Wisata

Wisata Banten Cara Membuat Rencananya

Wisata Banten Cara Membuat Rencananya – Banten adalah sebuah provinsi, wilayah paling barat di Pulau Jawa, Indonesia. Provinsi ini pernah menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat daerah ini menjadi wilayah pemekaran sejak tahun 2000, dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. Pusat pemerintahannya berada di Kota Serang.

Geografis
Jasa Kirim Mobil Banten – Wilayah Banten terletak di antara 5º7’50”-7º1’11” Lintang Selatan dan 105º1’11”-106º7’12” Bujur Timur, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2000 luas wilayah Banten adalah 9.160,70 km². Provinsi Banten terdiri dari 4 kota, 4 kabupaten, 154 kecamatan, 262 kelurahan, dan 1.273 desa.

Wilayah laut Banten merupakan salah satu jalur laut potensial. Selat Sunda merupakan salah satu jalur lalu lintas laut yang strategis karena dapat dilalui kapal besar yang menghubungkan Australia dan Selandia Baru dengan kawasan Asia Tenggara misalnya Thailand, Malaysia, dan Singapura. Di samping itu Banten merupakan jalur penghubung antara Jawa dan Sumatra. Bila dikaitkan posisi geografis dan pemerintahan, maka wilayah Banten terutama daerah Tangerang Raya (Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan) merupakan wilayah penyangga bagi Jakarta. Secara ekonomi wilayah Banten memiliki banyak industri. Wilayah Provinsi Banten juga memiliki beberapa pelabuhan laut yang dikembangkan sebagai antisipasi untuk menampung kelebihan kapasitas dari pelabuhan laut di Jakarta dan ditujukan untuk menjadi pelabuhan alternatif selain Singapura.

Provinsi Banten terdiri atas 4 kabupaten dan 4 kotamadya. Berikut adalah daftar kabupaten, dan kotamadya di Banten, beserta ibu kota.

No.Kabupaten/kotaPusat pemerintahanBupati/wali kotaLuas wilayah (km²)[7]Jumlah penduduk (2017)[7]KecamatanKelurahan/desaLogoCiutkanPeta lokasi
1Kabupaten LebakRangkasbitungIti Octavia Jayabaya3.426,561.222.258285/340
2Kabupaten PandeglangPandeglangIrna Narulita2.746,891.175.1483513/326
3Kabupaten SerangCiruasRatu Tatu Chasanah1.734,281.435.00329-/326
4Kabupaten TangerangTigaraksaAhmed Zaki Iskandar1.011,862.619.8032928/246
5Kota CilegonEdi Ariadi175,50404.426843/-
6Kota SerangSyafrudin266,71630.320666/-
7Kota TangerangArief Rachadiono Wismansyah153,931.651.42813104/-
8Kota Tangerang SelatanAirin Rachmi Diany147,191.244.204754/-

Transportasi
Jasa Kirim Mobil Banten – Provinsi Banten yang berada di wilayah ujung barat Pulau Jawa memiliki posisi yang sangat strategis, dan memiliki potensi ekonomi yang sangat besar baik skala lokal, regional, nasional, bahkan skala internasional. Memfasilitasi terhadap pergerakan barang, dan penumpang yang dari, dan ke pusat-pusat kegiatan nasional, wilayah, maupun lokal yang ada di Provinsi Banten menjadi sangat penting dalam upaya mendukung pengembangan ekonomi di wilayah Provinsi Banten.

Provinsi Banten dibagi menjadi tiga Wilayah Kerja Pembangunan yang mempunyai ikon atau ciri khas prasarana perhubungan di Provinsi Banten karena aktivitasnya yang lebih menonjol dibandingkan dengan prasarana perhubungan lainnya.

Wilayah Kerja I, yaitu Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. Di dalamnya terdapat Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan gerbang masuknya barang, dan penumpang melalui transportasi udara ke Indonesia.
Wilayah Kerja II, yaitu Kota Cilegon, dan Kabupaten Serang. Di dalamnya terdapat pelabuhan penyeberangan Merak yang menjadi gerbang masuknya barang, dan penumpang dari Pulau Sumatra ke Pulau Jawa.
Wilayah Kerja III, yaitu Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak. Di dalamnya terdapat Stasiun Kereta Api yang merupakan gerbang masuk barang, dan penumpang terutama dari, dan ke Jakarta.
Secara umum, sektor perhubungan dapat dikategorikan ke dalam tiga bagian yaitu perhubungan darat, perhubungan laut, dan perhubungan udara. Ketiga bagian tersebut mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun perekonomian di Provinsi Banten.

Wisata Banten

Siap-siap dibikin terpukau sama objek wisata yang ada di Banten! Buat kamu yang belum tau, ternyata Banten punya berbagai destinasi yang keren dan masih bersih. Alamnya indah dan bakal bikin kamu betah menghabiskan waktu berlama-lama di sini.

Gak cuman dua atau tiga, Airy punya puluhan rekomendasi wisata Banten untuk kamu kunjungi pas liburan nanti. Penasaran? Cek rekomendasi di bawah ini, yuk!

