Wisata

Wisata Subulussalam Cara Membuat Rencananya

Wisata Subulussalam Cara Membuat Rencananya – Kota Subulussalam adalah sebuah kota di provinsi Aceh, Indonesia.Kota ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2007, pada tanggal 2 Januari 2007. Kota ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Singkil. Kota ini memiliki banyak destinasi wisata alam, dan jika anda berkunjung di akhir tahun, anda bisa menikmati musim buah durian. Bahasa yang digunakan di Kota subulussalam beraneka ragam mulai dari bahasa Pakpak, Singkil, Nias, Batak Toba, Jawa, Aceh, dan Karo.

Kota Subulussalam memiliki batas wilayah yaitu sebagai berikut:

UtaraKabupaten Aceh Tenggara dan Kabupaten Dairi (Provinsi Sumatra Utara)
TimurKabupaten Dairi (Provinsi Sumatra Utara) dan Kabupaten Pakpak Bharat (Provinsi Sumatra Utara)
SelatanKabupaten Aceh Singkil
BaratKabupaten Aceh Selatan

Dewan Perwakilan

Jasa Kirim Mobil Subulussalam – DPRK Subulussalam memiliki 20 orang anggota yang dipilih secara langsung dalam pemilihan umum legislatif lima tahun sekali. Anggota DPRK Subulussalam yang saat ini menjabat adalah hasil Pemilu 2019 yang menjabat untuk periode 2019-2024 sejak 19 Agustus 2019.[6] DPRK Subulussalam dipimpin oleh satu ketua dan dua wakil ketua yang berasal dari partai politik pemilik kursi dan suara terbanyak. Pimpinan DPRK Subulussalam periode 2019-2024 dijabat oleh Ade Fadly Pranata Bintang dari Partai Hati Nurani Rakyat sebagai Ketua, Fajri Munthe dari Partai Golongan Karya sebagai Wakil Ketua I, dan Dewita Karya dari Partai Amanat Nasional sebagai Wakil Ketua II.[7] Berikut ini adalah komposisi anggota DPRD Kota Subulussalam dalam dua periode terakhir.

Daftar kecamatan dan gampong di Kota Subulussalam

Jasa Kirim Mobil Subulussalam – Berikut ini adalah daftar kecamatan dan gampong di kota Subulussalam, Provinsi AcehIndonesia. Kota Subulussalam memiliki 5 kecamatan dan 82 gampong dengan kode pos 24782-24786 (dari total 243 kecamatan dan 5827 gampong di seluruh Aceh). Per tahun 2010, jumlah penduduk di wilayah ini adalah 67.316 (dari penduduk seluruh provinsi Aceh yang berjumlah 4.486.570) yang terdiri atas 33.956 pria dan 33.360 wanita (rasio 101,79). Dengan luas daerah 117.571 ha (dibanding luas seluruh provinsi Aceh 5.677.081 ha), tingkat kepadatan penduduk di wilayah ini adalah 48 jiwa/km² (dibanding kepadatan provinsi 78 jiwa/km²). Pada tahun 2017, jumlah penduduknya sebesar 81.187 jiwa dengan luas wilayahnya 1.391,00 km² dan sebaran penduduk 58 jiwa/km².

Daftar kecamatan dan gampong di Kota Subulussalam, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
KecamatanJumlah
Gampong
Daftar
Gampong
11.75.05Longkib10Bangun SariBukit AlimDarul AmanDarussalamLae SagaLongkibPanjiRantau PanjangSepangSikerabang
11.75.02Penanggalan13CepuJontorKampung BaruKuta TengahLae BersihLae IkanLae MotongPenanggalanPenuntunganSikelang
11.75.03Rundeng23Belukur MakmurBinangaDahGeruguhHarapan BaruKampong BadarKuala KeupengKuta BeringinLae PamualanLae MateMandilamMuara Batu-BatuObohPanglima SahmanPasar RundengSuak JampakSepadanSibuasanSibungkeSiperkasTanah TumbuhTeladan BaruTualang
11.75.01Simpang Kiri17Buluh DoriKuta CepuLae OramMakmur JayaMukti MakmurPasar PanjangPegayoSikelondangSubulussalamSubulussalam BaratSubulussalam SelatanSubulussalam UtaraSuka MakmurTangga Besi
11.75.04Sultan Daulat19Batu NapalBunga TanjungCipar PariCipar Pari TimurDarul MakmurGunung BaktiJabi-JabiJambiLae LanggeLae SimolapNamo BuayaPasir BeloPulo BelenPulo KedepSuka MajuSigrunSinggersingBawan
TOTAL82

Tempat Wisata di Subulussalam Aceh

Air Terjun Tungan

Jasa Kirim Mobil Subulussalam – Karena tempat ini berada di tempat yang tersembunyi, dan masih jarang diketahui banyak orang. Sehingga pengunjung yang bisa sampai ke destinasi ini sangat beruntung sekali.Beruntung karena akan disuguhi dengan pemandangan indah yang masih sangat natural, belum banyak bercampur dengan keisengan tangan-tangan manusia. Agar kealamiannya tetap terjaga, jangan lupa kaka wajib menjaga kebersihan jika kesini ya.

