Wisata

Wisata Tangerang Cara Membuat Rencananya

Wisata Tangerang Cara Membuat Rencananya – Kepala daerah Kota Tangerang adalah seorang wali kota dan wakil wali kota yang dipilih langsung oleh warga Tangerang dalam pilkada setiap lima tahun sekali. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang saat ini adalah Arief Rachadiono Wismansyah dan Sachrudin yang berasal dari Partai Demokrat setelah dipilih oleh rakyat kota Tangerang pada Pemilihan umum Wali Kota Tangerang 2013. Lembaga legislatif kota Tangerang adalah DPRD Kota Tangerang yang juga langsung dipilih rakyat Tangerang dalam pemilihan umum legislatif setiap lima tahun sekali bersamaan dengan pemilihan umum anggota DPR, DPD, dan DPRD serentak secara nasional. DPRD Kota Tangerang bersidang di gedung DPRD kota yang memiliki 50 perwakilan dari 5 daerah pemilihan yang tersebar di seluruh kota Tangerang.

Tangerang juga memiliki jumlah komunitas Tionghoa yang cukup signifikan, banyak dari mereka adalah campuran Tionghoa Benteng. Mereka didatangkan sebagai buruh oleh kolonial Belanda pada abad ke 18 dan 19, dan kebanyakan dari mereka tetap berprofesi sebagai buruh dan petani. Budaya mereka berbeda dengan komunitas Tionghoa lainnya di Tangerang: ketika hampir tidak satupun dari mereka yang berbicara dengan aksen Mandarin, mereka adalah pemeluk Confucianisme yang kuat dan tetap menjaga tempat-tempat ibadah dan pusat-pusat komunitas mereka. Secara etnis, mereka tercampur, namun menyebut diri mereka sebagai Tionghoa. Banyak makam Tionghoa yang berlokasi di Tangerang, kebanyakan sekarang telah dikembangkan menjadi kawasan sub-urban seperti Lippo Village.

Kawasan pecinan Tangerang berlokasi di Pasar Lama, Benteng Makassar, Kapling dan Karawaci (bukan Lippo Village), dan Poris. Orang-orang dapat menemukan makanan dan barang-barang berkhas China. Lippo Village adalah lokasi permukiman baru. Kebanyakan penduduknya adalah pendatang, bukan asli China Benteng.

Geografi

Jasa Kirim Mobil Tangerang – Kota Tangerang terletak di wilayah barat laut Provinsi Banten dan berada di sisi utara Pulau Jawa. Secara astronomis, kota ini terletak 106°33’–106°44′ Bujur Timur (BT) dan 6°05’–6°15 Lintang Selatan (LS). Kota Tangerang mempunyai luas sebesar ±153,9 km².[9][10] Kota ini berbatasan dengan Kabupaten Tangerang di sebelah Barat dan Utara, dengan Kota Tangerang Selatan di sisi Selatan, dan dengan DKI Jakarta di sebelah Timur.[10][11] Kota Tangerang dilintasi oleh salah satu sungai terbesar di barat Pulau Jawa yaitu Sungai Cisadane. Sungai ini merupakan bagian dari identitas Kota Tangerang yang tak dapat dipisahkan. Hulu sungai ini terletak di lereng Gunung Salak dan Gunung Pangrango, Bogor.

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

UtaraKabupaten Tangerang
TimurDKI Jakarta
SelatanKota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang
BaratKabupaten Tangerang

Ekonomi

Jasa Kirim Mobil Tangerang – Tangerang adalah pusat manufaktur dan industri di pulau Jawa dan memiliki lebih dari 1000 pabrik. Banyak perusahaan-perusahaan internasional yang memiliki pabrik di kota ini. Tangerang memiliki cuaca yang cenderung panas dan lembap, dengan sedikit hutan atau bagian geografis lainnya. Kawasan-kawasan tertentu terdiri atas rawa-rawa, termasuk kawasan di sekitar Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Dalam beberapa tahun terakhir, perluasan urban Jakarta meliputi Tangerang, dan akibatnya banyak penduduknya yang berkomuter ke Jakarta untuk kerja, atau sebaliknya. Banyak kota-kota satelit kelas menengah dan kelas atas sedang dan telah dikembangkan di Tangerang, lengkap dengan pusat perbelanjaan, sekolah swasta dan mini market. Pemerintah bekerja dalam mengembangkan sistem jalan tol untuk mengakomodasikan arus lalu lintas yang semakin banyak ke dan dari Tangerang. Tangerang dahulu adalah bagian dari Provinsi Jawa Barat yang sejak tahun 2000 memisahkan diri dan menjadi bagian dari provinsi Banten.

