Wisata

Wisata Sabang Cara Membuat Rencananya

Wisata Sabang Cara Membuat Rencananya – Kota Sabang adalah salah satu kota di Aceh, Indonesia. Kota ini berupa kepulauan di seberang utara pulau Sumatra, dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesar. Kota Sabang merupakan zona ekonomi bebas Indonesia, ia sering disebut sebagai titik paling utara Indonesia, tepatnya di Pulau Rondo

Setelah pembukaan Terusan Suez pada tahun 1869, kepulauan Indonesia tidak lagi dapat dicapai dari Selat Sunda, tetapi melalui Selat Malaka, dan tentu saja melewati pulau Weh. Ketika VOC sebagai serikat dagang Belanda dibubarkan pada tahun 1799, didirikanlah Nederlandsche Handel Maatschappij (NHM) yang membeli rempah-rempah dan hasil perkebunan di wilayah koloninya dengan harga murah yang membuat keuntungan besar bagi Belanda. Tahun 1881 Belanda mendirikan Kolen Station di teluk Sabang yang yang terkenal dengan pelabuhan alamnya. Tahun 1883 Didirikannya Atjeh Associate oleh Factorij van de Nederlandsche Handel Maatschappij (Factory of Netherlands Trading Society) dan De Lange & Co. di Batavia (Jakarta) untuk mengoperasikan pelabuhan dan stasiun batubara di Sabang. Awalnya pelabuhan ini dimaksudkan sebagai stasiun batubara untuk Angkatan Laut Belanda, tetapi kemudian juga melayani kapal dagang umum. Pada tahun 1895 sebuah depot batubara atau pelabuhan alam yang bernama Kolen Station selesai dibangun dengan kapasitas 25.000 ton batubara yang berasal dari Sumatra Barat. Pelabuhan juga menyediakan bahan bakar minyak yang dikirim dari Palembang. Kapal yap dari banyak negara, singgah untuk mengambil bahan bakar batubara, air segar, ataupun memanfaatkan fasilitas perbaikan kapal (docking).

Table of Contents

Sejarah

Jasa Kirim Mobil Sabang – Tahun 1896 Sabang dibuka sebagai pelabuhan bebas (vrij haven) untuk perdagangan umum dan sebagai pelabuhan transit barang-barang terutama dari hasil pertanian Deli, sehingga Sabang mulai dikenal oleh lalu lintas perdagangan dan pelayaran dunia. Tahun 1899 Ernst Heldring mengenali potensi Sabang untuk menjadi pelabuhan internasional dan mengusulkan pengembangan pelabuhan Sabang pada NHM (Nederlandsche Handel Maatschappij) dan beberapa perusahaan Belanda lainnya melalui bukunya yang berjudul Oost Azie en Indie. Balthazar Heldring selaku presiden direktur NHM menyambut baik usulan ini dan pada tahun itu juga mengubah Atjeh Associate menjadi N. V. Zeehaven en Kolenstation Sabang te Batavia (Sabang Seaport and Coal Station of Batavia) yang kemudian dikenal dengan Sabang Maatschappij atau Sabang Mij, dan merehab infrastruktur pelabuhan agar layak menjadi pelabuhan bertaraf Internasional. Dengan demikian, sebelum Perang Dunia II, pelabuhan Sabang adalah pelabuhan yang sangat penting dibandingkan Singapura.

Perang Dunia II ikut memengaruhi kondisi Sabang dimana pada tahun 1942 Sabang diduduki pasukan Jepang dan dijadikan basis pertahanan maritim wilayah barat yang terbesar di Sumatra. Kemudian Sabang sebagai pelabuhan bebas ditutup dan pelabuhan Sabang dijadikan sebagai pelabuhan militer Jepang, kemudian dibom pesawat Sekutu dan mengalami kerusakan fisik hingga kemudian terpaksa ditutup. Tahun 1945 Sabang mendapat dua kali serangan dari pasukan Sekutu dan menghancurkan sebagian infrastruktur. Kemudian Indonesia Merdeka tetapi Sabang masih menjadi wilayah koloni Belanda.[7]

