandar Lampung Cara Membuat Rencananya

Kirim Mobil Jakarta Bandar Lampung – Kota Bandar Lampung (Aksara Lampung: 120px) adalah sebuah kota di Indonesia sekaligus ibu kota dan kota terbesar di Provinsi Lampung. Dengan kepadatan 5.332/km2, Bandar Lampung juga merupakan kota terbesar dan terpadat kedua di Pulau Sumatra setelah Medan, serta termasuk salah satu kota besar di Indonesia dan Kota terpadat di luar pulau Jawa.

Secara geografis, kota ini menjadi pintu gerbang utama pulau Sumatra, tepatnya kurang lebih 165 km sebelah barat laut Jakarta, memiliki andil penting dalam jalur transportasi darat dan aktivitas pendistribusian logistik dari Jawa menuju Sumatra maupun sebaliknya.

Kota Bandar Lampung memiliki luas wilayah daratan 169,21 km² yang terbagi ke dalam 20 Kecamatan dan 126 Kelurahan dengan populasi penduduk 1.015.910[7] jiwa (berdasarkan data tahun 2017). Saat ini kota Bandar Lampung merupakan pusat jasa, perdagangan, dan perekonomian di provinsi Lampung.

kirim mobil jakarta way kanan
kirim mobil jakarta tulang bawang barat
kirim mobil jakarta tulang bawang
kirim mobil jakarta tanggamus

Kirim Mobil Jakarta Bandar Lampung – Seiring perkembangan, kecepatan pertumbuhan penduduk melonjak cukup tinggi sejak lima tahun terakhir (2010-2015). Pertumbuhan bahkan mencapai 1,1 persen per tahun, dengan penduduk Bandar Lampung yang membengkak dari 800.000 jiwa menjadi 1,2 juta jiwa.[9] Hal itu mulai memicu pertumbuhan kota ini ke arah barat hingga Gedong Tataan; ke timur hingga Tanjung Bintang dan Bergen; serta ke utara hingga Kecamatan Natar. Pada tahun 1986-1989, Ditjen Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum telah merancang konsep pengembangan Kota Bandar Lampung yang disebut Bandar Lampung and Surrounding Area (Blasa). Konsep ini meliputi Kecamatan Gedong Tataan, Natar, Tanjung Bintang, dan Katibung bagian utara.

Pada tahun 2015, Kota Bandar Lampung dan Kota Metro merupakan kawasan yang dipetakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Kemenpupera) berpotensi sebagai area metropolitan, terkhusus dalam cetak biru Wilayah Pengembangan Strategis (WPS) (Merak-Bakauheni-Bandar Lampung-Palembang-Tanjung Api Api) (WPS MBBPT).

Kota Bandar Lampung terdiri dari 20 kecamatan dan 126 kelurahan. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 1.175.397 jiwa dengan luas wilayah 296,00 km² dan sebaran penduduk 3.970 jiwa/km².[13][14]

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Bandar Lampung, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
KecamatanJumlah
Kelurahan
Daftar
Kelurahan
18.71.20Bumi Waras5Bumi RayaBumi WarasGaruntangKangkungSukaraja
18.71.17Enggal6EnggalGunung SariPahomanPelitaRawa LautTanjung Karang
18.71.18Kedamaian7Bumi KedamaianKalibalau KencanaKedamaianTanjung Agung RayaTanjung BaruTanjung GadingTanjung Raya
18.71.01Kedaton7KedatonPenengahanPenengahan RayaSidodadiSukamenantiSukamenanti BaruSurabaya
18.71.13Kemiling9Beringin JayaBeringin RayaKedaungKemiling PermaiKemiling RayaPinang JayaSumber AgungSumber RejoSumber Rejo Sejahtera
18.71.14Labuhan Ratu6Kampung BaruKampung Baru RayaKota SepangLabuhan RatuLabuhan Ratu RayaSepang Jaya
18.71.16Langkapura5Bilabong JayaGunung AgungGunung TerangLangkapuraLangkapura Baru
18.71.04Panjang8Karang MaritimKetapangKetapang KualaPanjang SelatanPanjang UtaraPidadaSrengsemWay Lunik
18.71.10Rajabasa7Gedong MenengGedong Meneng BaruRajabasaRajabasa JayaRajabasa NunyaiRajabasa PemukaRajabasa Raya
18.71.12Sukabumi7Campang JayaCampang RayaNusantara PermaiSukabumiSukabumi IndahWay GubakWay Laga
18.71.02Sukarame6Korpri JayaKorpri RayaSukarameSukarame BaruWay DadiWay Dadi Baru
18.71.11Tanjung Senang5Labuhan DalamPematang WangiPerumnas Way KandisTanjung SenangWay Kandis
18.71.03Tanjung Karang Barat7Gedong AirKelapa Tiga PermaiSegala MiderSukadanahamSukajawaSukajawa BaruSusunan Baru
18.71.06Tanjung Karang Pusat7Durian PayungGotong RoyongKaliawiKaliawi PersadaKelapa TigaPalapaPasir Gintung
18.71.05Tanjung Karang Timur5Kebon JerukKota BaruSawah BrebesSawah LamaTanjung Agung
18.71.08Teluk Betung Barat5BakungBatu PutukKuripanNegeri Olok GadingSukarame II
18.71.07Teluk Betung Selatan6Gedong PakuanGunung MasPesawahanSumur PutriTalangTeluk Betung
18.71.19Teluk Betung Timur6KeteguhanKota KarangKota Karang RayaPerwataSukamajuWay Tataan
18.71.09Teluk Betung Utara6Gulak GalikKupang KotaKupang RayaKupang TebaPengajaranSumur Batu
18.71.15Way Halim6Gunung SulahJagabaya IJagabaya IIJagabaya IIIPerumnas Way HalimWay Halim Permai
TOTAL126

