Wisata

Wisata Tarakan Cara Membuat Rencananya

Wisata Tarakan Cara Membuat Rencananya

Jasa Pengiriman Mobil Makassar Tarakan – Kota Tarakan adalah sebuah kota di Provinsi Kalimantan Utara, Indonesia dan juga merupakan kota terbesar di Kalimantan Utara. Kota ini memiliki luas wilayah 677,53 km² dan sesuai dengan data Badan Pusat Statistik 2020, kota Tarakan berpenduduk sebanyak 246.720 jiwa.[1] Tarakan atau juga dikenal sebagai Bumi Paguntaka, berada pada sebuah pulau kecil. Semboyan dari Kota Tarakan adalah Tarakan Kota “BAIS” (Bersih, Aman, Indah, Sehat dan Sejahtera).

jasa pengiriman mobil makassar palembang
jasa pengiriman mobil makassar palu
jasa pengiriman mobil dari makassar
jasa pengiriman mobil dari makassar ke berau

Tarakan

Kota Tarakan, yang secara geografis terletak pada 3°14’23” – 3°26’37” Lintang Utara dan 117°30’50” – 117°40’12” Bujur Timur, terdiri dari tiga pulau, yaitu Pulau Bunyu, Pulau Tarakan, dan Pulau Sadau dengan luas wilayah mencapai 677,53 km².[1]Kota Tarakan beriklim tropis dengan suhu udara minimum 24,1 °C dan maksimum 31,1 °C, kondisi ini membuat Kota Tarakan memiliki Kelembapan rata-rata ±84%. Curah hujan dalam 5 tahun terakhir rata-rata sekitar 308,2 mm/bulan dan penyinaran rata-rata 49,82%, telah memberikan julukan tersendiri bagi pulau ini sebagai daerah yang tak kenal musim.

Era Kemerdekaan
Jasa Pengiriman Mobil Makassar Tarakan – Letak dan posisi yang strategis telah mampu menjadikan kecamatan Tarakan sebagai salah satu sentra industri di wilayah Provinsi Kalimantan Timur bagian utara sehingga pemerintah perlu untuk meningkatkan statusnya menjadi Kota Administratif sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 1981.

Status Kota Administratif kembali ditingkatkan menjadi Kotamadya berdasarkan Undang-undang RI No. 29 Tahun 1997 yang peresmiannya dilakukan langsung oleh Menteri dalam Negeri pada tanggal 15 Desember 1997, sekaligus menandai tanggal tersebut sebagai Hari Jadi Kota Tarakan.

Sejak tahun 2012, Kota Tarakan merupakan bagian dari Provinsi Kalimantan Utara, seiring dengan pemekaran provinsi baru tersebut dari Provinsi Kalimantan Timur.

Kota Tarakan terdiri dari 4 kecamatan dan 20 kelurahan. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 221.802 jiwa dengan luas wilayah 250,80 km² dan sebaran penduduk 884 jiwa/km².[23]

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Tarakan, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
KecamatanJumlah
Kelurahan
Daftar
Kelurahan
65.71.01Tarakan Barat5Karang AnyarKarang Anyar PantaiKarang BalikKarang HarapanKarang Rejo
65.71.02Tarakan Tengah5Kampung 1 SkipPamusianSebengkokSelumitSelumit Pantai
65.71.03Tarakan Timur7Gunung LingkasLingkas UjungKampung IVKampung VIMamburunganMamburungan TimurPantai Amal
65.71.04Tarakan Utara3Juata KerikilJuata LautJuata Permai
TOTAL20

Transportasi
Darat
Di Tarakan ada Taxi Bandara dan Angkutan Kota atau Angkot untuk transportasi darat, Bus hanya digunakan untuk karyawan industri di daerah Juwata Laut. Rencananya akan di bangun jembatan penghubung antara Kota Tarakan dengan Kecamatan Sekatak, Kabupaten Bulungan [25]. Panjang jembatan yang akan dibangun ini adalah 5 km dan akan melewati Pulau Sadau di tengahnya.

Laut
Jasa Pengiriman Mobil Makassar Tarakan – Tarakan menyediakan pelayanan transportasi laut dengan tujuan wilayah lain di Kalimantan Utara dan Tawau, Sabah, Malaysia. Pelabuhan di Tarakan juga melayani transportasi laut ke Jawa dan Sulawesi. Di Kota Tarakan terdapat 4 pelabuhan utama antara lain Pelabuhan Tengkayu I, Pelabuhan Tengkayu II, Pelabuhan Malundung dan Pelabuhan Juwata Laut. Pelabuhan Tengkayu I dimanfaatkan sebagai pelabuhan untuk Speed Boat ke wilayah lain di Kalimantan Utara jaraknya dari pusat kota sekitar 1 km, Pelabuhan Tengkayu II digunakan sebagai pelabuhan bongkar muat barang jarak dari pusat kota hanya 500 m, Pelabuhan Malundung digunakan sebagai pelabuhan untuk kapal besar tujuan Jawa, Sulawesi dan Malaysia jaraknya dari pusat kota 1,5 km, serta Pelabuhan Juwata Laut yang baru saja dibangun digunakan sebagai pelabuhan Ferry jaraknya dari pusat kota adalah 10 km.