Tangerang Raya
Tangerang Raya adalah sebuah kawasan di sebelah barat Jakarta, dengan luas sekitar 1.500 km2, dihuni oleh lebih dari 5 juta penduduk. Tangerang Raya saat ini terbagi menjadi 3 daerah otonom, yaitu Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Kondisi sosial, ekonomi dan lingkungan Tangerang Raya sangat beragam. Merupakan perpaduan antara daerah pesisir (Pantura) dengan daerah dataran rendah sampai menengah. Merupakan kombinasi antara daerah agraris dengan industri, pedesaan dengan metropolitan.

Tangerang Raya merupakan daerah penyangga bagi Jakarta, yang berkedudukan sebagai ibu kota negara RI dan pusat bisnis terbesar di indonesia. Dengan demikian, apa yang terjadi di Jakarta segera berimbas ke Tangerang. Akibat melubernya jumlah penduduk Jakarta, maka sebagian bermigrasi ke Tangerang, dengan tetap mencari nafkah di Jakarta.

Tangerang adalah pintu gerbang utama Indonesia. Hal itu karena keberadaan Bandara Internasional Soekarno Hatta yang berada di wilayah Kota Tangerang. Namun posisi tersebut, tidak serta merta mendongkrak sektor pariwisata Tangerang Raya.

Tangerang dikenal pula sebagai kawasan 1.000 industri, karena keberadaan aneka industri, terutama di sekitar Jatiuwung, Balaraja, Cisoka dan Cikupa. Tangerang juga memiliki area pesawahan yang masih sangat luas dan memiliki fungsi untuk menjaga mata pencaharian penduduk setempat sebagai petani, walaupun keberadaanya saat ini banyak perubahan tata guna lahan untuk industri dan perkotaan.

Kenyataannya, beragam sektor strategis di Tangerang Raya, kurang dikelola secara profesional. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya jumlah pengangguran dan penduduk yang miskin. Geliat sektor perdagangan dan bisnis di sebagian kawasan, ternyata hanya memberikan keuntungan bagi segelintir orang saja, dan kurang menciptakan kemakmuran bagi rakyat banyak. Tumbuh pesatnya Kecamatan Serpong misalnya, justru menyebabkan banyak warga asli yang terpinggirkan. Begitu pula di beberapa kecamatan lainnya.

Transportasi

Jasa Kirim Mobil Tangerang – Warga Tangerang banyak menggunakan bus dan angkutan kota sebagai sarana transportasi. Selain menggunakan bus dan angkot, moda transportasi taksi juga banyak digunakan masyarakat. Terdapat beberapa perusahaan taksi yang beroperasi di penjuru kota. Tangerang memiliki 2 terminal bus untuk Antar Kota Antar Provinsi yaitu:

  • Terminal Bus Ciledug
  • Terminal Bus Poris Plawad

Tangerang memiliki bandar udara:

  • Bandar Udara Internasional yaitu Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Bandara ini terletak di Kecamatan Benda dan sebagian Kecamatan Neglasari dan Batuceper, Kota Tangerang, melayani baik penerbangan domestik maupun internasional. Bandara ini juga milik Jakarta. Penerbangan domestik melayani jalur Tangerang ke Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Batam, Banda Aceh, Pangkal Pinang, Medan, Padang, Pekanbaru, Malang, Surabaya, Surakarta, Denpasar, Kupang, Palu, Manado, Ambon, Jayapura, dan kota-kota lainnya, sedangkan penerbangan Internasional melayani Singapura, Kuala Lumpur, Malaka, Guangzhou, Beijing, Incheon, Sydney, Jeddah, Madinah, Tokyo, Istanbul, Addis Ababa, dan lainnya.
  • Untuk transportasi laut, di Kota Tangerang terdapat dermaga di Tanjung Pasir untuk menyeberang ke Pulau Rambut dan Pulau Cangkir.