Pada masa awal kemerdekaan Indonesia, Sabang menjadi pusat pertahanan Angkatan Laut Republik Indonesia Serikat (RIS) dengan wewenang penuh dari pemerintah melalui Keputusan Menteri Pertahanan RIS Nomor 9/MP/50. Semua aset pelabuhan Sabang Maatschaappij dibeli Pemerintah Indonesia. Kemudian pada tahun 1965 dibentuk pemerintahan Kotapraja Sabang berdasarkan UU No 10/1965 dan dirintisnya gagasan awal untuk membuka kembali sebagai Pelabuhan Bebas dan Kawasan Perdagangan Bebas.

Jasa Kirim Mobil Sabang – Gagasan itu kemudian diwujudkan dan diperkuat dengan terbitnya UU No 3/1970 tentang Perdagangan Bebas Sabang dan UU No 4/1970 tentang ditetapkannya Sabang sebagai Daerah Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas. Dan atas alasan pembukaan Pulau Batam sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Sabang terpaksa dimatikan berdasarkan UU No 10/1985. Kemudian pada tahun 1993 dibentuk Kerja Sama Ekonomi Regional Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) yang membuat Sabang sangat strategis dalam pengembangan ekonomi di kawasan Asia Selatan.

Pada tahun 1997 di Pantai Gapang, Sabang, berlangsung Jambore Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) yang diprakarsai BPPT dengan fokus kajian ingin mengembangkan kembali Sabang. Disusul kemudian pada tahun 1998 Kota Sabang dan Kecamatan Pulo Aceh dijadikan sebagai Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (KAPET) yang bersama-sama KAPET lainnya, diresmikan oleh Presiden BJ Habibie dengan Keppes No. 171 tahun 1998 pada tanggal 28 September 1998.

Era baru untuk Sabang, ketika pada tahun 2000 terjadi Pencanangan Sabang sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas oleh Presiden KH. Abdurrahman Wahid di Sabang dengan diterbitkannya Inpres No. 2 tahun 2000 pada tanggal 22 Januari 2000. Dan kemudian diterbitkannya Peraturan Pemerintah pengganti Undang-Undang No. 2 tahun 2000 tanggal 1 September 2000 selanjutnya disahkan menjadi Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2000 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang.

Aktivitas Pelabuhan Bebas dan Perdagangan Bebas Sabang pada tahun 2002 mulai berdenyut dengan masuknya barang-barang dari luar negeri ke kawasan Sabang. Tetapi pada tahun 2004 aktivitas ini terhenti karena Aceh ditetapkan sebagai Daerah Darurat Militer.

Sabang juga mengalami Gempa dan Tsunami pada tanggal 26 Desember 2004, namun karena palung-palung di Teluk Sabang yang sangat dalam mengakibatkan Sabang selamat dari tsunami. Sehingga kemudian Sabang dijadikan sebagai tempat transit udara dan laut yang membawa bantuan untuk korban tsunami di daratan Aceh. Badan Rekontruksi dan Rehabilitasi (BRR) Aceh-Nias menetapkan Sabang sebagai tempat transit untuk pengiriman material konstruksi dan lainnya yang akan dipergunakan di daratan Aceh.

Geografi

Jasa Kirim Mobil Sabang – Dari segi geografis Indonesia, wilayah Kota Sabang berada pada 95°13’02”-95°22’36” BT, dan 05°46’28”-05°54′-28″ LU, merupakan wilayah administratif paling utara, dan berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Malaysia, Thailand, dan India. Wilayah Kota Sabang dikelilingi oleh Selat Malaka di Utara, Samudera Hindia di Selatan, Selat Malaka di Timur dan Samudera Hindia di Barat.