Air Terjun Silangit-Langit

Tidak jauh berbeda dengan air terjun Tungan, air terjun Silangit-langit inipun masih sangat terjaga keasriannya.Tempatnya tersembunyi, dan tidak banyak yang mengetahui tempat ini. Sehingga pengunjung pun masih sangat sedikit. Karena itu, pemandangan yang asri dan natural bisa kaka dapatkan di air terjun ini. Airnya sangat jernih, diapit oleh pegunungan dan bebatuan yang juga masih sangat fresh kondisinya. Hutan-hutanpun mengelilingi air terjun ini, menjalar ibarat mahkota yang kemilaunya indah.

Irigasi Sungai Namo Buaya

Alkisah di masanya dulu, sungai Namo Buaya ini digunakan oleh masyarakat untuk menyirami kebun dari air irigasi di sungai ini. Karena itu dinamakan irigasi sungai Namo Buaya. Sekarang sungai ini tidak lagi dijadikan sebagai irigasi lagi. Pemerintah menjadikannya sebagai salah satu potensi wisata di Kota Subulussalam. Kaka kalau kesini pasti hawanya ingin berendam deh. Karena airnya sangat jernih seperti air aqua kemasan dengan suhu yang dingin. Debit airnya sedang, dengan dikelilingi pepohonan di sekitarnya membuat udara di tempat ini menjadi sangat segar dan sejuk.

Butuh Liburan yang Berkesan? Periksa List Tempat Wisata Terbaik di Subulussalam, Provinsi Aceh. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Populer & Paling Hits yang Patut Anda Jelajahi Saat Liburan.

Subulussalam merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Aceh. Terdapat banyak sekali objek wisata alam yang dapat dikunjungi di kota ini. Jika Anda mengunjungi kota ini pada akhir tahun maka Anda dapat mencoba durian terenak yang menjadi ikon dari kota ini.

Walaupun didominasi oleh objek wisata alam, Subulussalam juga memiliki beberapa objek wisata buatan yang tidak kalah bagusnya. Walaupun kota ini belum begitu dikenal masyarakat Indonesia, setiap musim liburan atau akhir pekan kota ini selalu ramai dipadati oleh turis lokal maupun mancanegara.

Banyak tempat wisata di Subulussalam yang dapat Anda pilih jika ingin berlibur bersama keluarga atau rekan Anda. Berikut rekomendasi tempat menarik di Subulussalam yang bisa Anda pilih untuk liburan yang berkesan.

Wisata Alam Penuntungan
Wisata alam Penuntungan memiliki keindahan yang sangat menakjubkan dan dapat menjadi salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga. Dihiasi pepohonan yang sangat rimbun dan sungai dengan aliran air yang sangat jernih membuat tempat ini menjadi salah satu tempat terfavorit para turis lokal maupun mancanegara.

Terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter yang dapat Anda temukan di seberang sungai. Anda juga dapat menyewa ban yang dapat Anda gunakan untuk mengapung di sungai. Anda dapat menemukan tempat wisata ini di kecamatan Penanggalan, Subulussalam.

Lokasi: Jl. Raya Subulussalam Penanggalan, Kec. Penanggalan, Kota Subulussalam.

Area Wisata Sikelang
Tempat wisata ini sangat familiar di telinga penduduk lokal Subulussalam. Jika Anda ingin berlibur di pantai dengan wujud pemandian alam maka Anda wajib mengunjungi area wisata Sikelang.

Tempat wisata ini memiliki sungai yang jernih dan kolam renang yang dapat Anda gunakan untuk berenang bersama keluarga. Anda juga dapat berfoto di jembatan Sikelang yang menjadi spot foto kekinian di Subulussalam.

Anda juga dapat menikmati berbagai atraksi yang disediakan disana. Jika ingin bersantai maka Anda dapat menikmati keindahan alam dari pondokan yang berada di tepi Lae Kombih sambil minum teh bersama keluarga.

Lokasi: Sikelang, Kec. Penanggalan, Kota Subulussalam.