Pulau Sangiang

Pertama, ada Pulau Sangiang. Tempatnya masih asri dan pemandangan di sini keren banget! Untuk sampai di Pulau Sangiang, kamu bisa menyebrang menggunakan kapal dari Pelabuhan Paku atau Cikoneng. Punya pesona yang memukau, destinasi wisata Banten ini sering dikunjungi turis lokal maupun mancanegara!

Lokasi Pulau Sangiang
Sepatan Timur, Tangerang, Banten

Wisata Leuwi Bumi

Mau tau cara paling ampuh buat melepas lelah? Sini Airy bisikin! Caranya adalah main ke wisata alam yang masih segar. Di Curug Leuwi Bumi Indah ini, kamu bisa main air sepuasnya. Pulang dari sini, rasa letihmu akan berubah jadi sukacita!

Lokasi Wisata Leuwi Bumi
Ramea, Mandalawangi, Pandeglang, Banten

Gunung Pinang Serang

Siapa yang suka ketinggian? Kalau kamu orangnya, sini mampir ke Gun-Pin alias Gunung Pinang serang! Tempatnya keren dan pemandangannya bagus banget. Pokoknya, instagenic banget, deh. Saking serunya, hunting foto di sini bakal bikin kamu lupa waktu.

Lokasi Gunung Pinang Serang
Sukadalem, Waringinkurung, Serang, Banten

Keraton Surosowan

Bukan cuman di pantai, sunset yang menawan juga bisa kamu saksikan dari Keraton Surosowan. Punya gedung yang tua namun tetap terjaga, suasana sunset di tempat ini makin tampak menawan. Coba lihat gambar di atas. Keren, kan?

Lokasi Keraton Surosowan
Jl. Masjid Agung Banten, Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten

Negeri di Atas Awan, Citorek

Pas kecil dulu, pernah gak sih, kamu punya mimpi nyentuh dan berdiri di dekat awan? Kalau sebelumnya hal ini cuma bisa kamu lakukan pas di pesawat, sekarang kamu bisa memandangnya langsung tanpa dihalangi kaca jendela! Caranya dengan berkunjung ke Negeri di Atas Awan Citorek. Tempatnya bagus dan bikin hati tenang!

Lokasi Negeri Di Atas Awan, Citorek
GUNUNG LUHUR, Citorek Kidul, Kabupaten Lebak, Banten

Pulau Merak Besar

Pemandangan sekeren ini bisa kamu temukan di Banten. Ditambah aksesnya yang mudah, gak ada alasan untuk batal main ke sini. Buat kamu yang naik kendaraan umum, bisa naik kereta dan turun di Stasiun Merak. Dari stasiun, jaraknya udah dekat ke Pulau Merak Besar ini.

Lokasi Pulau Merak Besar
Tamansari, Pulomerak, Cilegon City, Banten

Pantai Anyer

“Ku lari ke hutan, kemudian menyanyiku. Ku lari ke pantai, kemudian teriakku”. Cie, yang hafal. Kamu fans-nya Cinta dan Rangga di AADC, ya? Kutipan puisi tadi emang pas banget buat yang lagi mau buang penat dan main ke pantai. Salah satunya Pantai Anyer ini. Berdiri di tepi airnya sambil menikmati angin sepoi-sepoi, amboi, tenang banget!

Lokasi Pantai Anyer
Jl. Raya Anyer-Sirih, Sindanglaya, Serang, Banten

Tomo Waterfall Padarincang

Sempat viral beberapa waktu yang lalu, masyarakat seakan menemukan harta tersembunyi pas mengetahui keberadaan Tomo Waterfall Padarincang ini. Dikelilingi bebatuan raksasa, ada sebuah curug yang keren. Main di sini seru banget, lho!

Lokasi Tomo Waterfall Padarincang
Cikupa pematang kandis, Ramea, Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten

Curug Cihear

Nah, kalau objek wisata Banten yang satu ini cocok banget dikunjungi bersama teman-teman. Di sini, kalian bisa seru-seruan bareng sambil main air. Ingat, hangout itu gak melulu harus di cafe, lho. Liburan di wisata alam begini juga gak kalah seru!

Lokasi Curug Cihear
Lebaksitu, Lebakgedong, Lebak Regency, Banten

Goa Langir

Goa yang keren ini berlokasi di Desa Sawarna. Selain hunting foto, pengunjung juga sering datang ke sini untuk panjat tebing. Bukan cuman goa-nya yang terkenal, tebing-tebing karang di sini juga gak kalah menarik.

Lokasi Goa Langir
Sawarna, Bayah, Lebak Regency, Banten

Ciporong, Merak

Manjakan mata dan segarkan pikiran, destinasi wisata Banten ini bisa jadi pilihan! Datang ke sini, kamu bakal disambut suara air yang tenang banget. Kalau gak pingin berenang, kamu cukup masukkan kedua kakimu ke dalam curug dan rasakan airnya yang dingin dan adem.