Pulau Weh mengalami dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan lazimnya jatuh pada bulan September sampai Februari. Musim kemarau pada bulan Maret hingga bulan Agustus. Menurut hasil pengukuran Stasiun Meteorologi Sabang, curah hujan yang tercatat rata-rata 1.745 – 2.232 mm/tahun, dengan angka terendah pada bulan Maret sebesar 18 mm dan angka tertinggi pada bulan September sebesar 276 mm. Pada bulan September dan Oktober terjadi peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

DPRK Sabang memiliki 20 orang anggota yang dipilih secara langsung dalam pemilihan umum legislatif lima tahun sekali. Anggota DPRK Sabang yang saat ini menjabat adalah hasil Pemilu 2019 yang menjabat untuk periode 2019-2024 sejak 2 September 2019.[8] DPRK Sabang dipimpin oleh satu ketua dan dua wakil ketua yang berasal dari partai politik pemilik kursi dan suara terbanyak. Pimpinan DPRK Sabang periode 2019-2024 dijabat oleh Muhammad Nasir dari Partai Aceh sebagai Ketua, Armadi dari Partai Demokrat sebagai Wakil Ketua I, dan Ferdiansyah dari Partai Golongan Karya sebagai Wakil Ketua II.[9] Berikut ini adalah komposisi anggota DPRD Kota Sabang dalam dua periode terakhir

Daftar kecamatan dan gampong di Kota Sabang

Jasa Kirim Mobil Sabang – Berikut ini adalah daftar kecamatan dan gampong di kota Sabang beserta kode pos dan data sensus penduduk 2010.Kota Sabang memiliki 2 kecamatan dan 18 gampong dengan kode pos 23517-23521 (dari total 243 kecamatan dan 5827 gampong di seluruh Aceh). Per tahun 2010 jumlah penduduk di wilayah ini adalah 30.647 (dari penduduk seluruh provinsi Aceh yang berjumlah 4.486.570) yang terdiri atas 15.580 pria dan 15.067 wanita (rasio 103,40). Dengan luas daerah 12.209 ha (dibanding luas seluruh provinsi Aceh 5.677.081 ha), tingkat kepadatan penduduk di wilayah ini adalah 129 jiwa/km² (dibanding kepadatan provinsi 78 jiwa/km²). Pada tahun 2017, jumlah penduduknya sebesar 40.040 jiwa dengan luas wilayahnya 153,00 km² dan sebaran penduduk 261 jiwa/km².

Daftar kecamatan dan gampong di Kota Sabang, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
KecamatanJumlah
Gampong
Daftar
Gampong
11.72.02Sukajaya10Anoe ItamBalohanBeurawangCot AbeukCot BauIe MeuleeJaboiKeunekaiPayaUjoeng Kareung
11.72.01Sukakarya8Aneuk LaotBatee ShokIboihKrueng RayaKuta AteuehKuta BaratKuta TimuPaya Seunara
TOTAL18

DAFTAR MASJID / MUSHOLLA DI SABANG, ACEH

NoNama Masjid / MushollaTahun BerdiriAlamatKabupaten/KotaKecamatanProvinsiJenisStatus TanahKeterangan
1Masjid Babussalam2001Jln. Tgk Cik DitoroKOTA SABANGSukakaryaACEHMASJID NEGARAWakaf
2Masjid Baiturrahim1932Jalan Perdagangan Gampong Kuta TimuKOTA SABANGSukakaryaACEHMASJID BESARWakaf
3Masjid Syuhada1995Jln. BalohanKOTA SABANGSukajayaACEHMASJID BESARWakaf
4Masjid Sabilul Muhtadin1994JobioKOTA SABANGSukajayaACEHMASJID JAMIWakaf
5Masjid Sirajul Munir2003Jurong Sirui Gampong Batee ShokKOTA SABANGSukakaryaACEHMASJID JAMIWakafStatus Tanah Hibbah dan beli
6Masjid Al-Falah1971Ujong KareungKOTA SABANGSukajayaACEHMASJID JAMIWakafStatus Tanah Pemberian TNI – A…
7Masjid Al-Ikhlas Keunekai1945Jln. BalohanKOTA SABANGSukajayaACEHMASJID JAMIWakaf
8Masjid Al-Muhajirin2004Perumnas Bay Pass Gampong Cot Ba’uKOTA SABANGSukajayaACEHMASJID JAMIWakafStatus tanah Pemerintah Daerah
9Masjid Babul Iman1970Kuta Bawah BaratKOTA SABANGSukakaryaACEHMASJID JAMIWakaf
10Masjid Babuttaqwa Anak laot1994Kelurahan Anak LaotKOTA SABANGSukakaryaACEHMASJID JAMIWakaf