Silangit Singgersing
Tempat wisata ini agak tersembunyi di Subulussalam. Namun, keindahan yang ditawarkan dapat membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

Keberadaannya yang belum begitu terekspos membuat tempat ini masih begitu bersih dan asri. Lokasinya berada di kawasan pegunungan dan bebatuan sehingga objek wisata air terjun ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari tempat wisata dengan keindahan alam yang tidak dapat diragukan lagi.

Anda membutuhkan perjalanan yang cukup panjang untuk dapat berkunjung ke Silangit Singgersing. Anda dapat menemukan tempat wisata ini di kampong Singgersing, Sultan Daulat, Subulussalam.

Lokasi: Singgersing, Kec. Sultan Daulat, Kota Subulussalam.

Kampong Namo Buaya
Jika Anda mencari desa wisata di Subulussalam maka Anda dapat mengunjungi desa Namo Buaya yang sering direkomendasikan oleh warga lokal. Tempat ini memiliki 2 objek wisata yaitu air terjun dan irigasi. Tempat ini ramai dikunjungi oleh turis ketika libur hari besar dan tahun baru.

Pada awalnya irigasi di tempat ini dibangun oleh pemerintah kota Subulussalam sebagai penampung air sekaligus saluran untuk mengairi sawah. Lambat laun keindahan tempat ini menjadi perhatian masyarakat yang kemudian menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata alam. Anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Subulussalam bila ingin mengunjungi tempat wisata ini.

Lokasi: Desa Namo Buaya, Kec. Sultan Daulat, Kota Subulussalam.

Pemandian Nantampuk Mas
Apabila Anda memiliki dana yang terbatas untuk liburan maka pemandian Nantampuk Mas dapat menjadi solusi Anda untuk berlibur. Pemandian ini terletak di sungai dan sering dikunjungi oleh warga lokal.

Banyak wisatawan yang ingin mandi atau sekedar bermain air di pemandian ini karena aliran air sungainya sangat tenang dan dihiasi dengan bebatuan sehingga membuat suasana pemandian ini semakin indah. Anda dapat menemukan tempat wisata ini di desa Lae Bersih, Penanggalan, Subulussalam.

Lokasi: Nantampuk Mas, Kec. Penanggalan, Kota Subulussalam.

Taman Kota Subulussalam
Setiap kota di Indonesia selalu memiliki taman kota yang indah. Di Subulussalam juga terdapat taman kota yang dapat Anda temukan di desa Tangga Besi.

Walaupun tempat ini tidak ditanami bunga tetapi taman kota Subulussalam sangat nyaman bila Anda gunakan sebagai tempat nongkrong bersama rekan atau keluarga. Anda juga dapat mengunjungi tugu kota dan taman digital di Subulussalam yang lokasinya berdekatan dengan taman kota ini.

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Kec. Simpang Kiri, Kota Subulussalam.

Makam Syekh Hamzah Al-Fansyuri

Walaupun didominasi oleh objek wisata alam, Subulussalam juga memiliki tempat wisata religi yaitu makam Syekh Hamzah Al-Fansyuri. Sosok dari Syekh Hamzah ini dikenal dengan puisinya yang berisi tentang filsafat wujud.

Makam ini sering dikunjungi oleh warga lokal maupun luar daerah. Makam dari sastrawan melayu pertama ini dapat Anda temukan di desa Oboh, Rundeng, Subulussalam.

Lokasi: Oboh, Kec. Rundeng, Kota Subulussalam.

Air Terjun SKPC (Penutungan)
Jika Anda ingin melihat air terjun tertinggi di kota Subulussalam maka Anda harus mengunjungi air terjun SKPC. Tinggi dari air terjun di tempat wisata ini mencapai 20 meter sehingga Anda dapat melihat deburan air yang sangat deras.

Namun, Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra bila ingin berkunjung ke tempat ini karena Anda harus menuruni 100 anak tangga. Harga tiket masuk dari tempat ini tergolong murah sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan masalah biaya.

Lokasi: Lae Bersih, Kec. Penanggalan, Kota Subulussalam.

Lapangan Beringin
Lapangan beringin merupakan salah satu tempat yang harus Anda kunjungi ketika berada di kota Subulussalam. Tempat ini berada di tengah kota dan menyediakan tempat bersantai.

Jika Anda ingin berwisata kuliner maka Anda tidak akan kecewa datang ke lapangan ini karena terdapat banyak sekali penjual yang menawarkan berbagai jenis kuliner yang siap memanjakan lidah Anda. Anda juga dapat menikmati hiburan musik yang ditampilkan oleh komunitas setempat.

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Kec. Simpang Kiri, Kota Subulussalam.

