Wisata

Wisata Gorontalo Cara Membuat Rencananya

Wisata Gorontalo Cara Membuat Rencananya – Gorontalo adalah provinsi di Indonesia yang lahir pada tanggal 5 Desember 2000 dan memiliki ibu kota provinsi bernama sama yaitu, Kota Gorontalo. Sama halnya dengan ibu kotanya, Provinsi Gorontalo terkenal dengan julukan “Serambi Madinah”. Dalam catatan sejarah Indonesia, satu-satunya Presiden RI yang berasal dari Suku Gorontalo adalah Presiden Republik Indonesia ke-3, Prof. DR. Ing. B.J. Habibie, dari garis keturunan ayahnya yang memiliki marga Habibie, yaitu Alwi Abdul Jalil Habibie.[9]

Seiring dengan munculnya pemekaran wilayah yang berkenaan dengan otonomi daerah di era Reformasi, provinsi ini kemudian dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2000, tertanggal 22 Desember dan menjadi provinsi ke-32 di Indonesia.

Jasa Pengiriman Mobil Makassar Gorontalo – Provinsi Gorontalo terletak pada Semenanjung Gorontalo di Pulau Sulawesi, tepatnya di bagian barat dari Provinsi Sulawesi Utara. Luas wilayah provinsi ini 12.435,00 kmĀ² dengan jumlah penduduk sebanyak 1.166.142 jiwa (2018), dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 0.91%.[10]

Etimologi
Menurut catatan “Hikayat Gorontalo”, daerah yang selama ini dikenal dengan istilah “Semenanjung Gorontalo” yang ada sekarang ini berasal dari sebuah pulau. Lama-kelamaan, air laut di sekitar pulau itu pun surut dan pada akhirnya muncullah tiga gunung, yang salah satunya adalah gunung Tilongkabila. Adapun sebuah lembah di sebelah selatan Gunung Tilongkabila tersebut dicatat dalam sejarah sebagai wilayah yang bernama “Hulontalangi”, yang kemudian hari dikenal sebagai daerah “Hulontalo” atau Gorontalo, yang juga merupakan cikal bakal wilayah Kota Gorontalo[12].

Asal Usul Gorontalo
Kata Gorontalo pada dasarnya berasal dari kata Hulontalo dalam bahasa Gorontalo. Hulontalo itu sendiri berasal dari kata dasar Hulontalangi, sebuah nama salah satu Kerajaan di Gorontalo. Selain itu, terdapat beberapa catatan sejarah mengenai asal muasal dari nama Gorontalo, diantaranya[13]:

a. Gorontalo berasal dari kata “Hulontalangi”, yang bermakna “Lembah Mulia”.

Hulontalangi berasal dari dua suku kata, yaitu “Huluntu” yang berarti “Lembah” dan “Langi” yang berarti “Mulia”.

b. Gorontalo berasal dari kata “Hulontalangi”, yang bermakna “Daratan yang Tergenang”.

Kata “Hulontalangi” dalam penerjemahan lain berasal dari dua suku kata, yaitu “Huntu” yang berarti “Onggokan Tanah” atau “Daratan”, dan “Langi-Langi” yang berarti “Tergenang”. Maka kata “Hulontalangi” dapat pula diartikan sebagai “Daratan yang Tergenang Air” sesuai dengan cerita turun temurun masyarakat Gorontalo.

c. Gorontalo berasal dari kata “Huidu Totolu”, yang bermakna “Tiga Gunung”.

Jika ditelusuri sejarahnya, terdapat tiga gunung purba di semenanjung Gorontalo yaitu Gunung Malenggalila, Gunung Tilonggabila (berubah menjadi Tilongkabila) dan satu Gunung lagi yang tidak bernama.

d. Gorontalo berasal dari kata “Pogulatalo”, yang bermakna “Tempat Menunggu”.

Kata “Pogulatalo” lambat laun berubah dalam ucapan masyarakat menjadi “Hulatalo”

e. Gorontalo berasal dari kata “Hulontalo”.

Namun, karena kesulitan dalam pengucapannya maka para penjajah Belanda menyebut “Hulontalo” menjadi “Gorontalo”.

Sejarah
Jasa Pengiriman Mobil Makassar Gorontalo – Menurut catatan sejarah, Jazirah Semenanjung Gorontalo (Gorontalo Peninsula) terbentuk kurang lebih 1300 tahun lalu, di mana Kerajaan Suwawa telah ditemukan berdiri pada sekitar tahun 700 Masehi atau pada abad ke-8 Masehi.[19] Hal ini diperkuat dengan ditemukannya makam para Raja di tepian hulu sungai Bulawa. Tidak hanya itu, makam Raja Suwawa lainnya dapat kita temukan di hulu sungai Bone, yaitu makam Raja Moluadu (salah seorang Raja di Kerajaan Suwawa) bersama dengan makam istrinya dan anaknya.