Lokasi Ciporong
CIPORONG, Mekarsari, Pulomerak, Cilegon, Banten

Nusa Bali Beach, Anyer

Eits, kamu gak salah baca, kok. Meski namanya Nusa Bali Beach, pantai ini bukan berada di pulau dewata lho, ya. Masih di sekitar Anyer, pantai kece ini wajib kamu kunjungi pas liburan di Banten nanti!

Lokasi Nusa Bali Beach, Anyer
Jl. Raya Karang Bolong KM 133.5, Anyer, Bandulu, Kec. Anyar, Serang, Banten

Cikujang Gunung Kencana

Selain pemandangannya keren banget, pengelola Cikujang Gunung Kencana ini kreatif banget. Pas datang ke sini, kamu bisa menemukan beberapa spot foto buatan yang bikin hasil jepretanmu nanti makin ciamik. Siapin pose keren yang banyak, ya!

Lokasi Cikujang Gunung Kencana
Ciginggang, Gunung kencana, Lebak, Banten

Arumdalu Farm

Nah, kalau Arumdalu Farm, cocok dikunjungi bersama pasangan. Tempatnya romantis dan keren abis! Masuk ke sini, kamu perlu membayar tiket sebesar Rp20.000. Tapi, harga ini sudah termasuk segelas teh bunga telang. Sudah pernah coba, belum? Kalau belum, kamu harus ke sini, ya!

Lokasi Arumdalu Farm
Scientia Square Park, Jl. Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten

Batu Gede Sayar

Nikmati pemandangan Banten yang masih hijau dan asri dari sini! Berdiri di sisi Batu Gede Sayar, sejauh mata memandang, terhampar persawahan yang luas dan menawan banget. Kalau mata mulai lelah dengan pemandangan perkotaan, kamu wajib refreshing ke sini!

Lokasi Batu Gede Sayar
Sayar, Taktakan, Serang City, Banten

Bukit Padi

Hamparan bukit luas nan hijau dipadukan dengan pantai biru, pemandangan spesial ini tersaji di Bukit Padi. Suasananya nyaman dan cocok buat “kabur” dari rutinitas yang super padat!

Alamat Bukit Padi
Des. Tanjung Jaya Panimbang. Kab. Pandeglang, Banten

Pantai Binuangeun

Di antara luasnya pantai di Banten, salah satunya adalah Pantai Binuangeun ini, Airnya masih biru dan di sini banyak pohon kelapa! Pas main ke sini, siap-siap disambut angin sepoi-sepoi, ya!

Alamat Pantai Binuangeun
Muara, Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten

Pulau Tiga Serang

Di tengah sinar matahari yang panas dan nyengat banget, pantai di Pulau Tiga Serang ini lengkap dengan pondok-pondok untuk bersantai. Selain buat nyantai, bisa jadi background foto juga. Asyik, ya!

Alamat Pulau Tiga Serang
Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten\

Curug Cikotak

Air di curug ini bening banget! Bahkan dari kejauhan, kamu bisa lihat bebatuan di dasar curug. Pokoknya masih super bagus. Kalau main ke sini dan masu basah-basahan, jangan lupa bawa baju ganti, ya!

Alamat Curug Cikotak
Cibojong, Padarincang, Serang, Banten

Pantai Batu Hideung

Hayo, yang udah lama gak dapat asupan vitamin see! Sini main ke Pantai Batu Hideung. Objek wisata Banten ini ampuh banget mengusir rasa penat dan bosan. Oh, iya. Sunset di sini bagus banget! Jadi, jangan beranjak sebelum matahari tenggelam, ya.

Alamat Pantai Batu Hideung
Panimbang-Tj Jaya, Mekarsari, Panimbang, Mekarsari, Panimbang, Tanjungjaya, Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten

Pulau Oar

Siapa yang mulai bosan ngedate di mall aja? Akhir pekan nanti, coba ajak pasanganmu ke Pulau Oar. Jaraknya gak terlalu jauh dari Jakarta, lho. Pemandangan di sini juga bagus dan romantis banget. Cocok buat kamu yang mau quality time bareng si dia!

Alamat Pulau Oar
Kertajaya, Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten

Pantai Bugel Mega Camara

Bukan pantai biasa. Salah satu yang mencuri perhatian dari pantai ini adalah, ada sebuah pohon yang berdiri tegak di salah satu sisinya. Kalau kamu fotoan di sini, hasilnya bagus dan instagenic banget!

Alamat Pantai Bugel Mega Camara
Banyuasih, Cigeulis, Pandeglang, Banten

Pulau Peucang

Satu lagi pantai di Banten yang wajib masuk list. Namanya Pantai Pasir Putih Pulau Liwungan. Duduk santai di tepi pantai sambil tiduran sejenak, pikiran bakal segar dan siap punya ide-ide fresh. Kamu bakal makin semangat bekerja!

Related posts

Wisata Medan Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Pematangsiantar Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Bukittinggi Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Sabang Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Bekasi Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Sulawesi Tengah Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Bontang Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Bengkulu Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Tasikmalaya Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Leave a Comment