Kirim Mobil Jakarta Bandar Lampung – Daerah ini mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan antara lain di sektor perkebunan dengan komoditas utama yang dihasilkan berupa cengkih, kakao, kopi robusta, kelapa dalam, kelapa hibrida. Kontributor utama perekonomian daerah ini adalah disektor industri pengolahan. Terdapat berbagai industri yang bahan bakunya berasal dari bahan tanaman dan perkebunan, industri tersebut sebagian besar merupakan industri rumah tangga yang mengolah kopi, pisang menjadi keripik pisang, dan lada.

Hasil industri ini kemudian menjadi komoditas perdagangan dan ekspor. Perdagangan menjadi tumpuan mata pencaharian penduduk setelah pertanian. Keberadaan infrastruktur berupa jalan darat yang memadai akan lebih memudahkan para pedagang utuk berinteraksi sehingga memperlancar baik arus barang maupun jasa.[17]

Sebagai Salah Satu Kota terbesar di Sumatra, Bandar Lampung memainkan peranan penting dalam pengembangan dan kegiatan ekonomi di pulau Sumatra, Dan Sebagai Kota yang bergerak menuju kota metropolitan, Bandar Lampung menjadi pusat kegiatan perekonomian di daerah Lampung. Sebagian besar penduduknya bergerak dalam bidang jasa, industri, dan perdagangan. Dewasa ini terdapat beberapa supermarket yang cukup besar. Pusat perbelanjaan modern yang terdapat di Bandar Lampung

Berdasarkan klasifikasi Schmidt dan Fergusson, iklim Bandar Lampung tipe A; sedangkan menurut zone agroklimat Oldeman 1978, tergolong zona D3, yang berarti lembap sepanjang tahun. Curah hujan berkisar antara 2.257 – 2.454 mm/tahun. Jumlah hari hujan 76-166 hari/tahun. Kelembaban udara berkisar 60-85%, dan suhu udara 23-37 °C. Kecepatan angin berkisar 2,78-3,80 knot dengan arah dominan dari Barat (November-Januari), Utara (Maret-Mei), Timur (Juni-Agustus), dan Selatan (September-Oktober).

Parameter iklim yang sangat relevan untuk perencanaan wilayah perkotaan adalah curah hujan maksimum, karena terkait langsung dengan kejadian banjir dan desain sistem drainase. Berdasarkan data selama 14 tahun yang tercatat di stasiun klimatologi Pahoman dan Sumur Putri (Kecamatan Teluk Betung Utara), dan Sukamaju Kubang (Kecamatan Panjang), curah hujan maksimum terjadi antara bulan Desember sampai dengan April, dan dapat mencapai 185 mm/hari.

Topografi

Kirim Mobil Jakarta Bandar Lampung – Topografi Kota Bandar Lampung sangat beragam, mulai dari dataran pantai sampai kawasan perbukitan hingga bergunung, dengan ketinggian permukaan antara 0 sampai 500 m daerah dengan topografi perbukitan hinggga bergunung membentang dari arah Barat ke Timur dengan puncak tertinggi pada Gunung Betung sebelah Barat dan Gunung Dibalau serta perbukitan Batu Serampok disebelah Timur. Topografi tiap-tiap wilayah di Kota Bandar Lampung adalah sebagai berikut:

  • Wilayah pantai terdapat disekitar Teluk Betung dan Panjang dan pulau di bagian Selatan
  • Wilayah landai/dataran terdapat disekitar Kedaton dan Sukarame di bagian Utara
  • Wilayah perbukitan terdapat di sekitar Telukbetung bagian Utara
  • Wilayah dataran tinggi dan sedikit bergunung terdapat disekitar Tanjung Karang bagian Barat yaitu wilayah Gunung Betung, Sukadana Ham, dan Gunung Dibalau serta perbukitan Batu Serampok di bagian Timur.

Dilihat dari ketinggian yang dimiliki, Kecamatan Kedaton dan Rajabasa merupakan wilayah dengan ketinggian paling tinggi dibandingkan dengan kecamatan-kecamatan lainnya yaitu berada pada ketinggian maksimum 700 mdpl. Sedangkan Kecamatan Teluk Betung Selatan dan Kecamatan Panjang memiliki ketinggian masing-masing hanya sekitar 2 – 5 mdpl atau kecamatan dengan ketinggian paling rendah/minimum dari seluruh wilayah di Kota Bandar Lampung.

Related posts

Wisata Subulussalam Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Jakarta Selatan Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Prabumulih Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Medan Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Cimahi Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Samarinda Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Batam Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Kediri Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Jawa Tengah Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Leave a Comment