Namun, sebagai salah satu jazirah tertua di Sulawesi dan Nusantara, Semenanjung Gorontalo pun tidak hanya memiliki catatan sejarah pada prasasti makam-makam Rajanya dahulu, melainkan pula memiliki situs prasejarah yang telah ditemukan. Situs Oluhuta, merupakan sebuah situs prasejarah dan memiliki makam prasejarah di dalamnya. hal ini dapat menjadi bukti bahwa Gorontalo telah memiliki peradaban yang sangat lampau.[20]

Sementara itu, Kota Gorontalo merupakan salah satu kota tua di Pulau Sulawesi selain Kota Makassar dan Manado. Diperkirakan, Kota Gorontalo sudah terbentuk sejak kurang lebih 400 tahun yang lalu atau sekitar tahun 1500-an pada abad ke-16. Kota Gorontalo pada saat itu menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam di Kawasan Timur Indonesia, selain Ternate (sekarang bagian dari Provinsi Maluku Utara).[21]

Seiring dengan penyebaran agama tersebut, Kota Gorontalo akhirnya menjadi pusat pendidikan dan perdagangan masyarakat di wilayah “Tomini-Bocht” seperti Wilayah Bolaang Mongondow (Sulawesi Utara), Wilayah Buol, Wilayah Luwuk, Banggai, Donggala (Sulawesi Tengah) bahkan sampai ke Sulawesi Tenggara. Hal ini dikarenakan, Kota Gorontalo memiliki letak yang sangat strategis, posisinya menghadap langsung ke Teluk Tomini (bagian selatan) dan Laut Sulawesi (bagian utara).[21]

Kerajaan Gorontalo mulanya berada di Kelurahan Hulawa Kecamatan Telaga sekarang, tepatnya di pinggiran sungai Bolango. Menurut Penelitian, pada tahun 1024 H, kota Kerajaan ini dipindahkan dari Keluruhan Hulawa ke Dungingi Kelurahan Tuladenggi Kecamatan Kota Barat sekarang. Kemudian dimasa Pemerintahan Sultan Botutihe kota Kerajaan ini dipindahkan dari Dungingi di pinggiran sungai Bolango, ke satu lokasi yang terletak antara dua kelurahan yaitu Kelurahan Biawao dan Kelurahan Limba B. Dengan letaknya yang stategis yang menjadi pusat pendidikan dan perdagangan serta penyebaran agama islam maka pengaruh Gorontalo sangat besar pada wilayah sekitar, bahkan menjadi pusat pemerintahan yang disebut dengan Kepala Daerah Sulawesi Utara Afdeling Gorontalo yang meliputi Gorontalo dan wilayah sekitarnya seperti Buol ToliToli dan, Donggala dan Bolaang Mongondow.

Jasa Pengiriman Mobil Makassar Gorontalo – Sebelum masa penjajahan keadaaan daerah Gorontalo berbentuk kerajaan-kerajaan yang diatur menurut hukum adat ketatanegaraan Gorontalo. Kerajaan-kerajaan itu tergabung dalam satu ikatan kekeluargaan yang disebut “Pohala’a”. Menurut Haga (1931) daerah Gorontalo ada lima pohala’a:

Artikel utama: Daftar kabupaten dan kota di Gorontalo

No.Kabupaten/kotaPusat pemerintahanBupati/wali kotaLuas wilayah (km2)[36]Jumlah penduduk (2017)[36]KecamatanKelurahan/desaLogoCiutkanPeta lokasi
1Kabupaten BoalemoTilamutaDarwis Moridu1.521,88143.6897-/82
2Kabupaten Bone BolangoSuwawaHamim Pou1.984,31160.154185/160
3Kabupaten GorontaloLimbotoNelson Pomalingo1.750,83391.9441914/191
4Kabupaten Gorontalo UtaraKwandangIndra Yasin1.676,15124.20211-/123
5Kabupaten PohuwatoMarisaSyarif Mbuinga4.244,31141.281133/101
6Kota GorontaloMarten Taha79,59196.055950/-

Provinsi Gorontalo sebagian besar terdiri dari daerah pegunungan yang membentang dari utara ke selatan provinsi ini. Panorama Pegunungan Gorontalo sangat menakjubkan. Gunung-gunung dan hutan adalah rumah-rumah bagi flora dan fauna unik. Anoa, Tarsius, Maleo senkawor, dan Babirusa adalah salah satu spesies langka yang dapat Anda ditemukan di sini. Maleo, misalnya, adalah spesies burung yang telurnya lebih besar dari tubuhnya sendiri. Sementara Tarsius adalah primata terkecil di dunia, tetapi memiliki panjang sekitar 10 cm. Di hutan Gorontalo terdapat Pohon Eboni, Pohon lingua, nantu, meranti, dan Rotan. Di bagian selatan laut Gorontalo, yaitu di Teluk Tomini, ada beberapa pulau kecil yang tersebar. Pulau-pulau belum berpenghuni dan pasir putih sangat indah mengelilingi. Teluk Tomini dilintasi oleh garis khatulistiwa dan secara alami ditinggali oleh beragam jenis hewan laut. Karena itu, Teluk Tomini adalah surga bagi para penyelam. Berikut adalah beberapa obejek wisata ternama yang ada di Provinsi Gorontalo:

Related posts

Wisata Sukabumi Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Medan Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Pasuruan Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Pekanbaru Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Batu Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Lampung Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Kediri Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Papua Barat Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Maluku Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Leave a Comment