Wisata Sabang

Sabang merupakan kota yang letaknya di ujung barat Indonesia dan berbentuk kepulauan dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesar yang ada di Sabang. Kota Sabang termasuk salah satu kota di Aceh yang letaknya berseberangan utara pulau Sumatera. Sabang menjadi salah satu zona ekonomi bebas Indonesia. Dengan begitu, kota ini kerap kali dijuluki titik paling utara Indonesia yang tempatnya persis berada di Pulau Rondo. Berada di kepulauan menjadikan Sabang mempunyai potensial di bidang pariwisata.

Tak hanya itu, objek wisata yang ada di Sabang hampir seluruhnya memukau. Wisatanya kebanyakan berkaitan dengan keindahan alam. Keindahan itu bisa dalam bentuk laut, pantai, pulau, dan lain sebagainya. Berikut ini terdapat 25 rekomendasi destinasi wisata yang dapat memanjakan mata.

Pantai Pasir Putih

Salah satu pantai dengan pasir yang indah yaitu pantai pasir putih berada di Sukajaya. Pantai ini secara langsung mengarah ke laut lepas sehingga menyebabkan gelombang ombaknya cukup deras. Keindahan dan keasrian pantai ini terjaga sehingga penampilannya bisa menawan mata.

Ciri khas dari pantai ini yaitu hamparan pasir putihnya yang sangat lembut sampai menyerupai Serta warna langit dan laut yang begitu biru membentuk gradasi dan menghasilkan perpaduan yang sangat indah.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Paya, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

Pantai Sumur Tiga

Pantai ini merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Sabang. Pantai Sumur Tiga memiliki air yang jernih dan terletak di ujung timur Indonesia, Sabang. Dinamakan demikian karena pantai ini memiliki tiga buah sumur berisi air tawar. Pantai ini sering menjadi rujukan tempat berlibur baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Di pantai ini, pasir putihnya terlihat sangat berkilau seperti kristal serta lembut jika menyentuh tangan. Fasilitas untuk menyelam permukaan maupun ke bagian dalam laut juga disediakan. Berjemur di pantai ini sembari memandangi air laut yang berwarna hijau zamrud akan menjadi kombinasi yang pas untuk dilakukan.

Selain berjemur, Anda juga bisa duduk di rerumputan bawah pohon kelapa, seperti sedang berpiknik. Sembari meminum air kelapa, sembari mendengar deburan ombak menyentuh bibir pantai. Semilir angin sepoi-sepoi akan membuat Anda semakin merasa nyaman. Selain itu, di sekitar area pantai terdapat sisa peninggalan benteng tempat Jepang singgah untuk pertama kali di Indonesia.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ie Meulee, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

Air Terjun Pria Laot

Pergi liburan ke Sabang tidak hanya menikmati laut dan pantai saja. Anda bisa menikmati destinasi wisata air terjun yang tak kalah memukaunya. Objek wisata air ini terletak di hulu Gunung Sarung Keris dan menawarkan pesona alam yang indah tiada tara.

Di bawah air terjun Anda bisa memilih untuk berendam. Semakin lama durasi waktu berendam Anda, maka akan merasakan sensasi menggelitik. Hal itu dikarenakan di bawahnya terdapat ikan-ikan kecil yang biasanya dapat dijumpai dalam kolam terapi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batee Shoek, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

Pantai Kasih

Pantai kasih termasuk ke dalam Pulau Weh dan belum terlalu di kenal oleh masyarakat luas. Akan tetapi, justru karena itulah pantai ini terasa seperti milik pribadi. Terdapat bangunan beton yang dibangun di sepanjang bibir pantai.