Udara
Transportasi udara di kota Tarakan melalui Bandar Udara Internasional Juwata, yang melayani penerbangan dari maskapai penerbangan Domestik maupun International. Rute Domestik meliputi antara lain dari Tarakan langsung menuju kota: Balikpapan, Surabaya, Jakarta, Tanjung Selor, Nunukan, Berau, Malinau, Long Bawan, Long Apung. Maskapai penerbangan yang melayani antara lain: Lion Air, Batavia Air, Sriwijaya Air, Garuda indonesia,Kalstar, Susi Air, Batik Air, MAF. Sedangkan rute International, baru saja diresmikan pada awal tahun 2012 dengan rute Tarakan – Tawau (Malaysia) pulang pergi dengan dilayani maskapai penerbangan MASWings dari Malaysia.

Objek Wisata

Grand Tarakan Mall

Penangkaran Buaya Kota Tarakan
Berikut adalah wisata-wisata yang dapat ditemukan di Tarakan[26]:

  • Pesta Rakyat Iraw Tengkayu, merupakan peristiwa bersejarah bagi masyarakat bumi paguntaka biasa diperingati setiap 2 tahun sekali
  • Pantai Amal, terdiri dari 2 buah pantai, yaitu pantai amal baru dan pantai amal lama, pantai ini terletak di Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur. Pemandangan di pantai amal sangat indah karena memiliki banyak pohon kelapa dan airnya yang berwarna biru [27]
  • Grand Tarakan Mall adalah pusat perbelanjaan modern terbesar di Kalimantan Utara
  • Gusher Plaza, terletak disamping Hutan Mangrove, di dalam Gusher Plaza terdapat Ramayana Department Store, Robinson Supermarket, KFC, EMI dan sebagainya. Kebanyakan merupakan Ruko (rumah toko) yang sebagian besar bergerak di bidang usaha retail alat rumah tangga, handphone, pakaian dan lain-lain.[28]
  • THM Plaza, berada di depan Grand Tarakan Mall, terdapat banyak kios, salah satunya KFC, toko buku Karisma.
  • Museum Rumah Bundar, merupakan museum dengan bentuk atap bundar atau setengah lingkaran, museum ini berisi peninggalan sejarah milik Belanda dan Jepang [29][30]
  • Baloy Adat Tidung, adalah museum peninggalan sejarah kerajaan Tidung
  • Hutan Mangrove, merupakan habitat alami dari fauna asli Tarakan, yakni Bekantan
  • Islamic Center Baitul Izzah, Kampung Empat, Tarakan Timur adalah masjid terbesar di Kalimantan Utara. Islamic Center ini terletak sekitar 5 km dari pusat kota.[31]
  • Bais Hills Pantai Amal, terdapat kolam renang umum dan restaurant.
  • Penangkaran Buaya Juwata, berada di Kelurahan Karang Harapan, Tarakan Barat [32]. Objek ini adalah salah satu objek wisata unggulan di Kota Tarakan dan memiliki koleksi buaya dari beberapa wilayah di Kalimantan. Dengan luas sekitar 5 hektare, kegiatan penangkaran buaya telah dimulai sejak 1991. Ada tiga jenis buaya ditangkarkan di sini. Mereka adalah Buaya Muara (crocodylus porosus), Buaya Supit (tamistoma scheillius), dan Buaya Air Tawar (crocodylus siamlisus)
  • Tarakan Expo, diadakan setiap ulang tahun Kota Tarakan mulai tanggal 15 Desember sampai Tahun Baru
  • Wana Wisata Persemaian, sebuah Wana Wisata yang jaraknya kurang lebih 30 menit dari pusat kota ini merupakan sebuah tempat persemaian beberapa tumbuhan. Wana Wisata ini di miliki oleh badan Inhutani kota Tarakan. Tak hanya pepohonan atau tumbuhan saja yang dapat anda lihat disana, tetapi juga dapat ditemukan beberapa fauna yang hidup bebas ditempat tersebut. Wana Wisata ini terletak di Kelurahan Karang Harapan, Tarakan Barat. Banyak yang berkunjung sebagai sarana piknik keluarga di samping itu tersedia juga sarana latihan Golf bagi pemula [33] Update 2012: Wahana wisata ini kurang terawat dan sering dijadikan sebagai lokasi Bumi perkemahan Pramuka.
  • Taman Kebun Anggrek, merupakan tempat atau lokasi penangkaran serta pembudidayaan Anggrek di Tarakan [34]
  • Taman Oval Ladang
  • Taman Oval Markoni
  • Taman Oval Malundun
  • Taman Monumen Penghargaan Kota Tarakan di Bandara Juwata
  • Bungker Peninggalan Jepang di Bandara Juwata
  • Makam Tentara Jepang
  • Tugu Makam Tentara Australia
  • Air Terjun Karungan
  • Pulau Sadau
  • Taman Rekreasi Air 3R
  • Taman Berlabuh (Malundung)
  • Roemah Boendar
  • Museum Perang Dunia II Tarakan
  • Museum Flora dan Fauna Tarakan

Related posts

Wisata Bogor Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Kupang Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Palu Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Surabaya Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Medan Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Jakarta Utara Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Sukabumi Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Banjar Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Wisata Tangerang Cara Membuat Rencananya

CaraBuat

Leave a Comment