Ekowisata Lae Soraya
Ekosiwata Lae Soraya memiliki banyak sekali koleksi flora dan fauna di tengah hutan yang dilindungi. Anda juga dapat menyusuri sungai besar di tempat wisata ini dengan perahu.

Anda juga dapat memancing di tempat ini karena tempat wisata ini dihuni oleh berbagai jenis ikan air tawar. Pesona dari keindahan tempat wisata ini tidak boleh Anda lewatkan bila berkunjung ke kota Subulussalam.

Lokasi: Lae Soraya, Kec. Rundeng, Kota Subulussalam.

Wisata Kuliner Garuda Duo
Jika Anda mencari aneka makanan khas kota Subulussalam maka Anda harus mengunjungi Garuda Duo. Rumah makan ini menyediakan beberapa menu makanan khas Subuluusalam, Aceh, bahkan Anda juga dapat menemukan nasi padang disini.

Rumah makan ini sangat bersih dan terawat sehingga membuat siapapun yang makan di tempat ini akan merasa nyaman dengan suasananya. Garuda Duo buka setiap hari mulai dari jam 6 pagi hingga 6 sore.

Lokasi: Jl. Teuku Umar No.48, Kec. Simpang Kiri, Kota Subulussalam.

Jembatan Dah Rundeng
Jembatan Rundeng merupakan jembatan yang menghubungkan kecamatan Sultan Daulat dengan kecamatan Rundeng di kota Subulussalam. Jembatan terpanjang di Subulussalam ini memiliki panjang 150 meter dan dicat warna-warni.

Pemandangan dari tempat ini yang sangat mencolok sehingga membuat jembatan ini sering dikunjungi oleh masyarakat untuk berfoto atau sekedar melihat pemandangan sungai di sekitar. Anda juga dapat melihat sunset kota Subulussalam dari jembatan ini.

Lokasi: Lae Pamualan, Kec. Rundeng, Kota Subulussalam.

Kolam Kasman
Kolam Kasman merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin berenang bersama keluarga di kota Subulussalam. Harga tiket yang terjangkau membuat tempat ini sering dipenuhi oleh wisatawan.

Anda juga dapat menikmati makanan khas Subulussalam karena banyak penjual makanan berada di tempat wisata ini. Terdapat pondok-pondok yang dapat digunakan untuk beristirahat bersama keluarga. Anda juga dapat berjalan-jalan bersama keluarga sambil melihat pemandangan taman yang menghiasi tempat wisata ini.

Lokasi: Kolam Kasman, Kec. Penanggalan, Kota Subulussalam.

Air Terjun Silangit-Langit
Keindahan dari air terjun Silangit-langit tidak boleh Anda lewatkan bila berkunjung ke kota Subulussalam. Air terjun ini dikelilingi dengan pepohonan yang sangat rimbun sehingga membuat tempat ini semakin tampak indah.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini maka Anda harus menyebrangi sungai Lae Roso dari desa Singgersing menggunakan perahu yang memakan waktu hingga 2 jam. Anda juga harus berjalan melewati hutan jika ingin mengunjungi tempat wisata ini.

Lokasi: Singgersing, Kec. Sultan Daulat, Kota Subulussalam.

Arung Jeram Lae Kombih
Jika Anda suka dengan olahraga arung jeram maka Anda wajib berkunjung ke arung jeram Lae Kombih. Anda dapat menemukan tempat wisata ini di desa Sikelang, Penanggalan, Subulussalam.

Pemandangan di kawasan ini sangat alami dan selalu membuat wisatawan terpukau akan keindahan yang dimilikinya. Anda harus berjalan kaki selama 30 menit untuk mengunjungi tempat ini. Anda juga harus menuruni anak tangga di tebing bukit Kedabuhan.

Tidak perlu merasa khawatir bagi Anda yang tidak memiliki pengalaman dengan olahraga arung jeram. Terdapat pemandu khusus yang siap menemani dan memandu Anda untuk menikmati arung jeram di tempat wisata ini.

Lokasi: Sungai Lae Kombih, Kec. Penanggalan, Kota Subulussalam.

Itulah beberapa tempat wisata yang menarik dikunjungi jika berada di kota Subulussalam. Berbagai objek wisata yang berada di daerah dengan julukan Kota Syekh Hamzah Fansuri memiliki keindahan yang unik dan indah sehingga Anda wajib untuk mengunjunginya.

Related posts

Wisata Pematangsiantar Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Sulawesi Utara Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Jakarta Pusat Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Probolinggo Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Cimahi Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Kalimantan Barat Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Mojokerto

CaraBuat

Wisata Banda Aceh Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Sulawesi Tenggara Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Leave a Comment