Objek wisata

Dengan statusnya sebagai kota satelit penunjang ibu kota, Kota Tangerang tidak banyak memiliki kawasan wisata. Namun banyak tersedia hotel-hotel di Kota Tangerang karena lokasinya yang strategis menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kota Tangerang memiliki beberapa tempat wisata dan festival yaitu:

  • Bendungan Pintu Air 10 di Sungai Cisadane
  • Bendungan Pintu Air 10
  • Museum Warisan Tionghoa Peranakan Benteng
  • Masjid Raya Al-Azhom
  • Lapangan Ahmad Yani (Alun – Alun Kota Tangerang)
  • Situ Cipondoh
  • Taman Potret
  • Festival Cisadane (Acara Tahunan)
  • Bundaran Tugu Adipura
  • Taman Prestasi
  • Wisata kuliner pasar lama
  • Kampung Bekelir
  • Taman Gajah Tunggal
  • Taman Kunci
  • Taman Bambu
  • Taman Jagal
  • Taman Pramuka
  • Taman Pintu Air
  • Jembatan Brendeng

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Tangerang

Jasa Kirim Mobil Tangerang – terdiri dari 13 kecamatan dan 104 kelurahan dengan jumlah penduduk pada tahun 2017 diperkirakan sebesar 1.651.428 jiwa dan luas wilayah 153,93 km² dengan kepadatan 10.728 jiwa/km²

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Tangerang, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
KecamatanJumlah
Kelurahan
Daftar
Kelurahan
36.71.03Batuceper7BatuceperBatujayaBatusariKebon BesarPoris GagaPoris Gaga BaruPoris Jaya
36.71.04Benda5BelendungBendaJurumudiJurumudi BaruPajang
36.71.09Cibodas6CibodasCibodasariCibodas BaruJatiuwungPanunggangan BaratUwung Jaya
36.71.06Ciledug8PaninggilanPaninggilan UtaraParung SerabSudimara BaratSudimara JayaSudimara SelatanSudimara TimurTajur
36.71.05Cipondoh10CipondohCipondoh IndahCipondoh MakmurGondrongKenangaKetapangPetirPoris PlawadPoris Plawad IndahPoris Plawad Utara
36.71.02Jatiuwung6Alam JayaGandasariJatakeKeroncongManis JayaPasir Jaya
36.71.12Karangtengah7Karang MulyaKarangtengahKarang TimurParung JayaPedurenanPondok BaharPondok Pucung
36.71.07Karawaci16Bojong JayaBugelCimoneCimone JayaGerendengKarawaciKarawaci BaruKoang JayaMargasariNambo JayaNusa JayaPabuaranPabuaran TumpengPasar BaruSukajadiSumur Pacing
36.71.13Larangan8CipaduCipadu JayaGagaKreoKreo SelatanLarangan IndahLarangan SelatanLarangan Utara
36.71.10Neglasari7Karang AnyarKarangsariKedaung BaruKedaung WetanMekarsariNeglasariSelapajang Jaya
36.71.08Periuk5Gebang RayaGemborPeriukPeriuk JayaSangiang Jaya
36.71.11Pinang11CipeteKunciranKunciran IndahKunciran JayaNerogtogPakojanPanungganganPanunggangan TimurPanunggangan UtaraPinangSudimara Pinang
36.71.01Tangerang8BabakanBuaran IndahCikokolKelapa IndahSuka AsihSukarasaSukasariTanah Tinggi
TOTAL104

Nama Jalan di Tangerang

Jln. Akasia Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Alam Segar Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Angsana I – II Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Anyelir Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Aster Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Beringin Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Boneng, H Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Cabe Indah I Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Cemara I -II Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Citanduy Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Delima I – V Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Dusun, H Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Edelwis Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Griya Pratama I-VII – Kel. Pamulang Timur Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Griya Pratama Raya – Kel. Pamulang Timur Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Kampung Manggala Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Ketapang Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Lamtoro Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Mahoni I – II Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Melati Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Menur Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Pajajaran Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Pelangi – Kel. Pamulang Barat Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Pinan Jaya Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Pinang Raya Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Pinus Barat I-VI – Kel. Pamulang Barat Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Pinus Raya Barat – Kel. Pamulang Barat Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Pinus Raya Timur – Kel. Pamulang Barat Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Sakura Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Sasmita – Kel. Pamulang Barat Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Seruni Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Setiabudi Raya Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Suli Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Surya Kencana Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Trijati Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Tulip Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN
Jln. Waru I – II Banten – Kec. Pamulang – TANGERANG SELATAN

Related posts

Wisata Surabaya Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Sukabumi Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Kediri Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Singkawang Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Kalimantan Timur Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Maluku Utara Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Payakumbuh Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Sungai Penuh Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Jakarta Pusat Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Leave a Comment