Wisata

Wisata Sibolga Cara Membuat Rencananya

Wisata Sibolga Cara Membuat Rencananya

Kirim Mobil Jakarta Sibolga – Kota Sibolga adalah salah satu kotamadya di provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Kota ini terletak di pantai barat pulau Sumatra, membujur sepanjang pantai dari Utara ke Selatan dan berada pada kawasan Teluk Tapian Nauli. Jaraknya ±350 km dari kota Medan (8 jam perjalanan). Kota ini hanya memiliki luas 10,77 km² dan data Badan Pusat Statistik kota Sibolga 2020, berpenduduk sekitar 87.626 jiwa (2019).

Pada masa Hindia Belanda, kota ini merupakan ibu kota dari Karesidenan Tapanuli. Setelah masa kemerdekaan hingga tahun 1998, Sibolga menjadi kotamadya Sibolga.

kirim mobil jakarta pematangsiantar
kirim mobil jakarta padangsidempuan
kirim mobil jakarta gunungsitoli
kirim mobil jakarta binjai

Iklim kota Sibolga termasuk cukup panas dengan suhu maksimum mencapai 32° C dan minimum 21.6° C. Sementara curah hujan di Sibolga cenderung tidak teratur di sepanjang tahunnya. Curah hujan tertinggi terjadi pada bulan November dengan jumlah 798 mm, sedang hujan terbanyak terjadi pada Desember yakni 26 hari. Pulau-pulau yang termasuk dalam kawasan kota Sibolga adalah Pulau Poncan Gadang, Pulau Poncan Ketek, Pulau Sarudik dan Pulau Panjang.

Batas-batas wilayahnya: timur, selatan, utara pada Kabupaten Tapanuli Tengah, dan barat dengan Samudera Hindia. Sementara sungai-sungai yang mengalir di kota tersebut adalah Aek Doras, Sihopo-hopo, Aek Muara Baiyon, dan Aek Horsik.

Berikut adalah daftar kecamatan dan kelurahan di Kota SibolgaProvinsi Sumatra UtaraIndonesia. Kota Sibolga terdiri dari 4 kecamatan dan 17 kelurahan dengan luas wilayah mencapai 41,31 km² dan jumlah penduduk sekitar 96.538 jiwa (2017) dengan kepadatan penduduk 2.337 jiwa/km².[1][2]

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Sibolga, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
KecamatanJumlah
Kelurahan
Daftar
Kelurahan
12.73.02Sibolga Kota4Kota BaringinPancuran GerobakPasar BaruPasar Belakang
12.73.04Sibolga Sambas4Pancuran BambuPancuran DewaPancuran KerambilPancuran Pinang
12.73.03Sibolga Selatan4Aek HabilAek ManisAek Muara PinangAek Parombunan
12.73.01Sibolga Utara5Angin NauliHuta BaranganHuta Tonga-tongaSibolga IlirSimare-Mare
TOTAL17

Alasan Kamu Wajib Eksplor Sibolga

Kirim Mobil Jakarta Sibolga – Mengunjungi Sibolga adalah keputusan tepat bagi kamu yang berminat menjelajah sisi barat Sumatera Utara. Meski agaknya kota kecil ini belum setenar Medan, tapi sebetulnya Sibolga menawarkan pesona buat kamu yang rindu bercengkerama dengan alam, lho.

Jasa Kirim Mobil
Jasa Kirim Mobil

Nah, berikut adalah lima alasan utama kenapa kamu wajib mengeksplorasi kota Sibolga. Bersiaplah karena kamu bakal tersihir dengan destinasi-destinasi menariknya.

Kota Sibolga mudah dijangkau
Selain menggunakan transportasi darat, kota Sibolga juga gampang banget dicapai menggunakan pesawat. Beberapa maskapai bahkan sudah menyediakan rute direct flight dari Jakarta meski dengan jadwal terbatas. Jadi, kamu bisa langsung terbang menuju Sibolga tanpa harus transit ke Medan.

Tapi, jika memang harus tetap naik transportasi darat, kamu bisa pilih jasa travel atau bus umum. Misalkan, kamu berangkat dari Medan. Maka, durasi perjalanannya bisa memakan waktu sekitar 8-9 jam.

Kota Sibolga menawarkan pesona wisata bahari yang aduhai
Karena terletak di pantai barat Sumatera Utara, gak heran kalau Sibolga menyimpan kekayaan wisata bahari yang layak dikunjungi. Mulai dari pantai berpasir putih, hingga gugusan pulau-pulau kecil.

Jika kamu tertarik bermain ombak atau sekadar relaksasi di tepi pantai, Sibolga memiliki sederet pantai eksotis, seperti Pantai Wisata Indah, Pantai Ujung Sibolga, dan Pantai Kuta Mela.

Pantai-pantai lain seperti Pantai Pandan, Pantai Bosur, dan Pantai Kalangan juga kerap menjadi tujuan wisatawan saat datang ke Sibolga meski sebenarnya ketiga pantai tersebut secara administratif masuk kabupaten Tapanuli Tengah.

Selain wisata pantai, kamu juga bisa island hopping saat ke Sibolga

Kalau pengin main di pantai sekaligus jalan-jalan naik speedboat, artinya kamu harus island hopping saat datang ke Sibolga. Beberapa pulau kecil dengan pesonanya masing-masing bisa kamu jumpai di laut lepas Sibolga.

Salah satu yang paling populer di kalangan traveler adalah Pulau Mursala. Meskipun secara administratif posisi pulau tersebut juga masuk wilayah kabupaten Tapanuli Tengah, namun lokasi Pulau Mursala sangat dekat jika dicapai dari Sibolga. Pulau Mursala menjadi primadona karena memiliki air terjun yang airnya mengalir langsung ke laut.

Selain Mursala, pulau-pulau kecil lain yang bisa kamu singgahi adalah Pulau Badalu, Pulau Kalimantung, Pulau Botot, Pulau Talam, dan Pulau Putri. Gak cuma memiliki garis pantai yang indah, tapi kecantikan bawah laut pulau-pulau tersebut juga gak kalah menawan. Hmm, bikin penasaran, bukan?

Related posts

Wisata Bau-Bau Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Cimahi Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Blitar Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Solok Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Ternate Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Padang Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Banjarmasin Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Parepare Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Palangkaraya Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Leave a Comment