Keindahan dari pantai ini yaitu deru ombaknya yang tenang sehingga aman digunakan untuk berenang dan bermain air. Warna pasir putih pada Pantai Kasih mendapat poin plus tersendiri. Ditambah di sekitar pantai tumbuh jejeran pohon palem yang teduh.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Hasanuddin No.10, Kuta Ateueh, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

Pantai Iboih

Ketika liburan di kota Sabang, destinasi wisata pantai Iboih tidak boleh sampai terlupakan. Banyak pelancong datang dan para traveller yang ingin menyelam serta snorkeling. Disana terdapat makanan khas dari Kota Sabang yaitu sate gurita.

Pemandangan indah bisa Anda jumpai ketika matahari terbenam atau matahari terbit. Anda bisa menunggunya sambil bersantai di spot tempat yang telah disediakan. Keindahan lautnya pun bisa mengusir stress.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

Sirui Hidrothermal

Sirui Hidrothermal adalah salah satu destinasi wisata yang memiliki keunikan sangat menarik sehingga menjadi incaran para wisatawan dunia. Tempat ini menawarkan wisata gunung laut dengan gelembung-gelembung udara yang muncul dari kawah. Ikan-ikan dengan varietas unik juga hidup di sekitarnya.

Untuk menikmati pemandangan gelembung udara dari gunung laut, wisatawan diharuskan untuk menyelam ke dalam air karena pemandangan tersebut tidak bisa dinikmati langsung dari daratan. Pengunjung tidak akan merasa kecewa setelah melihat fenomena langka ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pria Laot, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

Gua Sarang

Apakah Anda sudah pernah mengunjungi Raja Ampat? Jika belum, maka pergi ke Gua Sarang merupakan pilihan yang tepat. Karena Gua Sarang mempunyai kemiripan dengan ukuran yang lebih mini dari Raja Ampat.

Jalan menuju gua cukup melelahkan. Akan tetapi, setelah sampai disana lelah Anda akan terbayarkan. Panorama indah yang eksotis memukau untuk diabadikan dalam foto. Selain itu, terdapat pulau-pulau kecil disekitarnya yang berpadu dengan air laut berwarna tosca.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

Pantai Tapak Gajah

Pantai ini mendapat nama tapak gajah karena dulu penduduk sana menemukan sebuah prasasti yang berbentuk kaki gajah. Sehingga dari prasasasti itu, pantai ini diberi nama tapak gajah. Hal itu disebabkan karena pantai ini terletak di wilayah Desa Tapak Gajah.

Pengunjung dapat mengambil foto selfie, menyelam, snorkeling, bermain pasir, dan lain sebagainya. Suasana tenang dari pantai ini pun mendukung orang untuk bersantai. Apalagi lengkap dengan pemandangan yang indah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ie Meulee, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

Pantai Teupin Layeu

Pantai Teupin Layeu berada di kawasan Iboih, Sabang dan termasuk destinasi wisata yang menjadi tujuan para wisatawan. Baik wisatawan lokal sampai dengan wisatawan mancanegara. Jika Anda menyukai berenang maka wajib datang.

Selain terkenal akan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Pantai Teupin Layeu mempunyai tampilan di bawah laut yang tak kalah memukau. Hal itulah yang menyebabkan banyak wisatawan lebih suka menyelam dan berenang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Iboih sukakarya, Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

Pantai Jaboi

Diantara pantai-pantai yang ada di Kota Sabang, Pantai Jaboi termasuk ke dalam list yang patut untuk dikunjungi. Seluruh pantai mempunyai ciri khasnya masing-masing. Pantai Jobai menyuguhkan pemandangan eksotis dan membawa kesan damai.

