Wisata

Wisata Banjarbaru Cara Membuat Rencananya

Wisata Banjarbaru Cara Membuat Rencananya

Kirim Mobil Jakarta Banjarbaru – Kota Banjarbaru adalah salah satu kota di Provinsi Kalimantan Selatan. Dahulu, Kota Banjarbaru merupakan sebuah kota administratif yang dimekarkan dari Kabupaten Banjar. Jauh pada masa sebelumnya sebagian besar wilayahnya merupakan Kawedanan di dalam Kabupaten Banjar.

Kota Banjarbaru berdiri pada tanggal 20 April 1999 dan memiliki luas wilayah 371,38 km². Seluruh wilayah Kota Banjarbaru merupakan bagian dari kawasan Banjar Bakula. Banjarbaru terbagi atas 5 kecamatan dan 12 kelurahan, dengan jumlah penduduk 472.719 jiwa (2020).

kirim mobil jakarta tapin
kirim mobil jakarta tanah laut
kirim mobil jakarta tanah bumbu
kirim mobil jakarta tabalong

Wilayah Banjarbaru sekarang, dulunya adalah perbukitan dipinggiran Martapura yang dikenal dengan nama Gunung Apam. Daerah Gunung Apam dikenal sebagai daerah peristirahatan buruh-buruh penambang intan selepas menambang di Cempaka.

Pada era tahun 1950-an, Gubernur Dr. Murjani dibantu seorang perencana D.A.W Van der Pijl merancang Banjarbaru sebagai Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan. Namun pada perjalanan selanjutnya, perencanaan ini terhenti sampai pada perubahan status Kota Banjarbaru menjadi Kota Administratif.

Jasa Kirim Mobil
Jasa Kirim Mobil

Kota Banjarbaru berdiri berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1999. Lahirnya undang-undang tersebut menandai berpisahnya Kota Banjarbaru dari Kabupaten Banjar yang selama ini merupakan daerah administrasi induk. Kota Banjarbaru yang sebelumnya berstatus sebagai Kota Administratif, sempat berpredikat sebagai kota administratif tertua di Indonesia.

Kota Banjarbaru terletak pada koordinat 03°27′ – 03°29′ LS dan 114°45′ – 114°48′ BT. Posisi geografis Kota Banjarbaru terhadap Kota Banjarmasin adalah 35 km sebelah tenggara Kota Banjarmasin. Selain itu, Kota Banjarbaru merupakan kota penghasil intan yang terdapat di Kecamatan Cempaka yang merupakan pusat pemukiman atau perkampungan tertua Suku Banjar yang ada di kota ini.

Kirim Mobil Jakarta Banjarbaru – Berikut ini adalah daftar kecamatan dan kelurahan/desa di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan SelatanIndonesia. Kota Banjarbaru terdiri dari 5 kecamatan dan 20 kelurahan. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 221.735 jiwa dengan luas wilayah 371,00 km² dan sebaran penduduk 597 jiwa/km².[1][2]

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Banjarbaru, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
KecamatanJumlah
Kelurahan
Daftar
Kelurahan
63.72.05Banjarbaru Selatan4Guntung PaikatKemuningLoktabat SelatanSungai Besar
63.72.04Banjarbaru Utara4KometLoktabat UtaraMentaosSungai Ulin
63.72.03Cempaka4BangkalCempakaPalamSungai Tiung
63.72.02Landasan Ulin4Guntung ManggisGuntung PayungLandasan Ulin TimurSyamsudin Noor
63.72.06Liang Anggang4Landasan Ulin BaratLandasan Ulin SelatanLandasan Ulin TengahLandasan Ulin Utara
TOTAL20

Related posts

Wisata Prabumulih Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Bekasi Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Kendari Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Kalimantan Selatan Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Parepare Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Palu Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Jakarta Timur Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Kalimantan Tengah Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Pagaralam Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Leave a Comment