Wisata

Wisata Binjai Cara Membuat Rencananya

Wisata Binjai Cara Membuat Rencananya

Kirim Mobil Jakarta Binjai – Binjai adalah salah satu kota (dahulu daerah tingkat II berstatus kotamadya) dalam wilayah provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Binjai terletak 22 km di sebelah barat ibu kota provinsi Sumatra Utara, Medan. Sebelum berstatus kotamadya, Binjai adalah ibu kota Kabupaten Langkat yang kemudian dipindahkan ke Stabat. Binjai berbatasan langsung dengan Kabupaten Langkat di sebelah barat dan utara serta Kabupaten Deli Serdang di sebelah timur dan selatan. Binjai merupakan salah satu daerah dalam proyek pembangunan Mebidang yang meliputi kawasan Medan, Binjai dan Deli Serdang. Saat ini, Binjai dan Medan dihubungkan oleh jalan raya Lintas Sumatra yang menghubungkan antara Medan dan Banda Aceh. Oleh karena ini, Binjai terletak di daerah strategis di mana merupakan pintu gerbang Kota Medan ditinjau dari provinsi Aceh.

Binjai sejak lama dijuluki sebagai kota rambutan karena rambutan Binjai memang sangat terkenal. Bibit rambutan asal Binjai ini telah tersebar dan dibudidayakan di berbagai tempat di Indonesia seperti Blitar, Jawa Timur menjadi komoditas unggulan daerah tersebut.

kirim mobil jakarta toba
kirim mobil jakarta tapanuli utara
kirim mobil jakarta tapanuli tengah
kirim mobil jakarta tapanuli selatan

Sejarah

Pada masa silam kota Binjai disebut sebagai sebuah kota yang terletak di antara Sungai Mencirim di sebelah timur dan Sungai Bingai di sebelah barat, terletak di antara dua kerajaan Melayu yaitu Kesultanan Deli dan Kerajaan Langkat. Berdasarkan penuturan para leluhur, baik yang dikisahkan atau yang diriwayatkan dalam berbagai tulisan yang pernah dijumpai, kota Binjai itu berasal dari sebuah kampung yang kecil terletak di pinggir Sungai Bingai, kira-kira di Kelurahan Pekan Binjai yang sekarang. Upacara adat dalam rangka pembukaan Kampung tersebut diadakan di bawah sebatang pohon Binjai (Mangifera caesia) yang rindang yang batangnya amat besar, tumbuh kokoh di pinggir Sungai Bingai yang bermuara ke Sungai Wampu, sungai yang cukup besar dan dapat dilayari sampan-sampan besar yang berkayuh sampai jauh ke udik.[6]

Di sekitar pohon Binjai yang besar itulah kemudian dibangun beberapa rumah yang lama-kelamaan menjadi besar dan luas yang akhirnya berkembang menjadi bandar atau pelabuhan yang ramai didatangi oleh tongkang-tongkang yang datang dari Stabat, Tanjung Pura dan juga dari Selat Malaka. Kemudian nama pohon Binjai itulah yang akhirnya melekat menjadi nama kota Binjai. Konon pohon Binjai ini adalah sebangsa pohon embacang dan istilahnya berasal dari bahasa Karo.

Jasa Kirim Mobil
Jasa Kirim Mobil

Dalam versi lain yang merujuk dari beberapa referensi, asal-muasal kata “Binjai” merupakan kata baku dari istilah “Binjéi” yang merupakan makna dari kata “ben” dan “i-jéi” yang dalam bahasa Karo artinya “bermalam di sini”. Pengertian ini dipercaya oleh masyarakat asli kota Binjai, khususnya etnis Karo merupakan cikal-bakal kota Binjai pada masa kini. Hal ini berdasarkan fakta sejarah, bahwa pada masa dahulu kala, kota Binjai merupakan perkampungan yang berada di jalur yang digunakan oleh “Perlanja Sira” yang dalam istilah Karo merupakan pedagang yang membawa barang dagangan dari dataran tinggi Karo dan menukarnya (barter) dengan pedagang garam di daerah pesisir Langkat. Perjalanan yang ditempuh Perlanja Sira ini hanya dengan berjalan kaki menembus hutan belantara menyusuri jalur tepi sungai dari dataran tinggi Karo ke pesisir Langkat dan tidak dapat ditempuh dalam waktu satu atau dua hari, sehingga selalu bermalam di tempat yang sama, begitu juga sebaliknya, kembali dari dataran rendah Karo yaitu pesisir Langkat, Para perlanja sira ini kembali bermalam di tempat yang sama pula, selanjutnya seiring waktu menjadi sebuah perkampungan yang mereka namai dengan “Kuta Benjéi”

Kirim Mobil Jakarta Binjai – Letak geografis Binjai 03°03’40” – 03°40’02” LU dan 98°27’03” – 98°39’32” BT. Ketinggian rata-rata adalah 28 meter di atas permukaan laut. Sebenarnya, Binjai hanya berjarak 8 km dari Medan bila dihitung dari perbatasan di antara kedua wilayah yang dipisahkan oleh Kabupaten Deli Serdang. Jalan Raya Medan Binjai yang panjangnya 22 km, 9 km pertama berada di dalam wilayah Kota Medan, Km 10 sampai Km 17 berada dalam wilayah Kabupaten Deli Serdang dan mulai Km 17 adalah berada dalam wilayah Kota Binjai.

Ada 2 sungai yang membelah Kota Binjai yaitu Sungai Bingai dan Mencirim yang menyuplai kebutuhan sumber air bersih bagi PDAM Tirta Sari Binjai untuk kemudian disalurkan untuk kebutuhan penduduk kota. Namun di pinggiran kota, masih banyak penduduk yang menggantungkan kebutuhan air mereka kepada air sumur yang memang masih layak dikonsumsi.

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Binjai

Kirim Mobil Jakarta Binjai – Kota Binjai terdiri dari 5 kecamatan dan 37 kelurahan dengan luas wilayah mencapai 59,19 km² dan jumlah penduduk sekitar 274.697 jiwa (2017) dengan kepadatan penduduk 89 jiwa/km².

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Binjai, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
KecamatanJumlah
Kelurahan
StatusDaftar
Desa/Kelurahan
12.75.03Binjai Barat6KelurahanBandar SenembahLimau MungkurLimau SundaiPaya RobaSuka MajuSuka Ramai
12.75.02Binjai Kota7KelurahanBerngamBinjaiKartiniPekan BinjaiSatriaSetiaTangsi
12.75.05Binjai Selatan8KelurahanBhakti KaryaBinjai EstatePujidadiRambung BaratRambung DalamRambung TimurTanah MerahTanah Seribu
12.75.04Binjai Timur7KelurahanDataran TinggiMencirimSumber KaryaSumber MulyorejoTanah TinggiTimbang LangkatTunggurono
12.75.01Binjai Utara9KelurahanCengkeh TuriDamaiJati KaryaJati MakmurJati UtomoJatinegaraKebun LadaNangkaPahlawan
TOTAL37

Related posts

Wisata Mataram Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Kediri Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Palopo Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Sulawesi Utara Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Lubuklinggau Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Kalimantan Barat Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Banjarbaru Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Pematangsiantar Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Nusa Tenggara Barat Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Leave a Comment