Hal selanjutnya yang menjadi daya tarik pantai ini yaitu keberadaan 2 kolam pemandian air panas lokal. Kehadiran pemandian air panas ini bisa melebur rasa penat Anda dan menambah stamina tubuh. Pemandian ini cocok untuk segala usia.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jaboi, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

Pulau Rondo

Pulau Rondo merupakan tempat wisata yang berada di bagian terluar pulau yang ada di daerah timur Indonesia. Pulau ini termasuk pulau tidak berpenghuni dan memerlukan kesehatan serta kemampuan bertahan hidup yang baik untuk mengunjunginya. Di tempat ini, banyak dijumpai ular berjenis piton dan sulitnya mendapat air bersih.

Berada di ujung barat Pulau Weh, Sabang, membuat pulau ini menjadi titik nol kilometer negara Indonesia. Di tempat ini, dibangun tugu dengan tinggi delapan meter sebagai penanda wilayah Republik Indonesia. Namun karena sulit untuk dijangkau, titik nol kilometer pun diubah ke Kota Sabang.

Pulau ini pun dijaga bergantian oleh marinir dan penjaga mercusuar karena berada di wilayah perbatasan. Jika ingin mandi, harus turun sebanyak ratusan anak tangga. Dan jika ingin datang ke pulau, harus bertarung dengan gulungan ombak setinggi tiga meter.

Jika berhasil sampai ke pulau, Anda akan melihat pohon nangka dan pohon jambu air bertebaran tumbuh di sana. Sepulang dari Pulau Rondo, setiap pengunjung akan mendapat dokumen pengunjung ke berapa. Perjalanan sejauh 20 mil pun akan terasa sangat bersejarah.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

Mercusuar ie Meulee

Lokasi mercusuar yang dekat dengan bibir pantai, membuat Mercusuar le Meulee ramai didatangi oleh para wisatawan. Model desain mercusuar yang unik pun berhasil menambah daya tariknya. Disertai cat warna-warni yang semakin menghidupkan suasana.

Anda bisa bersantai pada kursi yang telah tersedia di mercusuar. Kursi tersebut pas mengarah pada pantai sehingga Anda bisa puas menikmati keindahan laut. Suasana tenang di sekitar mercusuar pas digunakan untuk menenangkan pikiran.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pesisir Pantai Panjang, Tanjung Jaya, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

Pemandian Air Panas Keuneukai

Usai bersantai bermain-main di pantai, Anda bisa mencari hiburan lain dengan melepas penat ke kolam Pemandian Air Panas Keuneukai. Air panas dari pemandian ini berasalah dari gunung api Jaboi yang letaknya pas di tengah pulau Weh.

Saat berendam di air panas, Anda bisa memanjakan mata dengan melihat pesona sekitar kolam pemandian. Terdapat lautan biru serta tambahan beberapa hijau pepohonan yang terasa teduh dipandang mata.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Keuneukai, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

Tugu I Love Sabang

Seperti namanya, tugu ini merupakan salah satu tugu khas dari Sabang yang menghadirkan kesan ceria. Kebersihan di area lingkungan sekitar tugu menjadikannya nyaman untuk dikunjung. Serta banyak spot foto untuk mengabadikan momen.

Tugu ini terkenal karena memiliki ukiran I Love Sabang yang diukir di halaman depan. Banyak para wisatawan mengabadikan foto di depan monument tugu ini sebagai tanda telah liburan ke Sabang. Berlatar belakang pemandangan indah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cot Ba’u, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

Danau Aneuk Laot

Pulau Weh mempunyai danau yang cukup besar yaitu danau Aneuk Laot. Danau ini merupakan wadah sumber air tawar bagi masyarakat sekitar sana. Pemandangan yang indah dengan bunga-bunga kecil di sekitarnya membuat para wisatawan betah.

Hal yang bisa dilakukan di danau Aneuk Laot adalah bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah. Selain itu, Anda juga bisa melihat penampakan gunung merapi dari kejauhan. Keadaan bukti hijau di sekitarnya menambah kesana asri.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Aneuk Laot, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

Pulau Rubiah

Anda menyukai keindahan dibawah air laut? Maka destinasi wisata objek air ini tentunya tepat untuk didatangi. Kenampakan airnya jernih dengan terumbu karang yang tumbuh kaya. Tidak perlu menyelam untuk melihat keindahan ini.

Laut Pulau Rubiah juga mempunyai beberapa biota laut yang eksistensinya dilindungi oleh pemerintah. Wisata Pulau Rubiah yang seluas sekitar 2.600 hektar ini menjadi salah satu spot menyelam terbaik di Indonesia.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

Benteng Jepang

Benteng yang berfungsi sebagai pertahanan ini dibangun saat Perang Dunia II meletus. Benteng ini berada di sebelah Pantai Anoi Itam. Menurut warga sekitar, Benteng Jepang memiliki lorong bawah tanah yang menghubungkan antara satu titik dengan titik lain. Dulunya, tempat ini juga menjadi gudang penyimpanan senjata bala tentara Jepang.

Memasuki area benteng, pengunjung akan melihat panorama bukit dengan pepohonan rindang serta pantai dan benteng kecil yang indah dengan atap tapal kuda. Wisatawan diharuskan menaiki anak tangga agar sampai ke depan benteng. Di depan pintu masuk benteng, terdapat meriam dari besi yang melintang sepanjang tiga meter. Meskipun nampak kokoh, bangunan benteng ini terlihat tidak terawat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ujong Kareung, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

Pantai Anoi Itam

Seperti namanya yaitu Pantai Anoi Itam, pantai ini mempunyai karakteristik yang cukup khas yaitu warna pasirnya sedikit hitam. Akan tetapi, itu malah meninggalkan kesan eksotik bagi para wisatawan. Juga, ada beberapa fasilitas penginapan untuk bermalam.

Letak pantai ini ada di Sukajaya dan terdapat beberapa karang yang berjejeran bergerombol di atas permukaan air laut. Namun sayangnya, ombak dari pantai ini cukup deras sehingga tidak cocok untuk berenang di sana.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Anoe Itam, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

Pantai Gapang

Jika ingin merelaksasikan diri di pantai dengan tampilan sederhana, maka Pantai Gapang bisa menjadi jawabannya. Meskipun tampilannya sederhana, panorama yang disuguhkan oleh pantai ini begitu elok didukung suasana damai.

Pantai Gapang mempunyai garis pantai yang paling panjang di wilayah Sabang dan langsung terhubung dengan laut lepas. Saat Anda sedang bersantai di pantai ini, kemungkinan bisa sekaligus menyaksikan kapal nelayan tradisional di pinggiran pantai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Iboih , Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

Tugu Nol Kilometer

Salah satu tugu yang terkenal di Kota Sabang adalah Tugu Nol Kilometer. Tugu ini menjadi ikon Kota Sabang yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Bentuknya cukup unik dan disesuaikan dengan namanya.

Tingginya 43,6 meter dengan ciri khas empat pilar penyangga. Para wisatawan banyak yang senang untuk sekadar berteduh di balik tugu yang memang tampak begitu rimbun. Terlebih di samping kanan kirinya ada banyak penjual makanan dengan berbagai hidangan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Iboih, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

Pantai Ujung Kareung

Pantai ini belum terlalu dikenal oleh para wisatawan. Sehingga kenampakan alamnya masih alami dan terjaga. Deru angin segar cocok menemani Anda untuk bersantai. Ditambah panorama cantik yang memanjakan mata.

Nuansa indah Pantai Ujung Kareung terletak pada terumbu karang yang tumbuh di sekitarnya sebagai hiasan. Pantai ini juga pas digunakan sebagai latar belakang untuk berfoto. Selain itu, Anda juga bisa menyelam dan berenang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ie Meulee, Kec. Suka Jaya, Kota Sabang, Aceh.

Gunung Berapi Jaboi

Jika Anda seorang yang menyukai petualang dan mendaki gunung, maka destinasi Gunung Jaboi tepat untuk Anda. Terletak pada ketinggian 200 mdpl dan merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Pulau Weh.

Tersedia jalur trekking yang mudah bagi wisatawan yang ingin mendaki gunung. Bebatuan pada pegunungan berwarna putih yang terlihat kontras. Keadaan sekitar alamnya pun mendukung suasana untuk mendaki.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jaboi, Kec. Sukakarya, kota Sabang, Aceh

Benteng Bunker Jepang

Wah, dari nama bentengnya saja sudah dari negara lain. Dahulu, Jepang pernah membangun benteng pertahanan di Kota Sabang karena letak geografinya yang strategis. Benteng ini terbilang unik karena berada di bawah tanah.

Dari Pantai Anoi Itam terlihat jelas bangunan benteng karena dekat dengan lokasi pantai. Menurut warga sekitar sana, terdapat lorong-lorong bawah tanah yang dulunya diyakini sebagai tempat pusat untuk memberi komando.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Anoe Itam, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

Pulau Klah

Pulau Klah merupakan destinasi wisata pulau dengan keindahan pantai yang berada di pusat Kota Sabang. Untuk sampai ke pulau ini, pengunjung diharuskan untuk menyewa perahu. Pulau ini termasuk pulau kecil yang tidak dihuni secara permanen.

Sampai di pulau, Anda akan dimanjakan dengan ketenangan aliran air laut, biru kehijauan warna air laut, dan pepohonan hijau lebat yang rindang. Para pecinta fotografi sangat dianjurkan untuk mengunjungi tempat ini karena di setiap sudutnya menampilkan keindahan yang berbeda.

Para wisatawan juga bisa bermain-main air atau membuat istana pasir. Atau juga bisa berselancar ketika air sedang pasang karena ombaknya cukup besar dan bersahabat. Aktivitas menyelam permukaan maupun menyelam bagian dalam laut sangat direkomendasikan karena airnya yang jernih dan arus air yang tidak terlalu kuat. Ikan-ikan tropis di dalamnya juga banyak yang berlalu lalang.

Ketika senja datang, Anda bisa duduk sembari menikmati keindahan matahari terbenam yang berwarna jingga. Saat panen ikan, akan diadakan pelelangan ikan secara besar-besaran. Para pecinta ikan akan senang melihat acara ini karena bisa mendapatkan bahan makanan yang mereka suka dengan harga murah dan tentunya segar.

Keberadaan pulau ini sangat dikenal oleh pecinta pantai yang suka menikmati keindahan untuk dimiliki sendiri. Dijamin tidak akan menyesal untuk berkunjung ke tempat ini karena fasilitas yang disediakan sangat lengkap.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krueng Raya, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Aceh.

Mercusuar Balohan
Keunikan dari bangunan Mercusuar Balohan ini adalah warnanya yang menyerupai bendera Indonesia. Atas mercusuar berwarna merah sedangkan tengah sampai bawah berwarna putih. Hal ini semakin jelas mercusuar menyimbolkan warna bendera.

Mercusuar Balohan berguna untuk memandu kapal para pelayan di laut. Selain itu, mercusuar ini dijadikan tempat wisata sebab didukung suasana yang asri dan menyegarkan. Perjalanan bisa ditempuh mudah karena terdapat rumah penduduk di sekitarnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Balohan, Kec. Suka Jaya, Kota Sabang, Aceh.

Nah, itulah 25 tempat wisata di Sabang yang wajib untuk didatangi ketika masa liburan. Lepaskan penat Anda dan menghibur diri dengan bermain ke pantai atau tempat wisata lainnya. Hati senang pikiran pun tenang.

Related posts

Wisata Mataram Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Medan Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Pekanbaru Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Kalimantan Selatan Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Tarakan Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Prabumulih Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Nusa Tenggara Barat Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Sawahlunto Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Batam Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Leave a Comment